OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Kementerian PUPR Soroti Nilai Kearifan Lokal dalam Pembangunan Infrastruktur. Ini Alasannya!

09 Februari 2023 · 3 min read Author: Hendi Abdurahman

kearifan lokal dalam pembangunan infrastruktur

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan selalu menyoroti nilai-nilai kearifan lokal dalam tiap pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mohammad Zainal Fatah selaku sekretaris Jenderal Kementerian PUPR dalam gelaran Dialog Kebudayaan yang dihelat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Di balik kemegahan infrastruktur, tidak mungkin bisa kita kerjakan tanpa ada pendekatan yang betul-betul local indigenius. Kearifan-kearifan lokal tidak mungkin kita tinggalkan dalam membangun infrastruktur” katanya dalam acara yang dihelat Selasa (7/9/2023).

Pernyataan yang diutarakan Mohammad Zainal Fatah itu beririsan pula dengan komitmen PUPR yang bakal meningkatkan dukungan pembangunan di daerah-daerah.

Alasan Pentingnya Kearifan Lokal dalam Pembangunan Infrastruktur

kearifan lokal dalam pembangunan infrastruktur

sumber: industry.co.id

Dalam acara tersebut, Zainal Fatah pun membeberkan alasan kuat pentingnya nilai-nilai kearifan lokal dalam setiap pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, setiap daerah mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga infrastruktur yang dibangun mesti disesuaikan dengan daerah tersebut.

Salah satu contoh pembangunan yang menekankan kearifan lokal, kata Zainal, adalah ketika pembuatan irigasi.

Kendati pemerintah telah membangun dengan teknologi paling mutakhir, irigasi tidak akan termanfaatkan secara maksimal apabila tak diselaraskan dengan budaya bercocok tanam masyarakat setempat.

“Karena irigasi tidak hanya sebatas pada produksi padi saja, di wilayah yang lain mungkin dibutuhkan untuk produksi pangan yang berbeda,” kata Zainal.

“Misalnya di Kabupaten Indragiri Hilir, produksi kelapa bisa lebih meningkat melalui teknologi irigasi yang sesuai,” tambahnya.

Contoh lainnya, pada pembangunan Pasar Sukawati di Bali beberapa waktu lalu, misalnya, unsur kearifan lokal juga sangat ditonjolkan.

Komitmen Kementerian PUPR

perwakilan kementerian pupr

sumber: daelpos.com

Selain itu, Zainal Fatah pun menyampaikan bahwa Kementerian PUPR akan terus berkomitmen untuk terus menerus meningkatkan dukungan pada pembangunan di daerah.

Salah satu yang menjadi fokusnya adalah berkaitan dengan pembangunan akses jalan.

Hal ini, kata Zainal, sejalan dengan rencana Presiden Jokowi yang menerbitkan instruksi presiden (inpres) terkait pembangunan jalan daerah pada tahun 2023.

“Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah pemerintah pusat melakukan intervensi khusus untuk meningkatkan kualitas jalan daerah yang secara undang-undang merupakan wewenang pemerintah daerah,” ucap Zainal.

“Karena daerah industri, daerah sumber produksi pangan dan daerah pariwisata tidak mungkin beroperasi tanpa akses jalan,” lanjutnya.

***

Semoga informasinya bermanfaat, ya, Property People.

Yuk, simak terus ulasan perihal infrastruktur dan topik-topik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Baca pula informasi paling anyar dengan follow Google News kami!

Sedang mencari hunian impian seperti Chelsea Modern Home yang berada di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur?

Kunjungi saja laman rumah123.com untuk menemukan beragam pilihan rumah modern karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA