OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Jokowi Telah Siapkan Lahan 34 Ribu Hektare di IKN untuk Investor Asing. Dibuat Jadi Apa?

31 Juli 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

Lahan 34 Ribu Hektare IKN

sumber: ibukotakini.com

Dalam pertemuan Jokowi bersama pengusaha China di Chengdu pada Kamis, 27 Juli 2023, Jokowi menyebutkan dirinya telah menyiapkan 34 ribu hektare lahan di IKN. Untuk apa dan siapa lahan tersebut?

Melansir dari tempo.co, Presiden Joko Widodo atau Jokowi membicarakan tentang progress pembangunan IKN ketika sedang berkunjung ke China.

Di depan para pengusaha-pengusaha China, dirinya menyebutkan ada lahan seluas 34 ribu hektare yang telah disiapkan oleh pemerintah Indonesia untuk investor asing.

Diperuntukkan untuk apa lahan yang luas tersebut?

Simak berita selengkapnya terkait lahan 34 ribu hektare di IKN di bawah ini!

34 Ribu Hektare Lahan di IKN Disiapkan untuk Investor Asing

34 ribu hektare lahan ikn (1)

sumber: pu.go.id

Menurut tempo.co, Jokowi mengatakan ada seluas 34 ribu hektare lahan di IKN yang sudah disiapkan oleh pemerintah Indonesia untuk investor asing.

“Ada 34 ribu hektare lagi yang sudah siap lahannya,” ujar Jokowi saat persamuhan dengan Kamar Dagang Indonesia di Tiongkok (INACHAM) dan sejumlah pengusaha di Shangri-La Hotel itu, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi kemudian menambahkan bahwa lahan tersebut disiapkan untuk investor asing untuk membangun sektor properti, kesehatan, pendidikan, serta infrastruktur.

“Bisa dimasuki oleh investor untuk properti, kesehatan rumah sakit misalnya, untuk pendidikan universitas dan untuk infrastruktur,” kata Jokowi.

Sementara itu, untuk saat ini pemerintah Indonesia sendiri sedang berfokus untuk membangun sarana kesehatan, pendidikan, dan data center di IKN.

Di pertemuannya dengan para pengusaha China, Jokowi juga telah mengungkapkan komitmen Indonesia untuk menjaga investasi tetap stabil dan berjalan baik.

Oleh karena itu, pemerintahan Indonesia meminta investor untuk tidak ragu mengatakan kendala mereka ketika berinvestasi di Indonesia.

Hal tersebut karena pemerintahan Indonesia akan terbuka menampung semua informasi terkait masalah yang bisa segera diselesaikan.

“Saya berharap kalau ada masalah-masalah di lapangan baik mengenai pembebasan tanah, baik mengenai izin, tolong disampaikan,” katanya.

Progres Pembangunan di IKN Telah Capai 36 Persen

Di lain sisi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa saat ini progress konstruksi infrastruktur dasar IKN tahap 1 telah capai 36 persen.

Basuki menilai pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai dengan jadwal, bahkan beberapa ada yang lebih cepat dari rencana.

Berdasarkan rencana Basuki, IKN akan rampung pada Juli 2024 agar Jokowi bisa melakukan upacara 17 Agustus 2024 di ibu kota baru.

“Kita harapkan akhir Desember 2023 tempat upacaranya sudah selesai, sedangkan Istana Negara dan Kantor Presiden akan selesai pada Juli 2024. Sehingga Insya Allah jika Presiden berencana upacara 17 Agustus 2024 sudah bisa,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Juli 2023.

***

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Baca juga beragam artikel gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga Google News Rumah123 untuk terus mendapatkan update terbaru.

Kunjungi beragam rekomendasi hunian terbaik di Rumah123.com bila kamu sedang mencari rumah idaman,

Seperti proyek rumah minimalis di kawasan Bekasi, Jawa Barat, yakni Mustika Park Place.

Sebab, kami berusaha selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA