OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Presiden Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah Gratis di Jawa Tengah

23 Januari 2024 · 2 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

jokowi bagi sertifikat tanah

jokowi bagikan sertifikat tanah | sumber: setneg.go.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto telah menyerahkan 3.000 sertifikat tanah kepada masyarakat di 3 kabupaten di Jawa Tengah pada Senin (22/1/2024). 

Penyerahan sertifikat ini merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan di Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Kebumen. 

Rincian penyerahan sertifikat melibatkan 

  • 1.650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Wonosobo;
  • 650 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Purworejo; dan 
  • 700 sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Kebumen. 

Fungsi PTSL

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa PTSL difungsikan menjadi program untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam memperoleh sertifikat tanah.

Lalu ia pun mengatakan bahwa sebelumnya pada tahun 2015, Jokowi hanya bagikan 46 juta sertifikat tanah dari total 126 juta tanah di Indonesia. 

“Saat itu yang dipegang masyarakat ternyata baru 46 juta. Artinya ada 80 juta masyarakat yang memiliki lahan atau tanah tapi tidak pegang sertifikat. Sehingga yang terjadi adalah sengketa, konflik tanah,” ujar Jokowi dalam sambutannya di Alun-alun Kabupaten Wonosobo, Senin (22/1/2024), seperti dilansir kompas.com.

Bila menggunakan cara biasa, kata dia, dalam setahun hanya sekitar 500.000 sertifikat diselesaikan oleh Kementerian ATR/BPN. 

“Itulah kenapa saat itu saya sampaikan kepada Menteri BPN, saat itu saya minta melompat jadi 5 juta, 7 juta, 10 juta. Sampai akhir 2023 sudah 110,6 juta sertifikat sudah selesai,” imbuhnya.

Jokowi menekankan pentingnya kepemilikan sertifikat tanah untuk menghindari sengketa dan konflik tanah. Untuk mempercepat proses, Jokowi menginstruksikan Kementerian ATR/BPN untuk meningkatkan jumlah sertifikat yang diselesaikan setiap tahun.

Lalu melalui program PTSL, biaya untuk pembuatan sertifikat ini dibebankan kepada pemerintah sehingga gratis bagi masyarakat. 

Masyarakat Diharapkan Menyimpan Sertifikat Tanah dengan Baik

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto juga mengingatkan warga untuk menyimpan sertifikat tanah dengan baik dan menggandakannya sebelum diubah menjadi sertifikat elektronik.

Pada kesempatan ini, Kabupaten Wonosobo berhasil mencapai target 100 persen dari total 50.000 sertifikat yang menjadi tujuan Kantor Pertanahan Kabupaten Wonosobo tahun 2023. 

Percepatan sertipikasi tanah ini juga berhasil memberikan economic value added sebesar Rp 1,57 triliun untuk Kabupaten Wonosobo tahun 2023.

Presiden Jokowi dan Menteri ATR/BPN melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Grobogan untuk melanjutkan serah terima sertifikat pada hari Selasa (23/1/2024).

***

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untukmu ya, Property People.

Dapatkan informasi lainnya hanya di laman artikel.rumah123.com.

Yuk, kunjungi juga Teras123 untuk ngobrolin properti bersama expert!

Siapa tahu, kalau kamu ingin beli rumah di Rumah123, tapi belum tahu apa saja persyaratan yang perlu dikumpulkan, langsung tanya-tanya saja karena #SemuaADAdiSini.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA