OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Jawaban Interview Rencana 5 Tahun ke Depan. Jangan sampai Salah!

13 Februari 2024 · 4 min read Author: Alya Zulfikar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

rencana 5 tahun ke depan

rencana 5 tahun ke depan | shutterstock

Dalam interview kerja, ada beberapa pertanyaan yang umum ditanyakan oleh HRD maupun user, salah satunya mengenai rencana 5 tahun ke depan. Kalau kamu bingung menjawab hal tersebut, simak contoh jawaban interview rencana 5 tahun ke depan dalam artikel ini!

Setiap pertanyaan dalam interview kerja memiliki tujuannya masing-masing yang mana untuk menilai pelamar kerja itu sendiri.

Pertanyaan “Apa rencana 5 tahun ke depan?” adalah untuk mengetahui karier jangka panjang, melihat ambisi terhadap posisi yang dilamar, hingga mengetahui apakah pelamar akan tetap bekerja di perusahaan yang dilamar dalam 5 tahun ke depan.

Oleh karena itu, peran pertanyaan ini sangat penting dan sering ditanyakan dalam interview kerja. 

Agar tidak salah menjawab, berikut ini beberapa contoh jawaban interview rencana 5 tahun ke depan yang dapat dijadikan acuan!

Contoh Jawaban Interview Rencana 5 Tahun ke Depan

contoh jawaban apa rencana 5 tahun ke depan

contoh jawaban apa rencana 5 tahun ke depan

1. Menjadi Ahli di Bidang X

Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin menjadi ahli di bidang X dengan mengasah kemampuan dan pengetahuan saya secara mendalam.

Saya ingin berkontribusi secara signifikan pada proyek-proyek penting di perusahaan dan menjadi sumber daya yang terpercaya bagi tim.

Untuk mencapai tujuan ini, saya berencana mengikuti pelatihan dan seminar terkait, mempelajari berbagai materi secara mandiri, dan aktif berjejaring dengan para profesional di bidang X.

2. Menduduki Posisi Senior

Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin menduduki posisi senior di perusahaan, seperti Y, dengan memanfaatkan pengalaman dan keahlian yang saya peroleh.

Saya ingin memimpin tim dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan strategis untuk mencapai tujuan perusahaan.

Untuk mencapai tujuan ini, saya akan terus menunjukkan kinerja yang terbaik, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan membangun hubungan yang baik dengan kolega dan atasan.

3. Membangun Bisnis Sendiri

Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin membangun bisnis sendiri di bidang Z dengan memanfaatkan keterampilan dan pengalaman yang saya dapatkan di perusahaan.

Saya ingin menjadi pengusaha yang sukses dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk mencapai tujuan ini, saya akan terus belajar tentang dunia bisnis, membangun jaringan, dan menabung modal untuk memulai usaha.

4. Berkontribusi pada Masyarakat

Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin berkontribusi pada masyarakat dengan menggunakan keahlian dan pengetahuan saya di bidang X.

Saya ingin membantu orang lain dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Untuk mencapai tujuan ini, saya akan terlibat dalam kegiatan sosial, menjadi sukarelawan, atau bahkan mendirikan organisasi nirlaba.

5. Melanjutkan Pendidikan

Dalam 5 tahun ke depan, saya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2/S3 di bidang X untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian saya.

Saya ingin menjadi pakar di bidang X dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan.

Untuk mencapai tujuan ini, saya akan mencari informasi tentang program studi yang sesuai, mempersiapkan diri untuk tes masuk, dan mencari beasiswa untuk membiayai pendidikan saya.

Cara Menjawab Pertanyaan “Apa Rencana 5 Tahun ke Depan?”

Menjawab pertanyaan “apa rencana 5 tahun ke depan?” memang bukanlah hal yang mudah, maka dari itu perlu disiapkan dengan baik.

Agar mendapat kesan yang baik di hadapan HRD maupun user, jawaban yang kamu berikan sebaiknya benar-benar matang.

Untuk itu kamu harus mengetahui apa tujuan kariermu dalam lima tahun ke depan.

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, usahakan dapat menghubungkan ketertarikan dan minatmu terhadap pekerjaan yang kamu lamar.

Selain itu, sebaiknya juga menyampaikan rencana yang realistis dengan optimis dan menunjukkan komitmen besar.

Jawaban yang Harus Dihindari

Saat menjalani interview dan kamu diberikan pertanyaan “apa rencana 5 tahun ke depan?”, ada beberapa jawaban yang harus kamu hindari.

Jawaban pertama yang harus dihindari adalah “tidak tahu” atau “belum tahu” karena hal tersebut menunjukkan bahwa kamu belum terlalu memikirkan tujuan kariermu dalam jangka panjang.

Selain itu, hindari juga jawaban yang terlalu muluk-muluk, tidak realistis, dan tidak ada komitmen yang serius.

***

Itulah contoh jawaban interview rencana 5 tahun ke depan.

Baca artikel informatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News.

Sedang mencari hunian? Kunjungi Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.

Kalau mau ngobrolin properti, mampir ke Teras123, ya!


Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya