OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Benarkah Jakarta International Stadium Sudah Berstandar FIFA? Begini Tanggapan Ahli!

05 Juli 2023 · 3 min read Author: Gadis Saktika

Jakarta International Stadium

Jakarta International Stadium | sumber: inilah.com

Masyarakat kembali bertanya-tanya mengenai label stadion berstandar FIFA yang disematkan pada Jakarta International Stadium (JIS). Apakah memang benar label tersebut cocok dipakai JIS?

Pertanyaan publik ini muncul setelah Pemerintah mengumumkan rencana renovasi JIS sebagai salah satu opsi venue Piala Dunia U-17.

Adapun perhelatan itu akan diselenggarakan pada November 2023.

Menurut Nugroho Setiawan, pemegang lisensi Safety and Security FIFA, Jakarta International Stadium diketahui sudah dirancang sesuai panduan Teknis Rekomendasi Stadion FIFA.

“Memang JIS dirancang dengan pedoman FIFA Stadium Technical Recommendation, tetapi belum diverifikasi oleh Tim Kompetisi FIFA,” ujarnya dikutip dari kompas.com, Senin (03/07/2023).

Perlu Verifikasi dari FIFA

Jakarta Internasional Stadium

sumber: tvonenews.com

Nugroho mengatakan bahwa sebuah stadion bisa dikatakan sesuai standar FIFA jika sudah diverifikasi oleh induk sepak bola dunia itu.

“Sebuah stadion baru bisa disebut sesuai standar FIFA apabila sudah diverifikasi tim FIFA sesuai checklist event-nya, FIFA akan datang untuk itu. Tiap event pasti beda checklist dan prioritasnya. Beda lagi nanti kalau untuk Piala Dunia senior,” bebernya.

Nugroho menekankan bahwa Jakarta International Stadium masih memiliki beberapa kekurangan.

Namun menurutnya, ada langkah-langkah yang dapat diambil agar JIS memenuhi syarat sebagai tempat pertandingan yang diakui oleh FIFA.

Referensi yang digunakan tidak hanya terbatas pada Regulasi Keamanan dan Keselamatan FIFA, tetapi juga meliputi Rekomendasi Teknis Stadion, Hukum Permainan (LOTG), Evaluasi Keamanan dan Risiko Situasional, serta Pengelolaan Kerumunan.

“Yang mana semua itu terangkum dalam checklist interdepartmental FIFA competition. Tapi, semua ada strategi mitigasinya. Selama ini dipenuhi, FIFA akan menyetujuinya,” ungkap dia.

Respons Jakpro

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pihak bertanggung jawab atas pembangunan dan pengelolaan JIS turut memberikan penjelasan terkait label stadion berstandar FIFA yang diberikan kepada JIS.

Mereka merespons penilaian PSSI yang menyatakan bahwa JIS belum memenuhi standar FIFA sehingga pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia dan Curacao pada September 2022 lalu dibatalkan.

Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo menegaskan bahwa lapangan sepak bola ini telah berstandar FIFA.

JIS dirancang oleh Buro Happold, konsultan perencana dari Inggris yang memiliki pengalaman internasional dalam merancang stadion-stadion sepakbola modern di Liga Inggris, serta beberapa stadion Piala Dunia Qatar 2022.

“JIS merupakan salah satu stadion yang mirip dengan stadion di Eropa baik secara desain maupun fasilitas. Selain itu, Jakpro juga didampingi langsung oleh Assessor FIFA pada saat perencanaan dan desain JIS dilakukan,” tutur dia.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Temukan informasi menarik lainnya  di artikel.rumah123.com.

Biar jadi yang paling update, langsung follow Google News kami sekarang juga.

Tak lupa, kunjungi Rumah123.com jika sedang mencari rumah baru dan bekas berkualitas.

Tersedia beragam hunian pilihan yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA