OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Indonesia Disebut sebagai Tujuan Investasi Properti Terbaik Sedunia oleh Airlangga Hartarto

20 September 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

Tujuan Investasi Properti Terbaik Sedunia

sumber: detik.net.id

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, mengklaim bahwa Indonesia telah menjadi salah satu tujuan investasi properti terbaik di dunia. Apa alasannya?

Klaim tersebut disebutkan oleh Airlangga pada acara The International Real Estate Federation (FIABCI) Trade Mission 2023 di Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Melansir dari suara.com, Menko Indonesia tak mengatakan hal tersebut tanpa ada bukti dan data yang kuat.

Karena menurut Airlangga, data menunjukkan terjadi peningkatan besar pada penjualan rumah di Indonesia dari tahun per tahun.

Simak data di balik klaim Indonesia sebagai tujuan investasi properti terbaik di bawah ini!

Data Menunjukkan Indonesia jadi Salah Satu Tujuan Investasi Properti Terbaik

indonesia jadi Tujuan Investasi Properti Terbaik Sedunia

sumber: headtopics.com

Airlangga Hartarto menunjukkan data yang memperlihatkan bahwa Indonesia adalah salah satu tujuan investasi properti terbaik di dunia.

Masih mengutip suara.com, kontribusi industri properti menjadi salah satu sektor unggulan yang dapat menggerakan perekonomian Indonesia pada triwulan kedua 2023.

Data menunjukkan bahwa sebesar 9,43 persen dari PDP berasal dari sektor konstruksi, sedangkan 2,40 persen dari PDP Indonesia berasal dari sektor real estate.

Tak hanya itu, data juga memperlihatkan bahwa industri properti turut memberikan multiplier effect bagi industri pendukung, dapat mempengaruhi perkembangan sektor keuangan, sekaligus menyerap tenaga kerja.

Meski demikian, Airlangga mengucapkan bahwa terjadi penurunan sebesar 12,30 persen (YoY) pada sektor real estate di triwulan kedua 2023.

Namun, penjualan rumah berukuran besar mengalami peningkatan sebesar 15,11 persen (YoY), permintaan sewa meningkat 5,87 persen (yoy), dan penjualan properti meningkat 0,36 persen (yoy).

“Guna mendorong peningkatan permintaan dan investasi di sektor properti, Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan seperti Loan to Value 100% dan Financing to Value untuk kredit properti yang berlaku hingga 31 Desember 2023,” kata Menko Airlangga, dikutip dari suara.com, Rabu (20/9/2023).

Indonesia Lebih Sadar dengan Properti Hijau dan Ramah Lingkungan

Pada acara tersebut, Airlangga juga mengatakan industri properti Indonesia telah sadar akan pentingnya pembangunan berkelanjutan dalam konteks kota ramah lingkungan.

Salah satu contoh kota ramah lingkungan yang mulai digarap Indonesia adalah IKN yang bervisi misi kota hijau dengan desain bangunan ramah lingkungan.

“Dukungan Pemerintah terhadap konsep pembangunan hijau telah ditunjukkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Struktur Bangunan Gedung yang memuat ketentuan penerbitan sertifikat bangunan ramah lingkungan,” ungkap Menko Airlangga.

Selain itu, pemerintah juga telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang dibuat demi memperbaiki iklim investasi di Indonesia, termasuk di sektor properti.

“Indonesia telah menjadi tujuan investasi properti terbaik di dunia. Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yakni sekitar 273 juta jiwa, dan bonus demografi yang akan terjadi sampai beberapa tahun ke depan, permintaan properti di Indonesia khususnya untuk smart and green city, akan semakin meningkat pula,” pungkas Menko Airlangga.

***

Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk Property People.

Pantau terus artikel seputar infrastruktur hanya di artikel.rumah123.com dan Google News kami.

Akses sekarang juga www.rumah123.com untuk membeli rumah idaman, karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA