OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Jokowi Ungkap Indonesia Siap Bantu Pembangunan Infrastruktur di Tanzania, Afrika

25 Agustus 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

jokowi bantu pembangunan infrastruktur afrika

sumber: presidenri.go.id

Pada Selasa, 22 Agustus 2023, Jokowi menyampaikan keinginannya untuk membantu pembangunan infrastruktur di Tanzania. Sektor apa yang akan dibantu oleh Indonesia?

Melalui pertemuan bilateral Jokowi bersama Presiden Samia Suluhu Hassan di Dar Es Salaam State House, Selasa (22/8), Jokowi ungkapkan keinginannya pada rakyat Tanzania.

Melansir dari rm.id, dirinya mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen untuk membantu pembangunan Afrika, termasuk Tanzania, selama lima tahun ke depan.

Apa saja bentuk pembangunan infrastruktur yang akan dibangun Indonesia di Afrika?

Simak penjelasannya di bawah ini!

Indonesia Bantu Pembangunan Infrastruktur di Tanzania dalam Sektor Pertanian

indonesia bantu Pembangunan Infrastruktur di Tanzania

sumber: rri.co.id

Menurut rm.id, Indonesia telah berkomitmen untuk membantu pembangunan infrastruktur di Tanzania.

Bukti konkret dari bantuan ini adalah Jokowi akan segera merampungkan grand design demi bantu pembangunan infrastruktur di Tanzania.

“Indonesia akan lakukan walk the talk wujudkan kolaborasi konkret dengan Afrika. Indonesia sedang rampungkan grand design pembangunan lima tahun ke depan untuk Afrika,” ucap Presiden.

Beberapa sektor pembangunan Tanzania yang akan dibantu oleh Indonesia adalah pertanian, ketahanan kesehatan, dan pemenuhan kebutuhan produk farmasi.

“Salah satunya (contoh pembangunan sektor peranian) melalui rencana revitalisasi Farmer’s Agriculture dan Rural Training Center di Morogoro Tanzania … Indonesia berkomitmen menjadi bagian dalam membangun Ketahanan kesehatan Tanzania, perusahaan farmasi Indonesia akan ekspor produk perdananya di Tanzania sebagai bentuk kontribusi penuhi kebutuhan produk farmasi Tanzania,” jelas Presiden.

Tak hanya itu, Jokowi berharap bantuan dari Indonesia dapat meningkatkan nilai investasi di Tanzania dalam bidang energi.

“Indonesia ingin tingkatkan investasi di Tanzania, termasuk dalam pengelolaan Blok Gas Mnazi Bay oleh Pertamina dan pengolahan gas alam menjadi bahan kimia dan pupuk,” jelas Presiden.

Menurut Jokowi, kerja sama ini dapat memperkuat hubungan dan relasi antar dua negara berkembang.

Keinginan Tanzania untuk Belajar tentang Infrastruktur dan Hilirisasi Industri ke Indonesia

Di kesempatan terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyampaikan keinginan Presiden Tanzania untuk belajar dari Indonesia.

“Juga ingin belajar dari Indonesia untuk pengembangan industri minyak kelapa sawit, serta belajar mengenai manajemen BUMN,” ucap Retno.

Selain itu, kedua presiden pun sepakat untuk terus memperkuat kerja sama dalam bidang pelatihan diplomatik.

“Presiden Jokowi mengundang tim dari Tanzania untuk berkunjung ke Jakarta untuk bertukar pikiran mengenai pengembangan kurikulum sekolah diplomatik,” ucapnya.

Perlu diketahui, hasil pertemuan bilateral Indonesia dan Tanzania berhasil menghasilkan sejumlah dokumen kerja sama, seperti Nota Kesepahaman Pembentukan Komisi Bersama untuk Kerja Sama Bilateral, Perjanjian Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas, Nota Kesepahaman Kerja Sama Kesehatan, dan sebagainya.

***

Itulah berita terbaru tentang properti Indonesia, Property People.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya.

Yuk, pantau terus artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Cek juga Google News guna memperoleh informasi paling up to date dari Rumah123.com.

Cari properti sesuai budgetgak perlu worry karena Rumah123.com akan selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA