OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

IKN Luncurkan Proyek Percontohan Lalu Lintas dan Mobilitas Cerdas, Siap Jadi Kota Modern Masa Depan!

31 Januari 2024 · 3 min read Author: Maskah Alghofar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

IKN Luncurkan Proyek Percontohan Lalu Lintas dan Mobilitas Cerdas. Siap Jadi Kota Modern Masa Depan!

Sumber: Humas IKN

Siap menjadi kota modern di masa depan, IKN segera luncurkan proyek percontohan lalu lintas dan mobilitas cerdas. Simak selengkapnya.

Otorita IKN menggandeng Sergek Projects untuk menghadirkan proyek percontohan lalu lintas dan mobilitas cerdas di Ibu Kota Nusantara.

Perusahaan terkemuka di bidang solusi kota pintar dan mobilitas pintar ini akan meluncurkan proyek Proof-of-Concept (“POC”) di Nusantara mulai 30 Januari 2024.

Inisiatif ini rupanya sudah berlangsung selama tiga bulan dan akan mencakup wilayah Nusantara serra Balikpapan.

Nantinya, akan ada pengembangan manajemen lalu lintas, penegakan hukum, dan keberlanjutan ekologis dalam transportasi IKN ke tingkat yang lebih tinggi.

Proyek Akan Melibatkan Banyak Pihak

IKN Siap Jadi Kota Modern

Sumber: Humas IKN

Kerjasama antara Sergek dan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) ini melibatkan berbagai pihak penting.

Pihak penting dalam proyek tersebut, yaitu Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Balikpapan, Dinas Komunikasi dan Informatika Balikpapan, Kasatlantas Balikpapan, KasatLantas Polres Penajam Paser Utara, dan Kasatlantas Samarinda.

Ruang lingkup Proof of Concept (POC) meliputi analisis cetak biru dan rencana induk yang ada, lokakarya pengumpulan informasi dengan pemangku kepentingan utama, dan penentuan prioritas berdasarkan kebutuhan Otorita IKN, Balikpapan, Samarinda dan Kementerian Perhubungan.

Meskipun POC dilaksanakan di Balikpapan, semua pihak berharap adanya dampak positif yang lebih luas bagi IKN maupun kota lainnya di seluruh Indonesia.

Hal ini sebagaimana IKN Nusantara dan Ibu Kota Kazakhstan Astana yang akan menjadi kota kembar.

“Nusantara berdiri sebagai kota kembar Astana, di mana Sergek memainkan peran penting dalam mengatur hasil yang berdampak. Di Astana, pengaruh kami melampaui teknologi, menggali seluk-beluk proses dan pengembangan kapasitas.

Perjalanan ini ditandai dengan kolaborasi yang mulus antara Sergek, Kementerian dan Pemerintahan Kota. Visi kami untuk mereplikasi hasil luar biasa ini bagi Nusantara, kota kembar kami, hanya dapat diimbangi dengan komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan, dengan memberikan penekanan kuat pada teknologi, proses, dan sumber daya manusia,” kata VP Global Markets Sergek Projects, Alyona Tkachenko.

IKN Siap Jadi Kota Modern

Nusantara sendiri siap menjadi kota modern masa depan dengan ekosistem tiga kota yang memiliki enam komponen smart city.

Salah satunya Transportasi & Mobilitas yang menjadi fokus pada proyek POC ini.

Nantinya, POC akan mencakup penerapan Sistem Manajemen Lalu Lintas dan Parkir Tingkat Lanjut (ATPMS) dan Sistem Angkutan Umum Tingkat Lanjut (APTS), yang lengkap dengan sistem penegakan hukum lalu lintas di bidangnya.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Prof Mohammed Ali Berawi, menyatakan dukungan kuat terhadap kolaborasi nasional dan internasional dalam bentuk POC untuk implementasi teknologi maju di Nusantara, termasuk smart transportation and mobility.

Prof Ali Berawi menyoroti pentingnya inisiatif ini dalam memanfaatkan teknologi untuk pengembangan Nusantara, menekankan visi Nusantara sebagai kota dunia untuk semua.

Lebih lanjut, Direktur Pengembangan Ekosistem Digital Otorita IKN, Tonny Agus Setiono, menggarisbawahi komitmen untuk menjadikan Nusantara sebagai teladan kehidupan perkotaan modern, dengan Intelligent Transportation System (ITS) yang penting.

Oleh karena itu, POC ini merupakan langkah mewujudkan visi Nusantara yang terhubung, berkelanjutan, dan maju secara teknologi.

***

Itulah ulasan seputar IKN yang akan segera meluncurkan proyek percontohan lalu lintas dan mobilitas cerdas untuk membangun kota modern.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Temukan berita menarik lainnya seputar properti hingga gaya hidup di artikel.rumah123.com dan Google News kami.

Sedang mencari hunian impian? Kunjungi Rumah123 karena apapun properti yang kamu mau #SemuaAdaDisini.

Buat kamu yang punya pertanyaan seputar hunian, mari ngobrolin properti lebih dalam di Teras123!


Tag: , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya