OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Pakar dan Pengembang Prediksi Harga Properti Naik setelah Pemilu 2024, Ini Faktornya!

13 Februari 2024 · 4 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

perumahan

harga properti naik | sumber: shutterstock.com

Pengembang properti memprediksi harga properti naik setelah tahun politik 2024 seiring dengan perbaikan kondisi ekonomi dan sentimen positif pascapemilu.

Wakil Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI), Hari Gani, mengatakan bahwa membaiknya sisi makroekonomi dalam negeri dan rampungnya sentimen tahun politik menjadi katalis positif bagi pasar properti.

Dampaknya, diharapkan adanya kenaikan harga properti khususnya pada sektor rumah tapak dan apartemen.

“Setelah 2024 kita optimistis tidak ada gangguan makro, baik ekonomi makro maupun politik,” katanya melansir Bisnis.com.

Saat ini, kata dia, rata-rata kenaikan harga rumah berada di kisaran 5 persen per tahun atau terus meningkat setelah bisnis properti mengalami perlambatan saat pandemi Covid-19.

Pandangan yang tidak jauh berbeda diungkapkan oleh konsultan properti, baik Colliers Indonesia dan Cushman & Wakefield Indonesia, yang menyebut bahwa pasar properti akan mengalami pemulihan setelah tahun politik.

Pakar Prediksi Harga Properti Naik setelah Pemilu

harga properti naik

Sumber: sahabat.pu.go.id

Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa dalam masa pemilu, para investor dan pembeli properti cenderung untuk menunda keputusan bisnis atau wait and see

“Meskipun hasil pemilihan tidak menentukan nasib kondisi pasar, akan tetapi pemilihan ini mempengaruhi sentimen secara keseluruhan. Setelah pemilihan, diharapkan pembeli properti akan melanjutkan aktivitas dan menghidupkan kembali pasar,” katanya dikutip dari laporan Colliers berjudul Pengaruh Pemilihan Umum Tahun 2024 Terhadap Sektor Properti.

Sementara itu, Vice Chairman at Cushman & Wakefield Indonesia Handa Sulaiman mengatakan bahwa pascapemilu 2024, daya beli masyarakat diharapkan meningkat sehingga berdampak pada sektor properti.

“Walaupun tahun politik sering dinilai sebagai sentimen negatif bagi bisnis properti, tetapi pengembang menilai pemilu 2024 dapat menjadi peluang. Sebab, daya beli disebut akan meningkat,” tulis dia dalam laporannya berjudul Analisis Pasar Properti: Refleksi 2023 & Proyeksi 2024.

Dia memprediksi bahwa harga properti naik khususnya pada subsektor rumah tapak yang akan meningkat pada tahun 2024 setelah pemilu usai karena disebabkan beberapa faktor.

Faktor tersebut adalah inflasi yang memengaruhi biaya bahan bangunan, perkembangan infrastruktur terutama di Jabodetabek (MRT dan LRT), dan kemudahan akses jalan tol yang akan mengerek kenaikan harga tanah.

“Harga jual rumah secara keseluruhan diperkirakan akan meningkat pada tahun 2024. Apabila ekonomi makro membaik sebagaimana diharapkan dan sentimen politik tetap positif, harga perumahan tapak diperkirakan akan meningkat, terutama apabila pemilu 2024 diselesaikan dengan baik dan mulus,” tuturnya.

Nah, seiring dengan prediksi harga properti naik karena pasar properti yang akan positif setelah masa pemilu usai, sekarang saatnya beli properti dengan memanfaatkan promo dari OCBC, Property People.

Kamu bisa membeli properti baru atau properti seken lewat https://www.ocbcjodohproperti.com/ karena banyak promo yang menarik, lo.

Penasaran apa saja promo KPR OCBC? Simak selengkapnya di bawah ini!

Promo KPR OCBC

Promo KPR OCBC
OCBC menawarkan promo bunga KPR mulai dari 5,20 persen efektif per tahun yang tak boleh kamu lewatkan, Property People.

Bunga 5,20 persen tersebut berupa bunga fix atau bunga tetap selama 3 tahun.

Adapun minimum tenor yang bisa diajukan adalah 15 tahun, baik untuk rumah baru atau rumah seken.

Periode tersebut berlaku dari sekarang hingga 29 Februari 2024, lo.

Selain itu, OCBC juga menawarkan banyak diskon menarik untuk rumah seken dan pilihan klaster perumahan dari berbagai pengembang properti tepercaya. 

Nah, kalau kamu tertarik beli properti dan ingin tahu berapa, sih, besaran angsuran KPR per bulannya, jangan khawatir karena kamu bisa memanfaatkan fitur simulasi KPR OCBC.

Lewat simulasi KPR OCBC, kamu dapat mengetahui besaran cicilan per bulan, besaran bunga, dan lainnya.

Simak simulasi KPR OCBC dengan bunga promo di bawah ini, yuk!

Simulasi KPR OCBC

simulasi kpr ocbc

Sumber: ocbcjodohproperti.com

Untuk mengetahui besaran pinjaman dan angsuran KPR OCBC selama promo, katakanlah kamu hendak membeli properti seharga Rp500.000.000, uang muka sebesar Rp150.000.000, dan tenor selama 20 tahun.

Adapun suku bunga tetap yang kamu pilih adalah 5,20 persen selama 3 tahun dengan minimal masa tenor 15 tahun.

Nah, dari nilai tersebut, berikut adalah hasil perhitungan KPR OCBC selama masa promo:

  • Harga properti: Rp500.000.000
  • Pokok pinjaman: Rp350.000.000 (harga properti dikurangi uang muka)
  • Perkiraan besaran angsuran per bulan: Rp2.348.689 (bunga fixed 5,20 persen)

Bagaimana? Cukup terjangkau, bukan?

Kalau masih penasaran dan ingin cari tahu lebih lanjut soal promo dan simulasi KPR OCBC, kunjungi https://www.ocbcjodohproperti.com/ sekarang juga.

***

Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Jangan lupa, simak ulasan menarik lain seputar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Selain itu, kunjungi Teras123 untuk ngobrolin rumah, KPR, hukum, dan lainnya.

Nggak perlu bingung lagi cari properti baru atau seken, Rumah123 punya kebutuhan yang kamu inginkan karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya