sholat witir sholat malam

Doa shalat witir merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kamu ketahui bersama, terlebih bulan suci Ramadhan pun datang.

Untuk diketahui, bulan suci Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk berlomba-lomba terhadap kebaikan maupun mencari pahala dengan baik, sehingga umat muslim pun tak boleh lupa.

Apabila umat muslim melakukan menjalankan Ibadah Puasa maupun shalat Tarawih maka memperoleh pahala yang besar, bahkan dosanya pun diampuni oleh Allah SWT.

Akan tetapi, terkadang masih ada beberapa orang yang terlupa saat shalat Tarawih, dan meninggalkan shalat Witir.

Lantas, bagaimana doa shalat witir maupun tata caranya yang baik? Simak pembahasannya bersama-sama!

Tata cara doa shalat witir yang perlu kamu ketahui 

Doa shalat witir secara harfiah adalah dalam bahasa Arab artinya adalah ganjil dengan jumlah rakaat secara sunnah mulai satu, tiga, lima, tujuh dan seterusnya.

Untuk diketahui, shalat witir dapat dikerjakan sekaligus dengan satu salam, atau dua-dua kemudian diakhiri dalam satu rakaat.

Secara umum, doa shalat witir pastinya menggunakan pendekataan rakaat ganjil karena dituntut melaksanakannya, dan dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah pun bersabda : 

Bersiwaklah kalian, jagalah kebersihan, dan laksanakan Shalat witir karena Allah SWT itu Zat Yang Esa (ganjil) dan akan memberikan pahala bagi yang menunaikan Shalat ganjil.” (HR. Abu Dawud).

Anjuran mengerjakan shalat witir 

sholat dhuha

Terdapat beberapa hadits yang menganjurkan umat Islam agar menjaga dan mengerjakan doa shalat witir.

Salah satu diantaranya adalah Kharijah bin Hudzafah yang meriwayatkan , jika bahwa pada suatu pagi, menjelang subuh, Rasulullah SAW keluar dan menemui sahabat dan bersabda.

“Allah SWT telah menyediakan pada malam suatu Shalat yang lebih bagus daripada unta merah.” “Shalat apa itu, Rasulullah?” tanya mereka. “Shalat Witir yang dikerjakan antara shalat Isya’ hingga terbit fajar,” jawab beliau. (HR. Abu Dawud).

Untuk diketahui, unta merah merupakan kendaraan yang paling mewah dan berharga bagi masyarakat Arab waktu itu.

Pasalnya, unta merah tersebut diharapkan dapat mengangkat derajat di masyarakat, dengan pahala yang jauh lebih mulia.

Waktu doa shalat witir 

Secara umum, pelaksanaan shalat witir bisa kamu lakukan setelah shalat Isya hingga mendekati waktu sahur.

Aisyah berkata : “Setiap malam Rasulullah SAW Shalat witir sejak awal malam, tengah malam, dan berakhir di waktu sahur.” (HR. Muslim).

Saat adzan Subuh berkumandang, pastinya tidak ada lagi kesempatan untuk mengerjakan doa shalat witir.

Adapun, sabda Rasulullah mengenai doa shalat witir adalah sebagai berikut : 

Siapa yang mendapati waktu Subuh dan belum mengerjakan shalat Witir, maka tidak ada waktu baginya untuk mengerjakan Shalat witir.” (HR. Hakim).

Oleh karena itu, Rasulullah SAW' berpesan, “Bergegaslah mengerjakan shalat witir sebelum waktu Subuh tiba.” (HR. Hakim).

Diantara beberapa waktu tersebut, alangkah baiknya jika kamu menjalani doa shalat witir di tengah malam melalui hadits berikut ini : 

Aku lebih senang menunaikan shalat Witir tengah malam karena saat itu Allah SWT turun ke langit dunia dan berfirman, ‘Adakah hamba yang meminta? Adakah hamba yang memohon ampunan? Adakah hamba yang memanjatkan doa?’ Panggilan itu berakhir saat matahari terbit.” (HR. Thabrani).

Tata cara doa shalat witir yang perlu kamu ketahui 

manfaat solat tahajud

Dalam banyak kesempatan maupun peribadatan, tata cara shalat witir dilakukan dengan tiga rakaat dan satu kali salam sebagai berikut : 

1. Niat shalat witir tiga rakaat 

2.  Takbiratul Ihram 

3.  Membaca Doa Iftitah

4. Membaca Surah Al-Fatihah 

5. Membaca surat pendek : Pada rakaat pertama disunahkan untuk membaca surat Al’ala. 

6. Rakaat kedua membaca surat pendek Al-Kafirun dan yang terakhir membaca tiga surat sekaligus yakni, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas.

7.  Ruku’ dengan Tuma’ninah

8.  I’tidal dengan Tuma’ninah

9.  Duduk di antara dua sujud dengan Tuma’ninah

10. Sujud kedua dengan Tuma’ninah 

11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua dan ketiga seperti urutan sebelumnya. 

12. Tasyahud Akhir dengan Tuma’ninah. 

13.  Salam 

14.  Membaca doa shalat witir 

Bacaan doa shalat witir yang wajib kamu ketahui 

Setelah menjalani shalat witir, ada satu doa yang harus kamu baca supaya lebih afdol, terlebih jika kamu menjalankan ibadah secara sendiri di masa pandemi covid-19.

Berikut bacaan doa shalat witir secara mandiri :

ALLAHUMMA INNAA NAS'ALUKA IIMAANAN DAAIMAAN, WAN'ASALUKA QALBAN KHAASYI'AN, WANAS'ALUKA 'ILMAN NAAFI'AN, WANAS'ALUKA YAQIINAN SHAADIQON, WANAS'ALUKA 'AMALAN SHAALIHAN, WANAS'ALUKA DIINAN QAYYIMAN, WANAS'ALUKA KHAIRAN KATSIRAN, WANAS'ALUKAL 'AFWA WAL'AAFIYATA, WANAS'ALUKA TAMAAMAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKASYUKRA 'ALAL 'AAFIYATI, ANAS'ALUKAL GHINAA'A'ANINNAASI.

ALLAHUMMA RABBANAA TAQABBAL MINNAA SHALAATANAA WASHIYAAMANAA WAQIYAAMANAA WATAKHUSY-SYU'ANAA WATADHORRU'ANAA WATA'ABBUDANAA WATAMMIM TAQSHIIRANAA YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ARHAMAR RAAHIMIIN. WASHALLALLAAHU 'ALAA KHAIRI KHALQIHI MUHAMMADIN WA'ALAA AALIHI WASHAHBIHIAJMA'IINA, WALHAMDULILLAAHIRABBIL'AALAMIINA.

Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

"Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai doa shalat witir beserta tata caranya secara lengkap yang bisa dilakukan di rumah.

Temukan inspirasi menarik seputar tips mengenai hunian dan keluarga, selengkapnya di Rumah123

"Berencana untuk beli aset properti? Yuk, cari tahu berbagai keunggulan dari Kasamara Residence di sini selengkapnya."
Bagikan:
2486 kali