OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Doa Pembacaan Alkitab Kristen Protestan untuk Memohon Tuntunan

18 September 2023 · 4 min read Author: Gadis Saktika

doa pembacaan alkitab

sumber: shutterstock.com

Dalam keyakinan Kristen, aktivitas membaca doa pembacaan Alkitab memiliki peranan penting dalam menumbuhkan spiritual. Melalui kegiatan ini, para pengikut Kristus dapat mengenali Tuhan Yesus, bersama dengan semua janji dan ajaran yang Ia berikan.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita merasa perlu untuk mencari petunjuk, kekuatan, dan inspirasi dari sumber-sumber spiritual agar hidup menjadi lebih berarti.

Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membaca Alkitab.

Pada pelaksanaannya, umat Kristen harus membaca doa pembacaan Alkitab untuk menghubungkan diri dengan Tuhan dan merenungkan pesan-pesan suci yang terkandung dalam kitab suci ini.

Dalam liturgi gereja, doa pembacaan Alkitab biasanya dibaca setelah puji-pujian, tepat sebelum pendeta membacakan Alkitab dan berkhotbah.

Tidak hanya di gereja, doa firman Tuhan ini juga bisa dinaikkan umat Kristen ketika sedang saat teduh di rumah.

Nah, kali ini Rumah123.com telah hadirkan doa pembacaan Alkitab yang bisa dilihat pada uraian di bawah ini.

Doa Pembacaan Alkitab

doa pembacaan alkitab

1. Doa Sebelum Pembacaan Alkitab Kristen Protestan

“Ya Bapa yang agung, pada siang hari ini kami berterimakasih kepada-Mu karena telah memberkati kami untuk dapat menjalankan kegiatan ibadah dengan tenang dan damai.

Bapa, pada kesempatan kali ini giliran kami mendengarkan beberapa firman-Mu. Kiranya kami dapat menjadi pendengar yang baik terhadap firman yang akan diucapkan oleh hamba-Mu.

Apapun yang disampaikan, mudah-mudahan dapat kami pahami maknanya dengan baik sehingga dapat menjadi petunjuk untuk menjalani kehidupan dan mengatasi masalah. Terimakasih Tuhan, hanya atas nama-Mu kami menyembah.”

2. Doa Pembacaan Alkitab Kristen Protestan

“Ya Bapa yang Maha Pengasih, kami mohon sendengkanlah telinga-Mu pada doa kami dan terangilah hati kami dengan roh-Mu yang kudus supaya firman-Mu dapat dilayani dan dipercayai atas jalan yang benar.

Dan supaya kami boleh mengasihi Engkau dengan kasih yang abadi, oleh Yesus Kristus Tuhan Kami. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.”

3. Doa Baca Alkitab

“Tuhan Yesus, aku hendak membaca firman-Mu. Saat aku membacanya, tolong bantu aku untuk mengenal, mencintai, dan memahami-Mu dengan lebih baik. Bantu aku untuk mengenali kehendak dan Firman-Mu dalam hidupku.

Roh Kudus, kiranya Engkau menerangi pikiranku dan memberikan dalam hatiku cinta yang lebih besar bagi-Mu dan bagi orang lain dalam keluargaku dan di dunia saat aku membaca Sabda-Mu. Amin.”

4. Doa Firman Tuhan Sebelum Mendengarkan Alkitab

“Ya Kristus yang mulia, di kesempatan kali ini kami akan mendengarkan beberapa firman dari-Mu yang akan dibacakan oleh salah satu hamba Tuhan pada kegiatan ibadah ini.

Kiranya, apa yang disampaikan oleh hamba-Mu dapat menjadi petunjuk bagi kami untuk memutuskan jalan hidup, menjadi penyemangat dan sumber pemahaman akan kehidupan.

Oleh karena itu, biarlah izinkan kami jadi pendengar yang baik. Berkati kami agar dapat fokus sehingga bisa memahami maksud yang terkandung dalam firman-Mu. Kepada Yesus Kristus kami memohon. Amin.”

5. Doa Pembacaan Alkitab Singkat

“Bapa Surgawi, sebentar lagi kami akan membaca firman-Mu. Kami berdoa agar mampu menyelami isi hati dan kehendak-Mu lewat firman ini.

Bukalah mata pengertian kami dan persiapkan hati kami dengan kuasa Roh-Mu, agar kami dapat menerima Sabda-Mu dengan penuh sukacita.

Biarlah kami semakin mengagumi kemuliaan dan keagungan-Mu saat kami mengungkap kebenaran berharga yang terkandung di dalam firman.

Dan semoga kami bisa bersaksi demi nama Engkau. Doa ini kami mohon dalam nama Tuhan dan Juruselamat kami yang berharga, Yesus Kristus, Amin.”

6. Doa Pembacaan Alkitab Pendek

“Bapa Surgawi, Terima kasih atas firman-Mu, firman ini adalah kebenaran, hidup, dan terang bagi kami. Firman ini juga menjadi makanan bagi jiwa kami dan penyegaran bagi roh kami.

Tuhan, kami ingin mempelajari Firman-Mu melalui bimbingan Roh Kudus-Mu. Sehingga kami bisa bertumbuh dalam kasih karunia dan dewasa secara rohani dalam iman.

Pancarkanlah cahaya murni firman kebenaran-Mu ke dalam hati kami hari ini dan buka mata pikiran kami untuk memahami inti kebenaran yang terkandung di dalam bagian Kitab Suci yang berharga ini.

Saat kami mempelajari Sabda-Mu, kiranya nama-Mu semakin ditinggikan karena hanya Engkau yang patut dipuji dan disembah sebab Engkau yang kudus, baik, pengasih dan penyayang.

Bukalah mata kami untuk melihat kebenaran-Mu. Bukalah telinga kami untuk mendengar suara-Mu. Bukalah hati kami untuk menerima apa yang Engkau miliki bagi kami masing-masing, dan bukalah bibir kami untuk hanya mengucapkan apa yang memuliakan nama-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa, Amin.”

7. Doa Setelah Mendengarkan Firman Tuhan

doa pembacaan alkitab

Tuhan, terimakasih karena telah memberkati kami dengan firman-Mu.

Selanjutnya biarlah kami dapat menjadikan firman-Mu sebagai pedoman hidup, bimbinglah kami menemui jalan yang terang.

Ya Kristus, berkatilah kami agar dapat kembali mendengarkan firman-Mu.”

***

Semoga artikel doa pembacaan Alkitab ini bisa bermanfaat untukmu, ya.

Cek artikel rohani lainnya seperti renungan pemuda Kristen di artikel.rumah123.com.

Dapatkan pula informasi terbaru dari Rumah123 dengan cara mengikuti Google News kami.

Yuk, kunjungi Rumah123 untuk dapatkan hunian baru impian!

Tersedia berbagai rumah yang terjangkau dengan diskon menarik karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA