gurita bisnis jenderal tni

Beberapa mantan jenderal TNI memilih untuk mencoba peruntungan di dunia bisnis usai tak lagi aktif di dunia militer. 

Para purnawirawan ini sukses membangun kerajaan bisnis mereka di Indonesia. 

Sebut saja Prabowo Subianto dan Luhut Pandjaitan yang memiliki karir politik mentereng dan gurita bisnis yang besar. 

Prabowo sukses berbisnis di banyak bidang, termasuk energi melalui Nusantara Energy.

Sementara Luhut selalu identik dengan korporasi tambang batu bara, yakni  PT Toba Bara Sejahtera yang kini telah berganti nama menjadi PT TBS Energi Utama Tbk. 

Selain itu, ada pula Moeldoko tercatat memiliki perusahaan otomotif bernama PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MABI). 

Selain terjun ke dunia bisnis secara langsung, para tokoh militer yang telah purna tugas juga banyak yang mendapat mandat sebagai komisaris di perusahaan milik negara (BUMN), maupun swasta nasional. 

Mereka  diketahui tersebar di berbagai perusahaan BUMN maupun swasta nasional.  

Deretan Mantan Jenderal TNI yang Jadi Komisaris dan Punya Bisnis di Indonesia

1. Djoko Suyanto  

Djoko Suyanto   sumber: Tribunnews.com

Djoko Suyanto kini menjadi Presiden di PT Chandra Asri Petrochemical Tbk. 

Mantan jenderal TNI ini merupakan lulusan dari Akademi Angkatan Udara Indonesia pada tahun 1973, mengikuti kursus di Fighter Weapon Instructor Course di Arizona, Amerika Serikat pada tahun 1983, dan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara pada tahun 1989 . 

Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri  Pertahanan Indonesia dari tahun 2006 sampai 2008, Panglima TNI dari tahun 2005 sampai 2006, dan dari tahun 2002 sampai 2004 menjabat sebagai Komando Operasi  TNI Angkatan Udara. 

2. Agus Suhartono  

Agus Suhartono   sumber: Antaranews.com

Agus Suhartono diketahui telah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk. sejak tahun 2015. 

Sebelum menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroan,  Agus adalah Komisaris Utama PT Pondok Indah Padang Golf Tbk sejak 2015 sampai sekarang dan Komisaris Utama PT Bukit Asam (Persero) Tbk sejak 2013 sampai sekarang.  

Ia diketahui merupakan lulusan Akademi Militer TNI AL (AAL) pada 1978 dan mengawali tugas di Komando Armada Timur (Koarmatim) yang banyak berjibaku di berbagai jenis kapal perang.  

3. Andi Pahril Pawi  

Andi Pahril Pawi   sumber: Kompasiana.com

Mantan jenderal TNI yang juga menjabat sebagai komisaris ialah Andi Pahril Pawi.

Ia diketahui menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bukit Asam Tbk. 

Andi menempuh pendidikan Sekolah Staf dan Komando TNI, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara, dan Akademi Angkatan Udara.  

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pertahanan dan Keamanan BIN (2017), Kepala Biro Pengamanan Sekretariat Militer Presiden (2014), dan Kepala Biro Personel TNI dan Polri Sekretariat Militer Presiden (2012). 

4. Agus Surya Bakti 

Agus Surya Bakti  sumber: Tribunnews.com

Saat ini, Agus Surya Bakti adalah Komisaris Utama PT Antam Tbk. 

Di bidang militer, Agus pernah memegang peranan kunci antara lain Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (2010) dan Deputi-1 Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (2012). 

Kemudian, ia juga pernah menjabat sebagai Panglima Kodam VII/Wirabuana (2015), Panglima Kodam XIV/Hasanuddin (2017), Asisten Intelejen Panglima TNI (2018), dan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (2018-2019). 

5. Endriartono Sutarto  

Endriartono Sutarto   sumber: Riaunews.com

Endriartono Sutarto adalah mantan Panglima TNI yang memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun sebagai Tentara Nasional Indonesia. 

Kemudian pada tahun 2002, ia diangkat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia hingga tahun 2006.

Endriartono juga pernah menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina tahun 2006-2008, Komisaris Utama Bank Pundi 2009-2015, Komisaris Utama PT Aqua Danone 2012-2014, Komisaris Utama PT Aetra Air Jakarta 2017-sekarang, dan terakhir menjabat sebagai Komisaris Utama  Maxpower 2015-2019.

Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti. 

Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti Srimaya Residence hanya di Rumah123.com dan 99.co karena kami #AdaBuatKamu!

Bagikan:
632 kali