OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Contoh Teks Ulasan Novel Indonesia yang Terkenal. Baca sebelum Beli Karyanya!

01 Nopember 2023 · 6 min read Author: Gadis Saktika

contoh teks ulasan novel

sumber: shutterstock.com

Teks ulasan novel telah menjadi sumber informasi yang penting di dunia literasi modern. Bukan hanya membantu pembaca menemukan bacaan yang tepat, tetapi juga memberikan pandangan mendalam tentang karya-karya sastra terbaru dan klasik. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh teks ulasan novel, menggali beragam aspek yang perlu diperhatikan dalam penulisan ulasan novel yang informatif dan menarik.

Teks ulasan sering menjadi referensi yang dicari ketika mencari informasi tentang suatu karya.

Pasalnya, jenis tulisan ini berorientasi subjektif dan berhubungan dengan penilaian atas karya tersebut secara keseluruhan.

Secara umum, teks ulasan dapat dianggap sebagai sebuah resensi atau tinjauan.

Jika kita sering mendengar istilah resensi buku atau ulasan film, hal ini adalah contoh konkrit dari teks ulasan yang sedang populer saat ini.

Teks ulasan juga bisa dilihat sebagai suatu bentuk analisis mendalam terhadap suatu karya.

Dalam menulis teks ulasan, terdapat beberapa aspek analisis yang perlu diberikan perhatian khusus, seperti menilai judul, mengulas isi cerita, serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam karya tersebut.

Terkait itu, Rumah123 telah hadirkan kumpulan contoh teks ulasan novel yang bisa kamu lihat pada uraian di bawah ini.

Contoh Teks Ulasan Novel

1. Teks Ulasan Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan

Judul: Cantik Itu Luka

Penulis: Eka Kurniawan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2002

Genre: Sastra, Realisme Magis, Kritik Sosial

Lokasi Setting: Indonesia, terutama di daerah Halimunda

Novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan adalah karya sastra yang menarik dan memukau dengan cara yang sangat unik. Dalam kisah ini, penulis berhasil menggabungkan elemen-elemen realisme magis, sejarah, dan kritik sosial dengan keahlian yang memukau.

Kisah ini berpusat pada dua karakter utama, yang pertama adalah Dewi Ayu, seorang wanita yang memancarkan kecantikan yang luar biasa, dan yang kedua adalah Maryam, cucunya yang tidak bisa terlihat oleh mata manusia biasa. Melalui narasi yang kaya akan detail dan imaji, pembaca dihadapkan pada sejarah Indonesia yang kompleks, termasuk masa penjajahan Belanda dan perjuangan kemerdekaan.

Eka Kurniawan menggambarkan perjalanan hidup Dewi Ayu dengan gaya bahasa yang mengalir dan menggugah emosi. Pembaca akan terhanyut dalam cerita penuh intrik, tragis, dan penuh warna ini. Kekuatan novel ini terletak pada kemampuan penulis untuk menggambarkan karakter yang kompleks dan memukau, sekaligus menghadirkan kritik sosial yang tajam terhadap berbagai aspek masyarakat Indonesia, termasuk patriarki, penjajahan, dan ketidaksetaraan gender.

Selain itu, Eka Kurniawan menggunakan realisme magis untuk menghadirkan elemen-elemen fantastis ke dalam cerita, yang menambahkan lapisan keindahan dan keajaiban pada novel ini. Keseluruhan kisah ini, meskipun penuh dengan penderitaan dan tragedi, juga diselipi dengan humor gelap yang menarik.

Cantik Itu Luka adalah sebuah karya sastra yang mengundang pembaca untuk merenung tentang kompleksitas hidup dan sejarah, sambil merayakan keindahan bahasa dan imajinasi. Novel ini adalah perjalanan puitis yang tak terlupakan dalam dunia sastra Indonesia dan sebuah karya yang patut dihargai. Saya sangat merekomendasikan novel ini kepada siapa pun yang mencari pengalaman membaca yang mendalam dan berkesan.

2. Contoh Teks Ulasan Novel Hujan Karya Tere Liye

Judul: Hujan

Penulis: Tere Liye

Penerbit: Republika Penerbit

Tahun Terbit: 2014

Genre: Fiksi, Romansa, Sastra Remaja

Lokasi Setting: Berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri

Hujan karya Tere Liye adalah sebuah novel yang memukau tentang perjalanan cinta dan pertumbuhan diri. Kisah ini berpusat pada pertemuan tak terduga antara Elis dan Genta. Elis, seorang pelajar berbakat yang bermimpi menjadi seorang seniman, bertemu dengan Genta, seorang pemuda misterius yang menyimpan luka-luka masa lalu yang dalam.

Novel ini menggambarkan hubungan mereka yang terjalin dengan alur yang indah dan penuh makna. Di tengah perjalanan mereka, pembaca diajak menjelajahi berbagai tempat, dari Indonesia hingga ke luar negeri, sambil mengikuti evolusi perasaan dan karakter para tokoh.

Tere Liye menghadirkan tulisan yang penuh emosi dan mendalam, menggambarkan dinamika cinta, persahabatan, dan pertumbuhan individu. Hujan juga menyentuh isu-isu penting seperti pengorbanan, keluarga, dan kebahagiaan.

Dengan prosa yang indah, novel ini menggugah emosi pembaca dan membuat mereka merenung tentang makna cinta, arti hidup, dan perjalanan pencarian jati diri. Hujan merupakan karya yang cocok untuk pembaca yang menyukai cerita cinta yang dalam dan inspiratif, serta bagi mereka yang ingin merenungkan perjalanan manusia dalam mengejar impian dan menghadapi tantangan hidup.

3. Contoh Ulasan Novel Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori

contoh teks ulasan novel

sumber: shutterstock.com

Judul: Laut Bercerita

Penulis: Leila S. Chudori

Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia

Tahun Terbit: 2013

Genre: Fiksi, Sejarah, Sastra

Lokasi Setting: Indonesia, Prancis, dan berbagai tempat di seluruh dunia

Laut Bercerita karya Leila S. Chudori adalah sebuah novel yang memikat dengan cerita yang berliku-liku dan penulisan yang tajam. Novel ini mengangkat sejarah Indonesia dan perjuangan para eksil politik Indonesia yang hidup di Prancis selama era Orde Baru.

Kisah ini berfokus pada Dimas Suryo, seorang jurnalis Indonesia yang bekerja di Prancis dan berusaha mengungkap misteri masa lalu keluarganya yang terhubung dengan sejarah politik Indonesia. Leila S. Chudori memadukan berbagai alur cerita yang berbeda dengan mahir, termasuk penggunaan surat dan dokumen sejarah, yang membuat pembaca merasa tengah menyelusuri masa lalu yang terkubur.

Dalam Laut Bercerita, penulis menggambarkan perjuangan para pengungsi politik Indonesia di Prancis dan dampak-dampaknya pada keluarga mereka. Novel ini juga membahas isu-isu politik dan sosial yang relevan pada masa itu, sekaligus mengeksplorasi hubungan antara karakter-karakter yang kompleks.

Leila S. Chudori dengan cermat meramu cerita yang mendalam dan menggetarkan hati, yang menggugah perasaan pembaca. Laut Bercerita adalah sebuah karya sastra yang menggabungkan sejarah, politik, dan intrik pribadi dalam narasi yang kuat dan mendalam. Novel ini memungkinkan pembaca untuk lebih memahami sejarah Indonesia serta menikmati cerita yang penuh ketegangan dan perasaan. Itu adalah sebuah karya yang patut diapresiasi oleh para pencinta sastra sejarah dan sastra Indonesia.

4. Teks Ulasan Novel Singkat 5cm Karya Donny Dhirgantoro

Judul: 5cm

Penulis: Donny Dhirgantoro

Penerbit: Grasindo

Tahun Terbit: 2008

Genre: Fiksi, Sahabat, Petualangan

Lokasi Setting: Indonesia, terutama Jakarta, Bandung, dan Gunung Semeru

5cm karya Donny Dhirgantoro adalah sebuah novel yang mengisahkan tentang persahabatan, petualangan, dan impian. Kisahnya berpusat pada empat sahabat, Genta, Arial, Zafran, dan Riani, yang memiliki mimpi untuk mendaki Gunung Semeru, salah satu gunung tertinggi di Jawa, Indonesia.

Novel ini mengikuti perjalanan empat sahabat ini saat mereka memutuskan untuk mengambil cuti dari pekerjaan mereka dan mewujudkan mimpi tersebut. Mereka harus menghadapi berbagai tantangan fisik dan emosional dalam perjalanan yang panjang dan berbahaya ke puncak Gunung Semeru.

5cm adalah cerita yang menginspirasi tentang kekuatan persahabatan, tekad, dan bagaimana kita bisa mencapai impian kita jika kita bekerja sama. Donny Dhirgantoro dengan cermat menggambarkan karakter-karakter yang kompleks dan menghadirkan pesan-pesan tentang hidup, impian, dan pengorbanan.

Novel ini adalah perjalanan emosional yang menggugah perasaan pembaca dan mengajak mereka untuk merenung tentang arti persahabatan dan keberanian dalam menghadapi tantangan. 5cm adalah sebuah kisah yang mengingatkan kita akan pentingnya memelihara persahabatan dan mengikuti impian kita, bahkan jika itu berarti melewati segala rintangan dan kesulitan. Novel ini cocok untuk semua orang yang mencari inspirasi dan kisah tentang keberanian dalam menghadapi petualangan hidup.

***

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untukmu ya, Property People.

Jangan lupa untuk pantau terus artikel yang tak kalah menarik lainnya, seperti cerpen singkat tentang sekolah lewat artikel.rumah123.com.

Cek juga berita terbarunya di Google News Rumah123.com.

Apakah kamu sedang mencari rumah baru?

Yuk, lihat pilihan terbaiknya di www.rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya