OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Contoh Teks Ulasan Film Dilengkapi dengan Penjelasan dan Strukturnya. Yuk, Cari Tahu!

07 September 2023 · 6 min read Author: Shafira Chairunnisa

contoh teks ulasan film dan strukturnya

contoh teks ulasan film dan strukturnya | sumber: shutterstock.com

Ditugaskan untuk membuat ulasan film, tetapi tidak tahu bagaimana caranya? Berikut ini beragam contoh teks ulasan film ini sebagai referensi!

Teks ulasan adalah tulisan yang memuat tentang penilaian sebuah hal, salah satunya adalah film.

Biasanya, guru akan menyuruh muridnya untuk menonton sebuah film dan membuat ulasan terkait hal tersebut.

Dalam teks ulasan film, kamu diharuskan untuk memberikan informasi beserta analisis tentang film yang kamu tonton.

Ada pula beragam struktur yang harus kamu masukkan dalam karya tulismu agar ulasan menjadi lebih lengkap.

Simak struktur disertai dengan contoh teks ulasan film di bawah ini!

Struktur Teks Ulasan Film

Dalam bahasa Indonesia, teks ulasan film harus terdiri dari lima bagian, yakni identitas, orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

Identitas

Struktur pertama adalah identitas yang berisi tentang judul film, nama sutradara, genre, tahun rilis, hingga nama aktor yang terlibat dalam film tersebut.

Orientasi

Orientasi berisi tentang gambaran umum dari film yang akan diulas.

Tafsiran

Tafsiran merupakan kelebihan, keunikan, dan keunggulan dari film tersebut.

Evaluasi

Evaluasi adalah penegasan ulang tentang kekurangan, kelebihan, dan kualitas film yang diulas.

Rangkuman

Terakhir adalah rangkuman yang berisi tanggapan dan pendapat penulis terkait film, seperti apakah film layak ditonton atau tidak.

Contoh Teks Ulasan Film

1. Contoh Teks Ulasan Film Dilan 1991

– Identitas

Judul Film: Dilan 1991

Sutradara: Fajar Bustomi

Genre: Romance

Tahun Rilis: 2019

Pemeran: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, Yoriko Angeline

 

– Orientasi

Film Dilan 1991 merupakan lanjutan dari Dilan 1990 yang disutradarai oleh Fajar Bustomi.

Saat penayangan perdana, film ini banyak diburu oleh para remaja yang ingin mengetahui lanjutan dari film Dilan 1990. Bahkan film Dilan 1991 melebihi jumlah penonton dari film sebelumnya.

 

– Tafsiran

Dilan dan Milea mengikat hubungan pacaran. Dilan selalu memperlakukan Milea dengan sangat baik. Bahkan hubungan mereka banyak didukung oleh orang-orang di sekitarnya, khususnya kedua orang tua mereka.

Namun ada beberapa laki-laki yang menyukai Milea antara lain Kang Adi dan Yugo yang membuat kisah cinta Dilan dan Milea tidak berjalan mulus. Banyak tantangan yang harus mereka hadapi, seperti ketika Akew, teman Dilan meninggal.

Saat itulah Milea takut Dilan mengalami nasib yang sama dengan Akew. Kemudian Yugo, teman kecil Milea, datang dari luar negeri. Saat itulah, dia mulai suka dengan Milea. Yugo membuat Dilan cemburu dan melampiaskan kemarahannya dengan menyerang orang-orang yang sudah membunuh Akew. Saat itulah Dilan dipenjara dan dikeluarkan dari sekolahnya.

 

– Evaluasi

Pada film Dilan 1991 memiliki pesan bahwa dalam memperjuangkan cinta, jangan pernah putus asa. Pastinya seseorang yang kita kejar lambat laun akan mencair hatinya.

Hal ini sama dengan Dilan yang selalu mengejar cintanya Milea. Meskipun Milea sempat menghiraukannya, tetapi lama kelamaan dia menyukai Dilan.

 

– Rangkuman

Akhir dari film Dilan 1991 terbilang menggantung. Hal ini akan membuat para penonton menjadi penasaran. Kelanjutan cerita film tersebut akan disambung dengan film yang bernama Milea. Film tersebut adalah bagian terakhir yang ditulis oleh Pidi Baiq.

2. Contoh Teks Ulasan Film Tenggelamnya Kapal van Der Wijck

– Identitas

Judul Film: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Sutradara: Sunil Soraya

Pemain: Pevita Pearce, Herjunot Ali, Reza Rahadian

 

– Orientasi

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah sebuah film adaptasi dari sebuah novel klasik Indonesia karya Buya Hamka. Film ini dirilis pada 19 Desember 2013 dan dibintangi oleh artis berbakat seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan juga Reza Rahadian. Film ini juga disutradarai oleh Sunil Soraya dan menjadi salah satu karya suksesnya di tahun 2013.

 

– Tafsiran

Film ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan Zainudin pada tahun 1930 yang berlayar dari Makassar ke Batipuh yang merupakan tanah kelahiran ayahnya. Di sana, ia bertemu dengan Hayati dan langsung jatuh hati.

 

– Evaluasi

Alur cerita terkesan lambat dan ada beberapa bagian yang terasa kurang menarik. Beberapa konflik kurang memuncak dan berujung datar kembali. Penggunaan lagu Nidji juga dirasa kurang pas, karena melodi yang digunakan terkesan modern.

 

– Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan seperti dari alur cerita yang terlalu lambat, visual effect yang kurang bagus, dan lain sebagainya, film ini masih tetap layak untuk ditonton. Penggunaan kata-kata yang pas dan kostum yang apik membuat film ini menjadi salah satu yang terbaik di tahun 2013.

3. Contoh Teks Ulasan Film Train to Busan

– Identitas

Judul Film: Train to Busan

Sutradara: Yeon Sang-Ho

Genre: Horor, Aksi

Tahun Rilis: 2016

Pemeran: Gong Yoo, Jung Yu Mi, Ma Dong Seok, Kim Su an, Kim Eui Sung, Choi Woo Shik, dan Ahn So Hee

 

– Orientasi

Train to Busan mengisahkan perjuangan seorang ayah untuk melindungi anaknya dan seorang suami untuk melindungi istrinya dari serangan zombi. Keduanya melawan zombi dengan alat seadanya agar anak dan istrinya yang sedang hamil dapat sampai ke Busan dengan selamat.

 

– Tafsiran

Train to Busan adalah film zombie buatan Korea Selatan yang mengangkat cerita tentang penyebaran zombi. Cerita diawali dengan Seok Woo dan Soo An, ayah dan anak yang ingin pergi ke Busan untuk mengunjungi ibu Soo An. Ketika menaiki kereta, seorang wanita yang terkena virus zombi menyerang penumpang lainnya dan membuat kekacauan di kereta. Film ini juga menceritakan bagaimana Seok Wook bersama penumpang lainnya yang selamat melindungi Soo An dan seorang ibu hamil agar bisa sampai ke Busan dengan selamat.

 

– Evaluasi

Train to Busan menyajikan film tentang zombi saja, tetapi juga menyuguhkan perkembangan karakter dari seorang ayah yang angkuh sampai akhirnya menyadari rasa cinta yang sangat besar pada putrinya yang sering Ia tinggalkan sendirian. Film ini juga mengisahkan keegoisan manusia saat mengalami ancaman berupa wabah zombi, bagaimana manusia menjadi egois sehingga bisa kejam pada sesamanya untuk kepentingan pribadi. Namun, film ini juga memberikan pesan bagaimana seseorang bisa menjadi kuat dan berkorban untuk melindungi orang yang disayangi.

 

– Rangkuman

Film ini membuat kita menyadari bahwa kehidupan tidak hanya bekerja, melainkan menyayangi keluarga. Mengingatkan kita akan pentingnya bersikap rasional dan tidak menginjak orang lain saat berada dalam masalah. Film ini sangat layak untuk ditonton karena menyajikan ketegangan, ketakutan, aksi, dan juga drama yang menyentuh dalam porsi yang tepat. Train to Busan dapat mengisi akhir pekanmu, membuat jantung berdebar tetapi juga membuatmu meneteskan air mata.

4. Contoh Teks Ulasan Dilan 1990

contoh teks ulasan film dilan 1990

sumber: id.scribd.com

5. Contoh Teks Ulasan Film Tanah Surga Katanya

contoh teks ulasan film tanah surga katanya

sumber: id.scribd.com

***

Semoga artikel di atas bermanfaat.

Temukan beragam informasi menarik lainnya dengan mengikuti Rumah123 di Google News, ya.

Kunjungi juga artikel.rumah123.com untuk menemukan berita ter-update seputar properti.

Pastikan juga membuka laman Rumah123.com untuk menemukan hunian impian.

Tenang saja, kami selalu #AdaBuatKamu dengan berbagai penawaran properti yang menarik!


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya