OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Contoh Teks Persuasi Singkat Berbagai Tema Lengkap Disertai Strukturnya

30 Agustus 2023 · 7 min read Author: Maskah Alghofar

Contoh Teks Persuasi

Contoh Teks Persuasi | shutterstock.com

Contoh teks persuasi sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam iklan, kampanye, hingga pamflet promosi. Simak selengkapnya berikut ini.

Apa itu teks persuasi? Teks persuasi adalah teks yang berisi tentang ajakan atau bujukan terhadap sesuatu.

Jenis teks ini sifatnya memengaruhi pembaca karena didukung dengan sejumlah fakta.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persuasif atau persuasi adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa teks persuasi dapat diartikan sebagai rangkaian kalimat atau tulisan yang dirancang secara khusus untuk mengajak, mengubah pandangan, atau mempengaruhi pendapat pembaca atau pendengarnya.

Maka dari itu, penting untuk memahami teks persuasi beserta strukturnya agar dapat membuat kalimat yang tepat.

Berikut contoh teks persuasi beserta strukturnya dari berbagai tema yang bisa kamu jadikan referensi.

10 Contoh Teks Persuasi

Berikut ini contoh teks persuasi beserta strukturnya dengan berbagai tema yang menarik.

1. Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Teks Persuasi Bahasa Daerah

Pengenalan isu:

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, mulai dari Jawa, Sunda, Minangkabau, Bugis, Madura, dan lain sebagainya. Sayangnya , UNESCO mengungkapkan bahwa sekitar 2.500 bahasa di dunia terancam punah, termasuk lebih dari seratus bahasa daerah di Indonesia.

Rangkaian argumen:

UNESCO pun menyebutkan, sebanyak 200 bahasa mengalami kepunahan dalam 30 tahun terakhir dan 607 bahasa dalam status tidak aman. Selain itu, diperkirakan sekitar 3.000 bahasa lokal akan punah pada akhir abad ini.

Pernyataan ajakan:

Bagaimana, sudah jelas bukan, kalau bahasa daerah di Indonesia sudah mulai punah. Oleh karena itu, ayo, kita lestarikan bahasa daerah di Indonesia!

Penegasan kembali:

Kamu bisa mulai dari mempelajari bahasa daerahmu sendiri, menghargai bahasa daerah lain, hingga nantinya mempelajari bahasa daerah lainnya. Dengan begitu, bahasa daerah di Indonesia tidak punah pun adat dan budayanya.

2. Contoh Teks Persuasi Politik

Kenalilah Calon Perwakilan Rakyat Kalian Sendiri! Suara Kalian Berharga!

Pengenalan isu:

Kasus penetapan UU Cipta Kerja yang marak pada tahun lalu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih aware dan berhati-hati dalam menggunakan hak suara kita pada saat pemilu dan perda agar tidak menyesal nantinya ketika suara kita tidak lagi didengarkan.

Rangkaian argumen:

Berdasarkan survei yang dilakukan Centre for Strategic and International Study (CSIS) pada 15–22 maret 2019–sebulan sebelum pemilu dilaksanakan–hanya 44,8 persen responden yang mengaku sudah memiliki caleg pilihan mereka, sementara 18,7 persen mengaku akan memilih partai politik, dan sisanya 36,5 persen mengaku belum memiliki pilihan, baik untuk caleg maupun parpol.

Dilansir dari kompas, menurut seorang peneliti CSIS, yaitu Anya Fernandez mengungkapkan bahwa hal ini bisa terjadi karena perhatian publik terlalu tersedot oleh pemilihan pilpres sehingga banyak masyarakat yang hanya berfokus untuk memilih calon presiden dan wakil presidennya dibandingkan pemilihan caleg. Hal ini terbukti dengan dari survei yang sama menunjukkan hasil bahwa hanya 14,1 persen responden yang belum memutuskan pada pemilihan pilpres.

Di mana survei CSIS tersebut dilakukan terhadap 2000 responden dengan metode acak dan tingkat kepercayaan 95 persen serta margin of error lebih kurang 2,21 persen.

Pernyataan ajakan:

Tentunya bukanlah hal yang mudah bagi kita untuk mengenal semua calon, karena seperti yang kita ketahui bahwa calon DPR, DPD, dan sebagainya sangatlah banyak sehingga waktu untuk mencari tahu profilnya satu per satu tidaklah efisien.

Penegasan kembali:

Namun, kita sendiri juga perlu menyadari betapa penting dan berharganya hak suara kita tersebut demi perkembangan dan kemajuan negara kita.

3. Contoh Teks Persuasi tentang Lingkungan

Contoh Teks Persuasi tentang Lingkungan

Pengenalan isu:

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil, saat ini, bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara semakin meningkat drastis.

Rangkaian argument:

Hal ini tidak baik untuk bumi karena dapat menyebabkan pemanasan global serta mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak lima tanaman per orang.

Pernyataan ajakan:

Pasti akan ada pertanyaan, “Bagaimana kalau tidak memiliki lahan?” Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot, misalnya menanam sayur-sayuran. Jadi, kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menanam kaktus. Tanaman satu ini dapat pula dijadikan dekorasi rumah dalam ukuran yang kecil.

Penegasan kembali:

Tularkan kebiasaan baik ini pada teman-temanmu! Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi!

4. Contoh Teks Persuasi Propaganda

Contoh Teks Persuasi Propaganda

Pengenalan isu:

Salah satu budaya yang kerap kali dilakukan dalam masyarakat kita adalah mengonsumsi mie instan yang dicampur dengan nasi putih. Terlihat nikmat, tapi kebiasaan ini memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh si pemakan. Kombinasi antara mie instan dan nasi putih dapat membuat tubuh Anda mengalami obesitas.

Rangkaian argumen:

Obesitas yang terjadi diakibatkan oleh zat karbohidrat sederhana yang terkandung dari dua jenis makanan tersebut membuat kenyang yang hanya bersifat sementara. Sehingga waktu sementara ini akan membuat Anda makin sering merasa lapar dan makan lebih banyak setelahnya. Pun hal ini juga dapat menyebabkan Anda mengalami beberapa penyakit di kemudian hari. Di antaranya ginjal, peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung.

Penegasan kembali:

Oleh sebab itu ada baiknya untuk tidak membiasakan mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi putih agar Anda memiliki tubuh yang lebih sehat agar penyakit tidak mudah menghampiri.

5. Contoh Teks Persuasi Singkat Tema Keluarga

Contoh Teks Persuasi dengan Tema Keluarga

Pengenalan isu:

Keluarga adalah salah satu hal terpenting dalam hidup kita. Mereka selalu ada untuk memberikan dukungan dan kasih sayang pada saat kita membutuhkannya.

Rangkaian argument:

Namun, seringkali kita lupa untuk memberikan perhatian dan memperkuat ikatan dengan keluarga kita. Saat kita terlena dengan kesenangan bersama teman-teman, kadang kita jadi mengesampingkan keluarga. Padahal, di saat kita berada di titik paling rendah dalam hidup, keluargalah yang pertama kali akan ada untuk kita. Mungkin hal ini tidak dialami oleh semua orang, tapi, idealnya seperti itu.

Pernyataan ajakan:

Mari kita mulai memperkuat ikatan keluarga dengan meluangkan waktu bersama mereka setiap hari. Buatlah tradisi baru seperti makan malam bersama setiap minggu atau berlibur bersama setiap tahun. Jangan lupa untuk selalu menunjukkan rasa sayang dan perhatian pada setiap anggota keluarga.

Penegasan kembali:

Dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini, kita dapat memperkuat ikatan keluarga dan membuat mereka merasa dicintai dan diterima. Ini akan membantu membangun rasa kebahagiaan dan kedamaian dalam diri setiap anggota keluarga. Jangan ragu untuk memulai sekarang juga!

6. Contoh Teks Persuasi Iklan

Contoh Teks Persuasi Iklan Susu

Pengenalan isu:

Susu merupakan salah satu minuman yang memiliki berbagai kandungan baik bagi tubuh. Kandungan kalsium dan protein yang terdapat pada susu memberikan manfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Rangkaian argumen:

Agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh, sebaiknya susu dikonsumsi dua gelas sehari Rutinitas mengkonsumsi susu dapat dilakukan pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Pernyataan ajakan:

Susu Milky Moo merupakan produk susu terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang tetap terjaga pada Susu Milky Moo membuat tubuh anda tetap sehat dan kuat.

Penegasan kembali:

Ayo, sehatkan tubuh anda dan keluarga dengan Susu Milky Moo.

7. Contoh Teks Persuasi tentang Kesehatan

Berikut ini contoh teks persuasi kesehatan yang bisa jadi referensi menarik.

Pengenalan isu:

Menjaga kesehatan gigi adalah suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya, kita menyikat gigi sebelum tidur.

Rangkaian argumen:

Selain menyikat gigi dengan rutin, hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan pasta gigi putih yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia.

Pernyataan ajakan:

Dengan pasta gigi ini, kita akan merasa lebih aman karena tidak ada efek samping yang negatif. Bahan alami yang digunakan untuk bahan pembuatan pasta gigi ini adalah daun mint yang dicampurkan dengan susu. Kedua bahan tersebut mampu membuat gigi Anda tampak bersih, putih, dan sehat.

Penegasan kembali:

Ayo, rawat gigimu dengan menyikat gigi secara teratur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan alami agar gigi Anda terlihat bersih dan sehat.

8. Contoh Teks Persuasi Politik

contoh contoh teks persuasi politik

Ilustrasi gambar contoh teks persuasi politik

9. Contoh Teks Persuasi Iklan

contoh teks persuasi iklan

Ilustrasi contoh teks persuasi iklan

10. Contoh Teks Persuasi Kesehatan Singkat

contoh teks persuasi kesehatan

Ilustrasi contoh teks persuasi kesehatan

***

Itulah contoh teks persuasi beserta strukturnya berbagai tema.

Dapatkan berita dan tips terbaru seputar properti lewat artikel.rumah123.com.

Ikuti pula laman Google News Rumah123 agar tak ketinggalan berbagai informasi up to date.

Lagi cari rumah? Gak usah bingung, kunjungi laman www.rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu!


Tag: ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA