OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

12 Contoh Teks MC Singkat untuk Berbagai Acara

27 Nopember 2023 · 12 min read Author: Kartika Ratnasari

CONTOH TEKS MC SINGKAT

Sedang mencari contoh teks MC singkat untuk berbagai acara? Berikut ini contoh lengkap dengan strukturnya!

Pembawa acara (MC) adalah orang yang memimpin jalannya acara agar berlangsung dengan baik.

MC memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi kepada para hadirin, mengatur waktu acara, dan memastikan acara berjalan sesuai dengan rencana.

Bagi kamu yang ingin menjadi MC, penting untuk memahami struktur teks MC dan cara menyesuaikannya dengan jenis acara yang berbeda-beda.

Artikel ini akan memberikan contoh teks MC singkat untuk berbagai acara, mulai dari acara formal hingga acara informal.

Struktur Teks MC

Secara umum, teks MC terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Pembuka

Bagian pembuka berisi salam pembuka, ucapan selamat datang, dan pengenalan acara.

  • Isi

Bagian isi berisi rangkaian acara yang akan berlangsung. MC harus menyampaikan informasi kepada para hadirin tentang acara yang sedang berlangsung, misalnya siapa yang sedang berbicara, apa yang sedang dilakukan, atau apa yang akan dilakukan selanjutnya.

  • Penutup

Bagian penutup berisi ucapan terima kasih kepada para hadirin, salam penutup, dan doa.

Contoh Teks MC Singkat

1. Contoh Teks MC Singkat Pengajian

Pembuka

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka pengajian rutin kita.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang kami hormati,

Marilah kita bersama-sama mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Salah satu nikmat besar yang patut kita syukuri adalah kesempatan untuk menuntut ilmu agama.

Pengajian rutin ini merupakan salah satu sarana kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Melalui pengajian ini, kita dapat belajar tentang Islam secara mendalam dan komprehensif.

Oleh karena itu, kami mengajak kepada seluruh hadirin untuk mengikuti pengajian ini dengan penuh perhatian dan kesungguhan. Semoga ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat bagi kita di dunia dan akhirat.

Isi

Acara pengajian rutin kita pada hari ini akan diisi oleh Bapak/Ibu [nama penceramah], yang akan menyampaikan ceramah tentang [tema ceramah].

Sebelum memulai acara inti, terlebih dahulu marilah kita bersama-sama membaca ummul Qur’an yang akan dipimpin oleh Bapak/Ibu [nama qari].

[Membaca ummul Qur’an]

Baiklah, sekarang mari kita persilahkan Bapak/Ibu [nama penceramah] untuk menyampaikan ceramahnya.

[Ceramah]

Terima kasih kepada Bapak/Ibu [nama penceramah] atas ceramah yang telah disampaikan. Semoga ilmu yang kita dapatkan dapat bermanfaat bagi kita di dunia dan akhirat.

Penutup

Hadirin yang kami hormati,

Demikianlah rangkaian acara pengajian rutin kita pada hari ini. Sebelum mengakhiri acara, kami ingin menyampaikan beberapa hal:

  1. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan selama acara berlangsung.

  2. Kami mengajak kepada seluruh hadirin untuk senantiasa menjaga tali silaturahmi dan memperbanyak amal sholeh.

  3. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita di jalan yang diridhai-Nya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Teks MC Singkat Non Formal

Pembuka

Selamat malam, semuanya!

Salam sejahtera bagi kita semua.

Apa kabar semuanya? Semoga malam ini kita semua dalam keadaan sehat wal afiat.

Perkenalkan, saya [nama MC], yang akan menjadi pembawa acara pada malam hari ini.

Pada malam hari ini, kita akan berkumpul bersama untuk merayakan [nama acara].

Isi

Sebelum memulai acara inti, terlebih dahulu marilah kita bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

[Lagu Indonesia Raya]

Selanjutnya, marilah kita dengarkan sambutan dari Bapak/Ibu [nama ketua panitia].

[Sambutan ketua panitia]

Terima kasih kepada Bapak/Ibu [nama ketua panitia] atas sambutannya.

Setelah ini, kita akan memasuki acara inti, yaitu [nama acara inti].

[Acara inti]

Penutup

Demikianlah rangkaian acara [nama acara] pada malam hari ini.

Terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir dan berpartisipasi dalam acara ini.

Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kita semua.

Sampai jumpa di acara kita selanjutnya.

Salam!

3. Contoh Teks MC Singkat Perpisahan Sekolah

Pembuka

Assalamu’alaikum wr. wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, karena hanya atas rahmat dan izin-Nya semata kita dapat berkumpul bersama di sini dalam rangka perpisahan siswa-siswi kelas XII SMA [nama sekolah].

Hadirin yang kami hormati,

Pada hari ini, kita akan melepas siswa-siswi kelas XII SMA [nama sekolah] yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya selama tiga tahun.

Sebelum memulai acara inti, terlebih dahulu marilah kita bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya.

[Lagu Indonesia Raya]

Selanjutnya, marilah kita dengarkan sambutan dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah SMA [nama sekolah].

[Sambutan kepala sekolah]

Terima kasih kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah atas sambutannya.

Isi

Selanjutnya, marilah kita dengarkan sambutan dari perwakilan siswa-siswi kelas XII.

[Sambutan perwakilan siswa]

Terima kasih kepada perwakilan siswa-siswi kelas XII atas sambutannya.

Setelah ini, kita akan memasuki acara inti, yaitu [nama acara inti].

[Acara inti]

Penutup

Demikianlah rangkaian acara perpisahan siswa-siswi kelas XII SMA [nama sekolah] pada hari ini.

Terima kasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir dan berpartisipasi dalam acara ini.

Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kita semua.

Semoga siswa-siswi kelas XII SMA [nama sekolah] dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan menjadi orang yang sukses di masa depan.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

4. Contoh Teks MC Singkat Formal

“Ladies and gentlemen, selamat [pagi/siang/sore/malam] dan selamat datang di acara [sebutkan jenis acara]. Saya [nama Anda], akan menjadi pembawa acara pada kesempatan yang istimewa ini.

Sebelum kita memulai, izinkan saya menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada [sebutkan pihak-pihak yang terlibat, sponsor, atau kontributor penting] yang telah membantu mewujudkan acara ini. Dukungan mereka telah menjadi kunci kesuksesan hari ini.

Kami telah menyusun rangkaian acara yang penuh semangat dan beragam kegiatan [sebutkan beberapa kegiatan]. Saya mengajak semua hadirin untuk turut serta, berpartisipasi, dan merasakan setiap momen yang kami sajikan.

Seiring berjalannya acara ini, mari kita kenang pesan penting [sebutkan tema atau pesan utama acara]. Semoga hari ini memberikan inspirasi, koneksi, dan pengalaman berarti bagi kita semua.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai acara [sebutkan jenis acara]. Terima kasih, dan mari kita jadikan [pagi/siang/sore/malam] ini istimewa!”

5. Contoh Teks MC Singkat Ulang Tahun

“Selamat pagi/ siang/ sore/ malam, para hadirin yang saya cintai! Wooohoo! Sungguh hari yang cerah dan penuh kebahagiaan karena kita semua berkumpul di sini untuk merayakan ulang tahun yang sangat istimewa! Saya [Nama Anda], akan menjadi MC kece kita hari ini.

Ayo, tunjukkan senyuman termanis dan berikan tepuk tangan meriah untuk si ulang tahun kecil kita yang sedang berulang tahun hari ini! Mari kita rayakan bersama [Nama Anak] yang genap satu tahun lebih tua hari ini!

Momen ini penuh kegembiraan dan keceriaan. Tapi sebelum kita memulai petualangan seru hari ini, mari kita ucapkan terima kasih kepada semua orang tua, sahabat, dan keluarga yang telah hadir di sini untuk berbagi kebahagiaan bersama kita.

Dengan tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai petualangan seru di hari spesial ini! Bersiaplah untuk tawa, sorak, dan hadiah-hadiah yang menyenangkan. Selamat merayakan ulang tahun, [Nama Anak]! Semoga hari ini penuh kebahagiaan dan keceriaan. Let the party begin!”

6. Contoh Teks MC Singkat Padat dan Jelas 

Selamat [pagi/siang/sore/malam] warga RT [Nomor RT] yang tercinta! Saya [Nama Anda], akan menjadi MC kita hari ini. Mari kita mulai acara RT kita dengan semangat dan keceriaan.

Pertama-tama, mari sambut dengan hangat para Ketua RT dan RW yang hadir, serta seluruh warga RT [Nomor RT]. Kita berkumpul di sini untuk berbagi informasi penting dan menjalin kebersamaan.

Agenda kita hari ini melibatkan beberapa poin penting. Pertama, laporan keuangan RT kita. Kedua, pengumuman kegiatan-kegiatan mendatang. Dan ketiga, kita akan membahas aspirasi dan saran dari warga. Mari kita jalankan acara ini dengan tertib dan efisien.

Tanpa banyak kata, mari kita masuk ke agenda pertama. Selamat berpartisipasi dan mari kita bersama-sama menciptakan RT yang lebih baik!

7. Contoh Teks MC Singkat Wisuda

Selamat pagi/ sore/ malam, para hadirin yang terhormat! Selamat datang di acara wisuda [Nama Universitas/Sekolah] angkatan [Tahun]. Saya [Nama Anda], akan menjadi pembawa acara pada momen spesial ini.

Hari ini, kita berkumpul di sini untuk merayakan keberhasilan para lulusan. Mereka telah melewati perjalanan panjang, penuh perjuangan, dan kini saatnya untuk memetik hasil dari segala jerih payah mereka.

Mari kita mulai acara ini dengan doa, sebagai ungkapan rasa syukur atas kesuksesan yang telah dicapai. Saya mengundang [Nama Pembimbing Rohani] untuk memberikan doa pembuka.

[Doa pembuka]

Terima kasih, [Nama Pembimbing Rohani].

Selanjutnya, mari kita dengarkan sambutan dari pimpinan [Nama Universitas/Sekolah]. Saya mempersilakan [Nama Pimpinan] untuk memberikan sambutannya.

[Sambutan Pimpinan]

Terima kasih, [Nama Pimpinan]. Selanjutnya, kita akan mendengarkan pidato perwakilan lulusan. Saya mempersilakan [Nama Perwakilan Lulusan] untuk menyampaikan pidato.

[Pidato Perwakilan Lulusan]

Terima kasih, [Nama Perwakilan Lulusan].

Sekarang, saat yang paling dinanti-nanti, prosesi penyematan tanda kelulusan. Saya mengundang [Nama Dekan/Fakultas] untuk membantu penyematan tanda kelulusan kepada para wisudawan.

[Prosesi penyematan tanda kelulusan]

Selamat kepada seluruh wisudawan yang telah resmi mendapatkan gelar mereka! Semoga keberhasilan ini menjadi awal dari perjalanan karier yang gemilang.

Acara wisuda hari ini akan dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan dan penghargaan. Jadi, mari kita nikmati setiap momen yang penuh makna ini. Terima kasih.

8. Contoh Teks MC Singkat Pernikahan 

Selamat pagi/ siang/ malam, keluarga dan sahabat yang terkasih! Salam sejahtera bagi kita semua. Kita berkumpul di sini dalam suka cita dan kebahagiaan, karena pada hari ini, kita akan menjadi saksi dari ikatan suci antara [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita].

Sebelum kita memulai, marilah kita membuka acara ini dengan doa, sebagai ungkapan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan kepada kita. Saya mengundang [Nama Pendeta/Ulama] untuk memberikan doa pembuka.

[Doa pembuka]

Terima kasih, [Nama Pendeta/Ulama].

Selanjutnya, kita akan mendengarkan sambutan dari kedua belah pihak keluarga. Pertama, saya mempersilakan [Nama Ayah Pengantin Pria] untuk memberikan sambutan.

[Sambutan Ayah Pengantin Pria]

Terima kasih, [Nama Ayah Pengantin Pria].

Selanjutnya, saya mempersilakan [Nama Ayah Pengantin Wanita] untuk memberikan sambutan.

[Sambutan Ayah Pengantin Wanita]

Terima kasih, [Nama Ayah Pengantin Wanita].

Kini saat yang kita tunggu-tunggu, mari kita saksikan prosesi kedua mempelai memasuki pelaminan. Saya mengundang [Nama Pengiring] untuk membantu mereka menuju pelaminan.

[Prosesi masuk mempelai]

Momen ini sangat istimewa karena kita akan menyaksikan momen pertukaran janji suci di antara [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita]. Saya mengundang [Nama Pembaca Janji] untuk membacakan janji mereka.

[Pertukaran Janji]

Dengan ini, mereka berdua telah secara resmi menjadi suami dan istri. Mari kita ucapkan selamat dan memberikan aplaus yang meriah!

Sebelum kita lanjutkan dengan acara pesta resepsi, mari kita dengarkan sambutan pengantin. Pertama, [Nama Pengantin Pria] akan memberikan sambutan.

[Sambutan Pengantin Pria]

Terima kasih, [Nama Pengantin Pria].

Selanjutnya, [Nama Pengantin Wanita] akan memberikan sambutan.

[Sambutan Pengantin Wanita]

Terima kasih, [Nama Pengantin Wanita].

Sekarang, mari kita sambut pasangan baru ini dengan hangat di resepsi pernikahan mereka. Selamat menikmati acara ini, dan semoga kebahagiaan senantiasa menyertai [Nama Pengantin Pria] dan [Nama Pengantin Wanita]. Terima kasih.

9. Contoh Teks MC Singkat Acara Natal

Selamat malam, saudara-saudara sekalian! Marilah kita bersatu dalam suka cita dan kebahagiaan, karena pada malam Natal yang penuh berkat ini, kita berkumpul untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus, sang Juruselamat. Saya [Nama MC] akan menjadi tuan rumah acara malam ini.

Sebelum kita memulai acara, mari kita buka dengan doa. Saya mengundang [Nama Pendeta/Pemimpin Ibadah] untuk memberikan doa pembuka.

[Doa pembuka]

Terima kasih, [Nama Pendeta/Pemimpin Ibadah].

Kita akan memulai acara Natal kita malam ini dengan pembacaan Alkitab, membawa kita kepada makna sejati dari Natal. Saya mengundang [Nama Pembaca Alkitab] untuk membacakan Firman Tuhan.

[Pembacaan Alkitab]

Berikutnya, mari kita sambut tim paduan suara kita yang akan menghibur kita dengan lagu-lagu Natal yang penuh makna. Saya mengundang [Nama Penyanyi/Pemimpin Paduan Suara] untuk memimpin.

[Pertunjukan paduan suara]

Terima kasih, [Nama Penyanyi/Pemimpin Paduan Suara].

Kini saat yang dinanti-nantikan, yaitu pementasan drama Natal yang akan mengajak kita merenungkan kisah kelahiran Yesus. Mari kita saksikan bersama.

[Pertunjukan drama Natal]

Luar biasa! Terima kasih kepada para pemeran dan kru atas pertunjukan yang mengharukan.

Sebelum kita melanjutkan acara, mari kita nikmati bersama hidangan malam Natal yang telah disiapkan. Selamat menikmati hidangan, dan berbagi kebahagiaan dengan sesama. Setelah itu, kita akan melanjutkan dengan berbagai kegiatan menarik.

Terima kasih atas partisipasi dan semangat Natal yang luar biasa. Mari kita lanjutkan perayaan ini dengan sukacita dan kebersamaan. Selamat Natal!

10. Contoh Teks MC Singkat Acara Imlek

Selamat pagi/siang/sore/malam, saudara-saudara sekalian! Marilah kita berkumpul dengan penuh sukacita dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek yang penuh harapan. Saya [Nama MC] akan menjadi tuan rumah acara ini.

Sebelum kita memulai, ijinkan saya mengucapkan Gong Xi Fa Cai kepada semua yang merayakan. Semoga Tahun Baru Imlek ini membawa keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan bagi kita semua.

Kita akan memulai acara ini dengan membuka doa. Saya mengundang [Nama Pendeta atau Pemuka Agama] untuk memberikan doa pembuka.

[Doa pembuka]

Terima kasih, [Nama Pendeta/Pemuka Agama].

Selanjutnya, mari kita sambut dengan meriah pertunjukan tarian naga yang membawa keberuntungan. Saya mengundang [Nama Grup Tarian Naga] untuk memulai pertunjukan mereka.

[Pertunjukan tarian naga]

Terima kasih kepada [Nama Grup Tarian Naga] atas penampilan yang memukau!

Selanjutnya, kita akan mendengarkan sambutan dari [Nama Pemimpin Komunitas/Undangan Khusus] yang akan memberikan pesan dan harapan menyambut Tahun Baru Imlek.

[Sambutan dari Pemimpin Komunitas/Undangan Khusus]

Terima kasih, [Nama Pemimpin Komunitas/Undangan Khusus].

Kini saatnya kita semua menikmati hidangan lezat yang telah disediakan. Selamat menikmati makan malam dan berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan teman-teman.

Setelah makan malam, kita akan melanjutkan dengan berbagai kegiatan seru dan hiburan yang telah disiapkan. Mari kita bersama-sama menjalani momen kebersamaan yang penuh keceriaan.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda semua. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek yang penuh kebahagiaan! Gong Xi Fa Cai!

11. Contoh Teks MC Singkat Seminar

CONTOH TEKS MC SINGKAT SEMINAR

12. Contoh Teks MC Singkat Acara 17-an

CONTOH TEKS MC SINGKAT ACARA 17-AN

***

Semoga informasi di atas bermanfaat, Property People.

Temukan ulasan menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Pastikan kamu sudah mengikuti Google News dari Rumah123 agar tidak ketinggalan banyak informasi terbaru.

Grahawangi City View merupakan hunian nyaman dengan lokasi strategis di daerah Bandung.

Klik Rumah123.com untuk informasi lebih lanjut karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!



Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya