OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan Beserta Strukturnya. Lengkap!

31 Juli 2023 · 10 min read Author: Gadis Saktika

contoh teks eksposisi tentang pendidikan

sumber: shutterstock.com

Sedang mencari contoh teks eksposisi tentang pendidikan? Yuk, cari tahu informasinya pada artikel ini!

Teks eksposisi merupakan salah satu jenis teks nonfiksi yang berisi informasi atau paparan mengenai suatu maksud dan tujuan.

Teks ini tidak ditulis secara asal-asalan, tetapi disusun berdasarkan fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Kemudian, eksposisi juga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai media digital, surat kabar, majalah, dan sejenisnya.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut Rumah123.com hadirkan informasi contoh teks eksposisi tentang pendidikan untukmu.

7 Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan

menulis

sumber: istockphoto.com

Teks Eksposisi tentang Pendidikan

Pentingnya Etika Akademik

Bagian Tesis

Bidang akademik tidak hanya mengutamakan prestasi atau capaian di bidang pendidikan. Namun, etika akademik juga harus dijunjung tinggi di dalam semua kegiatan pendidikan.

Etika akademik harus dimiliki oleh setiap insan yang terlibat di bidang pendidikan. Etika pendidikan yang baik dapat membuat insan pendidikan memiliki karakter positif di mata orang lain.

Bagian Argumentasi

Etika akademik perlu dimiliki oleh semua insan yang terlibat di dunia pendidikan. Etika akademik yang baik menggambarkan karakter kepribadian yang baik pula.

Salah satu contoh etika pendidikan yang baik adalah memiliki sikap jujur. Sikap jujur tentunya mencegah mahasiswa dan dosen melakukan tindakan plagiarisme atau mencontek karya orang lain.

Tindakan tersebut dapat mencerminkan nilai pendidikan yang menjunjung tinggi kejujuran. Etika atau perilaku seperti ini tentunya akan membuat insan pendidikan lebih dihargai oleh siapa pun.

Selain itu, etika pendidikan yang baik juga dapat dibuktikan dengan sikap profesional dalam proses pembelajaran.

Misalnya, penggunaan fasilitas pendidikan untuk keperluan studi, menjalin hubungan kinerja baik dengan rekan sesama akademisi, dan lain sebagainya.

Bagian Penegasan Ulang

Etika pendidikan sangat penting dimiliki oleh insan pendidikan, termasuk mahasiswa dan dosen.

Etika pendidikan dapat tercermin dari sikap jujur, tanggung jawab dalam menggunakan fasilitas pendidikan, menjalin kinerja baik dengan insan pendidikan lainnya, dan tindakan positif lainnya.

Tumbuhnya sikap atau etika pendidikan yang baik tentu saja akan memberikan dampak positif dalam kegiatan akademik yang berlangsung.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Manfaat Penggunaan Internet untuk Pendidikan

Bagian Tesis

Internet membawa gaya hidup baru bagi manusia. Orang harus bisa menggunakan internet dalam kesehariannya. Dalam bidang pendidikan, internet juga membawa dampak besar.

Ada banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan dari internet baik oleh siswa maupun guru di bidang pendidikan.

Bagian Argumentasi

Pertama, siswa bisa menggunakan internet untuk mencari materi tentang mata pelajaran yang mereka pelajari di sekolah. Mereka juga bisa mencari banyak informasi secara mandiri sehingga siswa bisa belajar sendiri di rumah secara online.

Internet juga menawarkan banyak media pembelajaran gratis supaya siswa bisa tetap belajar kapan pun dan di mana pun.

Kedua, pendidikan daring memberikan siswa kenyamanan untuk menyelesaikan tugas sesuai jadwal dan mendapatkan pembelajaran jarak jauh.

Hal ini akan sangat dirasakan oleh siswa yang sering bepergian jauh dan tetap bisa mengikuti kelas baik di kedai kopi, di kamar hotel maupun di rumah.

Internet membuat siswa mendapatkan pengetahuan lebih mudah dan menghemat uang juga waktu mereka.

Ketiga, internet juga bisa memberikan energi terhadap proses pembelajaran. Biasanya siswa akan lebih semangat dalam belajar kalau gurunya memberikan media yang menyenangkan bagi mereka.

Hal tersebut membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diberikan karena pada saat itu mereka merasa senang mengikuti kelas.

Bagian Penegasan Ulang

Kesimpulannya, internet tentu sangat berguna untuk pendidikan. Siswa bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Dari sekian banyak manfaatnya, kita bisa ambil kesimpulan bahwa internet dapat membuat pendidikan menjadi lebih baik.

Teks Eksposisi Pendidikan

Penekanan pada Pendidikan Karakter sebagai Landasan Utama dalam Sistem Pendidikan

Bagian Tesis

Pendidikan merupakan tonggak penting dalam pembentukan karakter dan potensi individu. Namun, dalam era modern yang serba cepat dan kompleks, terkadang perhatian terhadap pendidikan karakter terpinggirkan. Oleh karena itu, perlu ditekankan bahwa pendidikan karakter harus menjadi landasan utama dalam sistem pendidikan untuk mencetak generasi yang berintegritas dan berdaya saing.

Bagian Argumentasi

Pertama-tama, pendidikan karakter adalah kunci dalam membentuk pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Selain penguasaan pengetahuan akademik, anak-anak harus diajarkan nilai-nilai etika, moral, dan kejujuran. Dengan memahami pentingnya nilai-nilai tersebut, siswa akan belajar untuk menjadi individu yang jujur, disiplin, dan menghargai orang lain. Ini akan membantu mengurangi perilaku negatif seperti kekerasan, bullying, dan kecurangan di kalangan pelajar.

Selain itu, pendidikan karakter juga berperan penting dalam membangun kepemimpinan yang beretika. Seorang pemimpin yang baik bukan hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki kepribadian yang kuat dan bertanggung jawab. Dengan fokus pada pendidikan karakter, kita dapat menciptakan pemimpin masa depan yang dapat memberikan inspirasi positif dan memimpin dengan teladan yang baik.

Pendidikan karakter juga mendorong pengembangan empati dan rasa empati terhadap orang lain. Siswa diajarkan untuk memahami perasaan dan pengalaman orang lain, sehingga mereka dapat menjadi individu yang peduli dan peka terhadap masalah sosial di sekitarnya. Kemampuan ini akan menjadi bekal berharga bagi siswa dalam berinteraksi dengan masyarakat yang beragam dan multikultural.

Bagian Penegasan Ulang

Dalam upaya mencetak generasi yang berintegritas dan berdaya saing, pendidikan karakter harus menjadi landasan utama dalam sistem pendidikan. Melalui pendidikan karakter, siswa akan belajar untuk menjadi pribadi yang baik, memiliki kepemimpinan yang beretika, dan memiliki empati terhadap orang lain. Dengan demikian, pendidikan karakter tidak hanya memberikan dampak positif pada individu, tetapi juga pada masyarakat secara keseluruhan. Sebagai pendidik dan orang tua, kita harus bersama-sama berkomitmen untuk memberikan perhatian yang lebih dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum pendidikan, sehingga generasi mendatang dapat tumbuh menjadi manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan

Sistem Pendidikan Indonesia

Bagian Tesis

Selama ini ternyata terdapat sesuatu yang salah dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Berbagai mata pelajaran dengan waktu belajar tertentu tidak cukup efektif untuk para siswa.

Banyak siswa yang merasa bosan karena menghabiskan banyak waktu di dalam kelas. Mereka bosan karena selama 6 hingga 8 jam hanya membaca buku dan mengerjakan tugas di sekolah.

Padahal sebenarnya waktu paling efektif untuk belajar adalah selama 1 jam. Ketika lebih dari satu jam, otak sebenarnya tidak dapat menangkap pembelajaran dengan optimal.

Bagian Argumentasi

Aturan belajar selama kurang lebih 6 hingga 8 jam sama dengan aturan jam kerja buruh.

Tidak heran jika ada ilmuwan yang berpendapat bahwa manusia merupakan produk sekolah yang akan menjadi buruh.

Padahal waktu efektif untuk belajar sebenarnya hanya 1 jam atau lebih optimalnya lagi di 20 menit pertama awal pembelajaran dimulai.

Pada kenyataannya, sekolah-sekolah di negara berkembang termasuk Indonesia memang mampu mencetak orang yang mampu bekerja secara fisik.

Namun, kecerdasan intelektual siswa sebenarnya terbatas karena mengikuti sistem pendidikan seperti itu.

Tidak ada kesempatan lebih leluasa untuk mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan intelektual.

Sistem pendidikan seperti ini jauh berbeda dengan sistem pendidikan di negara-negara maju. Sistem pendidikan di negara maju bahkan hanya memiliki jam pelajaran selama 3 hingga 4 jam saja.

Bagian Penegasan Ulang

Sistem pendidikan yang ada di Indonesia saat ini membutuhkan perbaikan. Indonesia seharusnya bisa mencontoh pendidikan di negara-negara maju agar sistem pendidikan lebih baik lagi.

Mengubah sistem pendidikan memang tidak mudah, tetapi Indonesia masih memiliki waktu yang cukup panjang untuk mengubahnya mulai sekarang.

Teks Eksposisi tentang Pendidikan

Pendidikan Karakter di Masa Remaja

Bagian Tesis

Masa remaja merupakan salah satu masa yang sangat penting bagi seorang anak. Pendidikan karakter di masa remaja harus dilakukan dengan tepat agar remaja bisa memiliki sikap positif.

Pendidikan karakter di masa remaja juga harus dilakukan agar para remaja bisa tumbuh menjadi generasi yang berprestasi dengan percaya diri dan memiliki sikap kepedulian yang tinggi.

Bagian Argumentasi

Masa remaja sering kali dianggap sebagai masa yang sulit karena banyak remaja yang mulai kebingungan mencari jati diri.

Jika tidak diarahkan dengan baik, maka remaja akan mudah terpengaruh pada hal-hal negatif. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat penting didapatkan oleh para remaja.

Pendidikan karakter yang tepat di usia remaja dapat membuat para remaja tumbuh dengan banyak prestasi. Selain itu, mereka juga bisa memiliki karakter positif dengan tingkat kepedulian tinggi.

Remaja yang mendapatkan pendidikan karakter dengan tepat juga mampu memahami dengan baik nilai toleransi dan nilai-nilai kemanusiaan lainnya.

Keinginan untuk terus berkembang atau berprestasi dan sikap atau karakter positif di usia remaja akan memiliki dampak positif bagi masa depan mereka kelak.

Mereka akan mampu bersaing dan mengikuti perkembangan zaman dengan tindakan yang tepat. Ide-ide yang mereka ciptakan juga bisa membawa kemajuan bagi lingkungan sekitar.

Bagian Penegasan Ulang

Nilai-nilai positif yang dimiliki remaja dari pendidikan karakter akan membuat mereka menjadi cerdas dan memiliki sikap baik.

Mereka pun akan mampu tumbuh dan berkembang mengikuti kemajuan zaman dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Contoh Teks Eksposisi tentang Pendidikan

menulis

sumber: shutterstock.com

Pendidikan Dapat Mengubah Dunia

Bagian Tesis

Pendidikan bisa diibaratkan senjata yang ampuh guna mengubah dunia karena pendidikan adalah sarana yang berguna bagi kita untuk mempelajari banyak hal yang bermanfaat.

Bagian Argumentasi

Tingkat pendidikan di Indonesia termasuk cukup baik. Pemerintah telah mengeluarkan banyak dana demi pembangunan pendidikan, seperti pembangunan gedung dan layanan sekolah gratis.

Hal ini harus didukung oleh peserta didik yang mempunyai keinginan untuk belajar dan meraih prestasi sehingga semangat belajar akan terbentuk dan mereka akan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara, mengingat pendidikan makin mudah untuk diakses pada zaman sekarang.

Bagian Penegasan Ulang

Ketika fasilitas, sarana prasarana, dan peserta didik berperan aktif bersama-sama maka kemungkinan besar pendidikan Indonesia akan makin diakui oleh dunia.

Tidak menutup kemungkinan juga hal tersebut akan membawa banyak investor asing sehingga bisa meningkatkan perekonomian bangsa.

Sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompetensi juga akan membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Bagian Tesis

Saat ini sistem pendidikan Indonesia mengalami suatu perubahan signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan diubah dengan kurikulum 2013. Meski, tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Bagian Argumentasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini.

Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim, wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, berpendapat bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, dan karakter.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta, mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.

Bagian Penegasan Ulang

Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai mendadak dan cenderung dipaksakan.

Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Walau mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan makin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.

***

Semoga ulasannya bermanfaat, ya.

Yuk, simak bacaan menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga Google News Rumah123.com untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru.

Ya, dapatkan informasi seputar properti dan kemudahan mencari hunian hanya di Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA