OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Contoh Penutup Makalah, Jurnal dan Laporan yang Baik dan Benar

09 Agustus 2023 · 4 min read Author: Christantio Utama

contoh penutup makalah

Inilah ulasan lengkap mengenai contoh penutup makalah, jurnal dan laporan yang baik dan benar. Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Dalam sebuah karya tulis seperti makalah, jurnal atau laporan.

Terdapat bagian penutup yang menyimpulkan suatu permasalahan yang dibahas dalam karya tersebut.

Bagian ini sangat penting agar pembaca mendapatkan informasi baru mengenai sebuah topik tulisan.

Tidak semua orang bisa membuat penutup makalah, jurnal dan laporan secara baik.

Sebab, ada berbagai faktor yang harus kamu ketahui dan pahami.

Namun, jangan khawatir!

Lantaran Rumah123.com akan membahasnya secara lengkap.

Yuk, langsung saja kita simak contoh penutup makalah, jurnal hingga laporan yang baik dan benar berikut ini, melansir berbagai sumber.

5 Contoh Penutup Makalah, Jurnal dan Laporan Lengkap

1. Contoh Penutup Makalah Kesehatan

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan topik masalah sebelumnya, maka kami membuat kesimpulan sebagai berikut:

Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kesehatan mencakup fisik dan psikis.

Adapun kesehatan dipengaruhi oleh pola hidup yang baik, mencakup pola makan dan pola tidur.

Kesehatan harus dirawat setiap hari dengan konsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Saran

Kami memiliki saran bagi para pembaca, agar selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat. Jika Anda memiliki kesibukan yang padat, maka mulailah dengan hal kecil tetapi rutin dilakukan. Contohnya dengan minum air putih, makan buah dan sayur, dan olahraga ringan setiap pagi.

2. Contoh Penutup Makalah Singkat

Contoh penutup makalah singkat

Sumber: Slideshare.net

3. Contoh Penutup Skripsi

Kesimpulan 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan skripsi yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa determinan dan dampak pernikahan usia muda yang ada di Desa Sukamaju, adalah sebagai berikut:

1) Banyaknya pernikahan usia muda yang terjadi di Desa Sukamaju disebabkan karena adanya 4 determinan, yakni ekonomi, pendidikan, budaya, dan pergaulan remaja.

2) Pernikahan usia muda di Desa Sukamaju menimbulkan dampak positif dan dampak negatif.

3) Determinan yang paling mempengaruhi pernikahan usia muda di Desa Sukamaju adalah determinan pergaulan remaja, hal ini dikarenakan pergaulan remaja di Desa Sukamaju telah terpengaruh oleh pergaulan bebas yang ada di perkotaan tanpa diimbangi dengan pendidikan yang tinggi.

4. Contoh Penutup Jurnal

PENUTUP

KESIMPULAN 

E-Teknologi didefinisikan sebagai internet dan teknologi yang terkait, seperti digital dan web based televisi (Eysenbach, 2000). Sebagai teknologi informasi terus tumbuh dan konsumen semakin meningkat dalam menggunakan teknologi. Hal ini jelas bahwa penggunaan teknologi menyajikan berbagai manfaat., namun kelemahan dari teknologi tersebut juga tidak diabaikan.

Berkembangnya teknologi telekomunikasi berpengaruh pada peningkatan pelayanan kesehatan mental khususnya pada pelayanan jarak jauh yang dikenal dengan telepsychiatry.

Depresi merupakan salah satu gangguan mental yang diteliti pada jurnal ini, di mana kondisi tersebut membutuhkan perawatan jangka panjang, hal ini seringkali terabaikan oleh keluarga dalam pemantauan kesehatan klien.

Sehingga angka kekambuhan pada klien gangguan jiwa sangat tinggi. Penggunaan e-teknologi merupakan solusi yang ditawarkan pada jurnal ini sehingga keluarga tidak perlu ke dokter atau konsultan untuk bertemu muka memantau klien, melalui teknologi e-mental klien dan keluarga dapat melakukan komunikasi, konsultasi, pemantauan obat dan terapi hanya menggunakan media internet online.

Program tersebut sudah mencakup aspek kerahasiaan, kesepakatan antara staf dengan klien.

Penggunaan telepsychiatry sangat membantu klien dan keluarga sehingga klien tidak perlu dirawat di rumah sakit jiwa melainkan berkumpul dengan keluarga, hal ini keluarga menjadi support system bagi klien dalam mencapai kemandirian.

Teknologi ini dapat digunakan di Indonesia karena pada saat ini perkembangan teknologi internet sedang merambah pesat khususnya di keperawatan jiwa.

Untuk mewujudkan ha lini perlu persiapan, baik perangkat keras dan lunak antara lain sistem e-teknologi yang akan digunakan sebagai software, sumber daya manusia melalui pelatihan dan sosialisasi pelayanan pada konsumen.

SARAN 

1) Bagi Pelayanan Kesehatan

Dengan semakin majunya teknologi di bidang kesehatan diharapkan Rumah sakit khususnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui E-teknologi salah satunya di bidang psychiatry melalui Telepsychiatry.

2) Bagi Mahasiswa

Meningkatkan ide untuk mengembangkan teknologi sistem informasi manajemen keperawatan sebagai bukti nyata mahasiswa mengaplikasikan teori ke dalam bentuk praktik.

5. Contoh Penutup Laporan

Contoh penutup makalah laporan

Sumber: penerbitbukudeepublish.com

Nah, itulah 5 contoh penutup makalah, jurnal hingga laporan yang baik dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Griya Bintaro Estate New Blok BC Tangerang Selatan.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA