OK

Contoh Pendahuluan Makalah, Laporan, dan Proposal Serta Strukturnya Secara Lengkap

14/07/2022 by Christantio Utama

contoh pendahuluan makalah

Inilah contoh pendahuluan makalah, laporan dan proposal yang dilengkapi dengan strukturnya. Yuk, simak seperti apa ulasannya di artikel ini.

Dalam membuat makalah, laporan ataupun proposal, umumnya terdapat struktur yang harus kita buat sesuai dengan kaidahnya.

Salah satu struktur yang wajib ada adalah pendahuluan.

Bagian pendahuluan sendiri secara garis besar berisi mengenai latar belakang masalah yang akan dibahas dalam sebuah makalah, laporan atau proposal.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui secara benar dan lengkap mengenai contoh pendahuluan makalah, laporan hingga proposal.

Yuk, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini. Situs properti Rumah123.com merangkum dari berbagai sumber.

Struktur Pendahuluan

Contoh pendahluan proposal lengkap

Ada tiga bagian yang membentuk sebuah pendahuluan pada makalah, laporan dan proposal.

Berikut ini adalah daftarnya:

1) Latar belakang masalah

2) Tujuan penelitian

3) Rumusan masalah

Contoh Pendahuluan

1. Contoh Pendahuluan Makalah

1.1 Latar Belakang

COVID-19 merupakan virus yang yang menyerang sistem pernapasan, memberi dampak buruk bagi kesehatan yang disertai dengan gejala yang ringan maupun yang berat, Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) adalah gejala berat yang ditimbulkan.

Virus ini menular melalui kontak fisik, memakai barang secara bergantian dengan pasien yang positif Covid-19, tidak memakai masker pada saat berbicara dengan penderita COVID-19, dan lain sebagainya. Virus ini merupakan penyakit yang tidak diprediksi akan terjadi sebelumnya.

Tanda-tanda dan gejala COVID-19 yang tergolong berat terjadinya sindrom pernapasan akut, menyebabkan pneumonia, gagal ginjal, dan yang paling fatal berakibat kematian, sedangkan gejala ringannya demam, bersin, sakit pada tenggorokan dan lain sebagainya.

31 Desember 2019, WHO China Country Office mengabarkan penemuan kasus pneumonia yang etiologinya tidak diketahui. 30 Januari 2020 WHO menetapkan Public Health Emergency of International Concern (Riani, 2020)

Tanpa waktu yang lama, virus corona menggerogoti Bumi Pertiwi, dari kota hingga ke daerah-daerah. Pemerintah segera mengambil tindakan dengan kebijakan-kebijakan yang baru yang berdampak ke berbagai aspek kehidupan bertujuan untuk menangani situasi ini. 

Pada 30 Maret 2021 tercatat kasus yang terkonfirmasi COVID lebih landai dibanding dengan pasien yang sembuh.

Kasus positif bertambah 4.682 dijumlahkan dengan kasus sebelumnya menjadi 1.505.775 orang, sedangkan kasus sembuh bertambah 5.877, diakumulasikan dengan kasus sembuh sebelumnya menjadi 1.342.695 orang. (Walket, 2021)

Maka atas permasalahan tersebut penulis membuat karya tulis yang berjudul “BERBAGI PENGALAMAN DALAM AKSI SOLIDARITAS COVID 19 DAN RENCANA AKSI RECOVERY COVID 19”

Sumber: beasiswa.pertaminafoundation.org

2. Contoh Pendahuluan Laporan

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Immersion deaths adalah suatu keadaan di mana korban tiba-tiba meninggal setelah tenggelam dalam air dingin akibat refleks vagal. 

Dalam hal ini, air dingin dapat didefinisikan sebagai air pada suhu kurang dari 150 Celsius. 

Perendaman dalam air dingin merupakan salah satu penyebab tekanan terbesar yang dapat melukai tubuh dan penyebab kematian tersering kedua yang paling umum dibanyak negara didunia. 

Selain itu, immersion deaths merupakan hidden killer di mana lebih dari 3.000 kematian akibat immersion deaths terjadi hampir di seluruh dunia tanpa disadari.

WHO menyatakan bahwa 0,7% penyebab kematian di dunia atau lebih dari 500.000 kematian setiap tahunnya disebabkan oleh tenggelam. 

WHO juga mencatat pada tahun 2004 di seluruh dunia terdapat 388.000 orang meninggal karena tenggelam dan menempati urutan ketiga kematian di dunia akibat cedera tidak disengaja. 

Angka kejadian di RS Bhayangkara Palembang pada tahun 2017 didapatkan bahwa sebanyak 10 orang dari 107 mayat meninggal akibat tenggelam.

Dari hasil visum yang didapatkan pada mayat dengan immersion deaths di RS Bhayangkara Palembang tahun 2017 ditemukan tangan kaku seperti menggenggam (cadavric spasme), kulit telapak tangan dan kaki keriput (washer woman hand), serta ujung-ujung jari yang kebiruan. 

Sedangkan pada pemeriksaan dalam didapatkan pancaran buih halus putih mengisi trachea dan cabang-cabangnya, tampak benda asing pada trachea secara makroskopik, edema dan kongesti paru-paru yang sangat hebat. 

Pada kasus immersion deaths juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan diatom dan pemeriksaan elektrolit.

Dalam makalah ini, akan dibahas lebih dalam lagi mengenai hal yang berhubungan dengan immersion deaths seperti yang telah dipaparkan diatas. 

Hal inilah yang melatarbelakangi penulis dalam pembuatan tugas referat yang berjudul “immersion deaths”.

1.2 Permasalahan

1. Apa definisi dari immersion deaths?

2. Bagaimana pembagian dari immersion deaths?

3. Apa temuan pemeriksaan luar pada immersion deaths?

4. Apa temuan pemeriksaan dalam pada immersion deaths?

5. Bagaimana perbedaan air tawar dan air laut pada immersion deaths?

1.3 Maksud dan Tujuan

Penulisan referat yang berjudul “immersion deaths” ini diharapkan dapat menambah pengetahuan pembaca tentang hal-hal yang berhubungan dengan immersion deaths.

3. Contoh Pendahuluan Proposal

Contoh pendahluan proposal

Sumber: eprints.ums.ac.id

Contoh pendahluan proposal yang benar

Sumber: eprints.ums.ac.id

Nah, itulah contoh pendahuluan makalah, laporan dan proposal yang penting kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Griya Bintaro Estate New Blok BC Tangerang Selatan.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Christantio Utama

Christantio Utama

Milenial yang terus belajar tentang dunia Properti dan Keuangan.
Karena memiliki rumah adalah impian dan mencari uang adalah kewajiban.
Pecinta olahraga Badminton dan penonton setia kartun Digimon.