coronasomnia

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan coronasomnia, gangguan tidur pada sejumlah orang, sebenarnya apa pemicu dan juga bagaimana mengatasinya.

Peningkatan jumlah kasus orang terpapar virus Covid-19 dalam beberapa minggu belakang ini, ternyata membuat beberapa orang tidak sehat secara mental.

Bagaimana tidak, orang mendapatkan banyak sekali informasi dan berita tentang gelombang kedua dari virus corona ini hampir setiap hari.

Tidak hanya itu, banyaknya kasus kematian pun membuat siapa pun yang mendengarnya akan meras panik atau juga cemas.

Terlebih lagi, kini banyak sekali orang terdekat, kenalan, kerabat, atau bahkan keluarga sendiri yang mengalaminya seperti terdeteksi positif atau meninggal.

Paparan berita buruk yang terus menerus seperti ini tentu saja akan menyerang kesehatan mental siapa pun, tidak terkecuali kamu.

Bakan kini muncul gangguan bernama coronasomnia, apakah itu dan apa gejalanya, berikut penjelasannya secara tuntas.

Apa Itu Coronasomnia?

Coronasomnia adalah gangguan tidur yang dialami oleh seseorang, ternyata hal ini juga termasuk dalam  kesehatan mental.

Seperti yang dilansir dari situs Kompas.com, coronasomnia adalah dampak dari ketidakpastian dan rentetan informasi yang kita peroleh.

Hal ini dikemukakan oleh Ilene Rosen, seorang dokter pengobatan tidur dan professor kedoteran klinis di Perelman School of Medicine di Universitas of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Coronasomnia ini sangat berdampak pada penurunan produktivitas seseorang, peningkatan risiko hipertensi, depresi hingga masalah kesehatan lainnya.

Selama pandemi ini, orang yang mengalami insomnia meningkat, masalah tidur ini banyak terjadi pada kelompok ibu-ibu, pekerja esensial, dan kelompok minoritas.

Hal yang Menyebabkan Coronasomnia

Pandemi Covid-19 yang sudah terjadi awal 2020 ini, tentunya membuat rutinitas dan lingkungan kita sehari-hari ikut terganggu.

Hal ini pun membuat seseorang sulit untuk mengatur ritme sirkandian alias "jam tubuh" kita bekerja seperti waktu normal.

Terlebih lagi kini banyak sekali pekerja yang WFH atau work from home alias bekerja dari rumah saja, mereka harus menyesuaikan kebiasaan baru.

Saat kamu berada di rumah saja, mungkin membuat tubuh kurang olahraga atau melakukan sedikit kegiatan di luar rumah seperti biasanya.

Bahkan, banyak orang cenderung kurang terkena sinar matahari, kedua hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kualitas tidur kamu, hal itulah yang menjadi penyebab coronasomnia.

Cara mengatasinya Coronasomnia

Kamu hanya perlu mempertahankan rutinitas harian yang biasa kamu lakukan, saat waktunya kerja ya gunakan untuk kerja, sebaliknya saat waktu istirahat.

Jika kualitas tidur memang baik, tentunya kamu akan tetap merasa baik, hal yang terpenting memang menjaga kualitas tidur ya.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai update pandemi Covid-19.

Saatnya kamu melirik Gateway Park of LRT City sebagai pilihan tempat tinggal atau investasi properti terbaik di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Bagikan:
313 kali