OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Contoh Essay tentang Diri Sendiri dan Cara Membuatnya. Penuh Inspirasi!

24 Januari 2024 · 4 min read Author: Maskah Alghofar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

essay tentang diri sendiri

Contoh essay tentang diri sendiri | shutterstock

Menulis essay merupakan kemampuan yang penting bagi mahasiswa untuk mengerjakan tugas dan menuangkan ide cemerlangnya. Berikut contoh essay tentang diri sendiri yang menginspirasi dan bisa jadi referensi tugas mahasiswa.

Essay merupakan salah satu bentuk tulisan yang banyak ditemukan dalam sebuah karya ilmiah.

Biasanya, essay menjadi sebuah tugas atau bahan kompetisi bagi para siswa, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Essay menjadi wadah untuk menuangkan ide-ide cemerlang yang ada dalam pikiran.

Oleh karena itu, ada banyak tema essay yang bisa diangkat menjadi sebuah tulisan, salah satunya tentang diri sendiri.

Membuat essay tentang diri sendiri tentu bukan hal yang mudah karena kamu perlu memiliki kemampuan untuk refleksi diri yang kuat.

Berikut contoh essay tentang diri sendiri yang bisa jadi inspirasi.

Contoh Essay tentang Diri Sendiri

Contoh Essay tentang Diri Sendiri

Contoh Essay tentang Diri Sendiri

Nama lengkap saya Syahrizal Nur Arfani, saya biasanya dipanggil Syah atau Rizal. Saya lahir di Blitar pada tanggal 3 Maret 1997. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Saat ini Saya merupakan Mahasiswa dan memiliki seorang adik perempuan yang saat ini sudah menjadi siswa SMA.

Nama ayah saya adalah Saiful Mubin dan ibu saya adalah Suminah. Pekerjaan ayah saya adalah seorang pedagang sedangkan ibu adalah seorang PNS. Meskipun ayah saya hanyalah seorang pedagang kecil, keluarga kami termasuk dalam keluarga dalam ekonomi sedang kebawah, tidak kaya juga tidak miskin.

Alamat asli saya ada di Desa Togogan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Tempat tinggal saya termasuk daerah yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Sejak kecil saya dikenal sebagai anak yang cerdas. Mulai dari SD hingga SMA saya selalu masuk 10 besar terbaik.

Meskipun mereka menilai saya seperti itu, namun saya sama sekali tidak merasa bahwa diri saya pintar. Lebih tepatnya saya mengupayakan diri agar bisa seperti itu dan klaim tersebut tidak berpengaruh apa-apa pada diri saya.

Setelah lulus dari SMA saya berkeinginan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Setelah beberapa test masuk perguruan tinggi saya lalui, akhirnya Tuhan menakdirkan diri saya untuk berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

Fakultas Teknologi Kelautan

Alasan mengapa saya memilih konsentrasi keilmuan Teknologi Kelautan adalah karena sebelumnya saya melihat sosok kakak sepupu saya yang sukses dalam bidang itu dan juga saya melihat pentingnya kita sebagai bangsa indonesia untuk peduli pada bidang maritim. Tidak dipungkiri Indonesia sendiri adalah negara kepulauan terbesar ke 3 di dunia dimana 70 persen wilayahnya adalah lautan.

Di sela-sela kesibukan kuliah, saya juga aktif di beberapa organisasi kemahasiswaan diantaranya ialah himpunan mahasiswa Departemen Teknik Transportasi Laut dan UKM Film. Alasan saya menjadi anggota fungsionaris himpunan adalah agar saya dapat bermanfaat dan membantu teman teman di departemen saya dalam mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Sedangkan saya masuk ukm film karena saya senang dalam menonton film dan ingin mengetahui bagaimana membuat film yang baik. Masing-masing dari komunitas tersebut memberikan warna dan pengalaman tersendiri bagi saya pribadi.

Setelah lulus dari jenjang perguruan tinggi nanti, saya berharap segera mendapatkan pekerjaan. Tentunya pekerjaan yang sesuai dengan bidang saya karena saya ingin mengembangkan transportasi laut di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Alasan saya ingin segera mendapat pekerjaan adalah untuk membantu meringankan beban orang tua dan hidup mandiri. Demikian sedikit cerita hidup saya, banyak cerita yang sebenarnya saya singkat. Semoga terdapat cerita yang menghibur dan dapat diambil hikmahnya.

Cara Membuat Essay tentang Diri Sendiri

Essay tentang diri sendiri adalah sebuah tulisan yang menggambarkan diri penulisnya dari sudut pandang pribadi.

Tulisan ini dapat mencakup berbagai aspek kehidupan penulis, seperti latar belakang, pengalaman, nilai-nilai, dan tujuan.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk membuat esai tentang diri sendiri:

1. Pilih Topik yang Menarik dan Relevan

Topik esai tentang diri sendiri bisa bermacam-macam, seperti:

  • Pengalaman hidup yang paling berkesan
  • Nilai-nilai yang dipegang teguh
  • Tujuan atau impian yang ingin dicapai
  • Hal-hal yang membuat diri menjadi unik

2. Lakukan Riset dan Refleksi Diri

Sebelum mulai menulis, lakukan riset untuk mengumpulkan informasi tentang diri sendiri.

Refleksi diri juga penting untuk membantu penulis memahami dirinya secara lebih mendalam.

3. Buatlah Draf Awal

Setelah memiliki gambaran yang jelas tentang topik dan konten esai, mulailah menulis draf awal.

Jangan takut untuk menuliskan apa pun yang ada di pikiran kamu, karena draf awal dapat diperbaiki dan disempurnakan di kemudian hari.

4. Lakukan Revisi dan Penyuntingan

Setelah menulis draf awal, lakukan revisi dan penyuntingan untuk memastikan esai memiliki struktur yang baik, tata bahasa yang benar, dan gaya penulisan yang sesuai.

***

Itulah ulasan seputar contoh essay tentang diri sendiri dan cara membuatnya yang bisa jadi referensi tugas mahasiswa.

Baca juga berita menarik lainnya seputar rumah, gaya hidup, dan rekomendasi produk di artikel.rumah123.com.

Kunjungi juga Google News kami untuk mendapatkan informasi terkini lainnya.

Kalau kamu punya pertanyaan seputar properti, jangan ragu untuk Ngobrolin Properti langsung di Teras123, ya!

Buka lembaran baru dan wujudkan hunian impian kamu karena Rumah123 akan selalu #AdaBuatKamu.

**Referensi:

  • pdfcoffee

Tag: , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA