OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

11 Contoh Latar Belakang Laporan PKL untuk SMK dan Mahasiswa Berbagai Jurusan

03 Mei 2024 · 9 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

latar belakang pkl

Latar belakang PKL merupakan salah satu bagian yang mesti diperhatikan saat membuat laporan praktik kerja lapangan. Masih bingung bagaimana cara menyusunnya? Lihat contohnya yang baik dan benar, yuk!

Menurut buku Pedoman Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) oleh Mukhlis Rohmadi, Nurul Septiana, dkk., PKL adalah latihan kerja yang bertujuan untuk mengaplikasikan mata pelajaran yang ditempuh di suatu lembaga pendidikan, perusahaan industri, atau badan yang hasil akhir dari kegiatan PKL tersebut diolah dalam bentuk laporan dan diseminasi sederhana.

Kegiatan PKL dilaksanakan oleh para siswa SMK atau mahasiswa di lingkungan perusahaan atau suatu instansi selama tiga bulan sampai enam bulan.

Berdasarkan buku Kiat Sukses Melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Masa Pandemi Covid-19 yang disusun Amelia Haryanti, PKL menjadi salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian.

Nah, setelah mengikuti kegiatan PKL tersebut, siswa diwajibkan membuat laporan PKL.

Lantas, apa itu laporan PKL?

Melansir buku Perencanaan, Pelaksanaan, Penulisan Laporan Pemagangan oleh Rosa Nikmatul, laporan PKL adalah hasil akhir dari proses kegiatan yang dituangkan dalam bentuk tertulis.

Cara membuat laporan PKL terdiri dari beberapa bab termasuk kata pengantar laporan PKL, bab pendahuluan, hingga latar belakang PKL.

Dalam buku Cerdas Menulis Karya Ilmiah oleh Suyono, Rizka Amaliah, Dewi Ariani, dkk., latar belakang adalah uraian yang objektif dan disertai alasan teoritis atau konseptual.

Secara umum, isi latar belakang berisi urgensi masalah yang dibahas, alasan mengapa suatu masalah perlu dibahas, dan penegasan kepada pembaca bahwa masalah yang dipilih perlu dibahas lebih lanjut.

Kalau masih bingung bagaimana cara membuatnya, berikut adalah contoh laporan PKL untuk latar belakang mengutip buku Laporan PKL yang disusun Andhika Prasetyo dan sumber lainnya.

11 Contoh Latar Belakang PKL

 

1. Contoh Laporan PKL Informatika

A. Latar Belakang

Website bukanlah istilah yang baru lagi, sebagai salah satu sarana yang mempermudah masuknya informasi dan pengaksesan dapat dilakukan di mana saja membuat teknologi ini banyak diterapkan di berbagai perusahaan agar dapat memperkenalkan perusahaannya dengan lebih maksimal. Selain digunakan sebagai sarana penyebaran informasi, website juga dapat digunakan untuk memanagemen informasi dari suatu perusahaan agar data tidak hanya disimpan dalam bentuk hardcopy. Penggunaan sistem ini dapat memberikan efektivitas dalam pencarian informasi sebab pencarian tidak perlu dilakukan secara manual, namun sudah teratur dalam sistem.

Selagi perusahaan lain menggunakan website sebagai media managamen informasi dan promosi, NusantaralFX masih menggunakan sistem promosi manual serta managemen informasi yang dilakukan masih secara manual menyebabkan kurang efektif dan efisien dalam bekerja seperti yang dibutuhkan pada saat ini. Untuk itu diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat memanagemen member dari NusantaraIFX agar mereka dapat menerima informasi terkait signal trading dan juga informasi keuangan mereka.

Azata Tech adalah software house di mana penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapangan yang merupakan perusahaan berfokus pada teknologi informasi. Saat ini, Azata Tech diminta untuk membuat sistem informasi oleh NusantaralFX yang nantinya dapat digunakan untuk memanagemen member, mengatur keuangan, memberikan informasi signal trading, memberikan informasi seputar trading, serta sebagai media promosi bagi perusahaan NusantaralFX. NusantaralFX ini bergerak sebagai IB (Introducing Broker) atau perwakilan resmi dari instaforex di Indonesia.

Sistem ini dibuat dengan menggunakan framework laravel. Hal ini dipilih karena menyesuaikan perkembangan teknologi yang ada saat ini. Framework laravel menggunakan arsitektur MVC dan dokumentasi yang lengkap memudahkan penulis dalam membuat sistem ini. Penggunaan framework laravel dirasa cukup untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

2. Latar Belakang PKL SMK Jurusan Bisnis dan Manajemen

Latar Belakang

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Berhasil tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung kepada keahlian pengusaha di bidang pemasaran, produksi, keuangan maupun bidang lain. Selain itu tergantung pula pada kemampuan pengusaha untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar usaha perusahaan dapat berjalan lancar.

Untuk menciptakan suatu layanan penyedia jasa ekspedisi dalam pengiriman yang cepat sesuai kebutuhan konsumen saat ini. Menyatakan bahwa jika jasa yang dialami di bawah jasa yang diharapakan, konsumen tidak akan berminat terhadap penyedia jasa tersebut (Kotler dan Keller,2012:382).

Tetapi, jika jasa yang dialami memenuhi harapannya, maka konsumen akan menggunakan penyedia jasa tersebut. Oleh karena itu untuk menarik konsumen melakukan pembelian produk/jasa maka perusahaan harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Salah satu teknik pemasaran ialah Bauran Pemasaran (marketing mix).

Pengertian Bauran Pemasaran (marketing mix) menurut Lupiyoadi (2001:58) adalah tool atau alat bagi pemasar yang terdiri dari berbagai elemen suatu program pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar implentasi strategi pemasaran dan positioning yang ditetapkan dapat berjalan sukses. Agar berhasil dalam kondisi saat ini, diperlukan strategi pemasaran berorientasi pasar yang dapat mengantisipasi seluruh keinginan konsumen dan memperkuat keunggulan bersaing.

Secara umum peningkatan volume penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal perusahaan (hal-hal yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, misalnya mutu produk, kemasan, harga, dan lain-lain) dan faktor eksternal perusahaan (hal-hal yang berada di luar jangkauan perusahaan, misalnya, globalisasi, teknologi, selera, situasi politik, dan lain-lain).

Inti utama dari kegiatan pemasaran yang dikenal luas adalah Bauran Pemasaran (marketing mix) menurut Zeithml dan Bitner yang dikutip oleh Hurriyati (2008;49). Konsep Bauran Pemasaran tradisional (traditional marketing mix) terdiri dari 4P yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), place (tempat atau lokasi).

Sementara itu, untuk pemasaran jasa perlu Bauran Pemasaran yang diperluas (expanded marketing for services) dengan penambahan unsur nontraditional marketing mix, yaitu people (orang), process (proses) dan physical evidance (bukti fisik) sehingga menjadi tujuh unsur (7P). Variabel tersebut merupakan kombinasi yang mempunyai peran yang sama dan merupakan satu kesatuan guna menunjang sukses perusahaan.

Bauran Pemasaran (product, price, place, promotion people, physical evidence, process) dapat digunakan oleh perusahaan yang bersangkutan untuk menyusun strategi dasar perusahaan yang dapat menjadi acuan bagi penyusunan strategi pemasaran yang efektif. Pada pelaksanaannya alat pemasaran (marketing mix) tersebut dilakukan secara berbeda-beda dan unik, tetapi tujuan akhir dari marketing mix tersebut adalah meningkatkan penjualan dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dan menghasilkan laba.

Walaupun laba bukan satu-satunya tujuan perusahaan didirikan, tetapi ia tidak boleh diabaikan begitu saja, sebab kelangsungan hidup perusahaan ditentukan seberapa besar sumbangan yang mampu diberikan dalam bentuk laba atas investasi-investasi yang dilakukan pada suatu kegiatan usaha tertentu.

Dalam hal ini, Platinium Logistic sebagai perusahaan ekspedisi (perusahaan jasa kurir) terkemuka di Indonesia, beroperasi sejak 2002 di Jawa Timur, di tengah persaingan beberapa perushaan ekspedisi lain (TIKI dan JNE) sebagai jasa courier service (ekspedisi) Platinium Logistic telah melakukan berbagai inovasi dalam segala bentuk pelayanan maupun dalam hal perluasan market dan jaringan untuk bersaing dengan kompetitor dan pemuasan pelayanan terhadap konsumen.

Sebagai jasa courier service (ekspedisi) Platinium Logistic memberikan suatu terobosan pemasaran dengan memakai Bauran Pemasaran 7P yang ada 3 (product, price, place, promotion, people, physical evidence, process) dengan menawarkan orang umum untuk bekerjasama membuka retail Platinium Logistic tanpa biaya regristrasi karena dengan banyaknya retail yang dibuka itu akan memudahkan pelanggan untuk menjangkau outlet-outlet yang dimiliki oleh Platinium Logistic.

Secara otomatis hal ini akan menjadi sebuah pemasaran yang baik karena pasar akan banyak mengenali Platinium Logistic karena retail yang tersebar di banyak tempat. Belum lagi di tambah dengan harga yang bersaing dengan pesaing yang ada di dunia usaha pengiriman barang.

Sumber: repository.unair.ac.id

3. Latar Belakang Laporan PKL Perkantoran

Latar Belakang

Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan diharapkan dapat mencetak lulusan-lulusan penerus generasi bangsa yang sanggup menguasai ilmu pengetahuan secara teoritis, praktis, dan aplikatif. Untuk menciptakan tenaga kerja yang unggul dan memiliki kemampuan serta keahlian yang mumpuni, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Jakarta berusaha membentuk dan melatih lulusan-lulusan yang ada untuk siap terjun ke dunia kerja.

Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu kegiatan akademik yang berfokus pada kemampuan untuk mengembangkan dan menempa ilmu yang telah dipelajari selama menjalani perkuliahan dalam praktiknya. Kegiatan ini dapat menambah pengalaman mahasiswa khususnya di Prodi S1 Manajemen Universitas Negeri Jakarta dan memberikan wawasan mendalam terkait dunia kerja sebelum lulus dari bangku perkuliahan kelak.

Zaman semakin berkembang dari waktu ke waktu, terutama dengan semakin canggihnya teknologi yang ada, persaingan dalam dunia kerja juga menjadi lebih ketat karena individu-individu telah memiliki skill mumpuni dan beragam yang dibutuhkan sebagai bekal untuk menghadapi persaingan tersebut. Untuk mengantisipasi persaingan yang ada, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dituntut mempersiapkan diri dengan menimba pengalaman melalui kegiatan PKL agar tidak hanya matang dari segi teori, akan tetapi juga siap dalam praktiknya.

Sumber: repository.fe.unj.ac.id

4. Contoh Latar Belakang Laporan PKL di Sekolah

latar belakang pkl latar belakang pkl latar belakang pkl latar belakang pkl

Sumber: repository.uksw.edu

5. Contoh Latar Belakang PKL Jurusan Teknologi Pertanian

Latar Belakang

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan di dunia kerja yang berlangsung di suatu perusahaan. Praktik Kerja Lapangan juga dapat diartikan sebagai aplikasi penyelenggaraan pendidikan profesional dari perguruan tinggi yang memadukan antara program pendidikan dengan program keahlian yang diperoleh secara langsung melalui dunia kerja sehingga hasil yang didapatkan terarah dan dapat mencapai tingkat keahlian profesional tertentu.

Praktik Kerja Lapang (PKL) sendiri harus ditempuh oleh mahasiswa ahli madya (Amd) pada Jurusan Teknologi Pertanian, Prodi Keteknikan Pertanian, Politeknik Negeri Jember sebagai syarat kelulusan sesuai jadwal yang diberikan dari perguruan tertinggi.

Bidang kajian yang mencangkup dari (PKL) salah satunya yaitu mesin dan alat pertanian (Alsintan). Di dalam dunia pertanian, mesin dan alat pertanian sangat dibutuhkan untuk membantu mempermudah para petani dalam melakukan pekerjaannya. Masalah yang sering dihadapi petani yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang digunakan sehingga dapat menghambat hasil produktivitas. Maka diperlukan mesin dan alat pertanian sebagai solusi untuk dapat meningkatkan hasil produksi baik digunakan dari prapanen sampai pascapanen berlangsung sehingga dapat menghasilkan kualitas yang baik. Selain menggunakan mesin dan alat pertanian petani diharapkan melakukan perawatan (maintance) secara berkala untuk memperpanjang umur mesin dan alat sehingga mengurangai biaya yang digunakan.

Kegiatan PKL yang dilaksanakan mahasiswa diharapkan mampu memberikan pengalaman dan menguasai secara langsung serta membuat laporan dalam pembuatan dan perawatan mesin dan alat pertanian dengan waktu dua bulan pelaksanaan. Mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan PKL tepat waktu dengan bidang yang ditekuninya, salah satunya dalam bidang mesin dan alat pertanian (Alsintan). Salah satu perusahaan yang memproduksi mesin dan alat pertanian yaitu CV. UDIN JAYA yang dinaungi Koperasi Waru Buana Putra tereletak dijalan Ngingas Utara No.11 Kecamatan Waru, Sidoarjo.

Sumber: sipora.polije.ac.id

6. Latar Belakang PKL SMK Akuntansi

latar belakang pkl latar belakang pkl smk latar belakang pkl smk

Sumber: pa-sungguminasa.go.id

7. Latar Belakang PKL SMK TKJ

latar belakang laporan pkl contoh latar belakang laporan pkl

Sumber: rsetiawan.com

8. Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan Jurusan Pendidikan

contoh latar belakang pkl

Sumber: repository.teknokrat.ac.id

9. Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan SMK Jurusan Pariwisata

latar belakang pkl

latar belakang pkl

Sumber: smkyapparindo.sch.id

10. Contoh Latar Belakang PKL Perhotelan

Sumber: repository.unair.ac.id

Download latar belakang PKL perhoten tersebut di sini!

11. Contoh Latar Belakang PKL SMK Farmasi

Sumber: eprints.umg.ac.id

Unduh contoh latar belakang PKL farmasi di sini.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Dapatkan ulasan lainnya seputar topik pendidikan hanya di artikel.rumah123.com.

Tak lupa, follow  Google News rumah123.com supaya tak ketinggalan berita seputar properti.

Yuk, kunjungi Rumah123 dan temukan proyek perumahan menarik karena #SemuaAdaDisini.

**gambar cover: buku Laporan PKL/Andhika Prasetyo


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA