OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Ceramah tentang Maulid Nabi Singkat 2023

22 September 2023 · 11 min read Author: Maskah Alghofar

contoh teks ceramah maulid nabi

Sumber: Artikel.rumah123.com

Berikut ini beberapa contoh teks ceramah tentang maulid Nabi beserta dalilnya yang bisa dijadikan pelajaran. Yuk, simak selengkapnya.

Pada 12 Rabiul Awal, seluruh umat Islam di dunia akan memperingati maulid Nabi Muhammad saw.

Maulid nabi merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad saw. ke dunia.

Selain sebagai bentuk syukur, peringatan maulid nabi ini menjadi bentuk cinta dan kerinduan umat muslim kepada Nabi Muhammad saw.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan umat muslim saat maulid tersebut tiba.

Misalnya saja, membaca selawat dan melakukan pengajian dengan membaca doa-doa.

Sampai dengan membacakan contoh teks ceramah tentang Maulid Nabi ini, sebagai bentuk syukur dan mempelajari suri tauladan beliau.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari teks ceramah tentang maulid Nabi untuk dibawakan saat peringatan tersebut, jangan khawatir.

Berikut ini sejumlah contoh teks ceramah tentang maulid Nabi Muhammad saw. yang bisa jadi referensi.

Rekomendasi Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi Singkat 2023

Berikut ini sejumlah contoh ceramah tentang Maulid Nabi singkat.

1. Contoh Ceramah tentang Maulid Nabi Singkat Beserta Dalilnya

Assalamu’alaikum wr.wb

Pertama-tama marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat bertemu di tempat yang berbahagia ini dalam rangka Memperingati Maulid Nabi Muhammad saw.

Hadirin yang dimuliakan Allah. Bulan Rabiul Awwal adalah bulan yang sangat bersejarah dalam kehidupan manusia, karena pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun Gajah, telah dilahirkan seorang pemimpin umat manusia yang merupakan rahmat bagi alam semesta.

Beliau adalah junjungan kita yakni Nabi Besar Muhammad saw. Melalui beliau Allah Swt. menunjukan manusia menuju alam yang penuh dengan cahaya keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

Oleh sebab itu di bulan Rabiul Awwal ini marilah kita jadikan sebagai sarana dan media untuk mengumpulkan kaum muslimin di masjid-masjid, majelis ta’lim dan tempat-tempat lainnya dengan tujuan menanamkan rasa cinta kepada Rasulullah saw.

Allah telah mensejajarkan dan menempatkan secara bersama-sama antara ketaatan kita kepada-Nya dan kepada Rasul-Nya.

Sedangkan Nabi SAW, lebih utama dari kita, sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Ahzab ayat 6:

النَّبِيُّ أَوْلَىٰ بِالْمُؤْمِنِينَ مِنْ أَنفُسِهِمْ

Artinya: “Nabi itu lebih utama bagi orang-orang mukminin dari diri mereka sendiri.” (Q.S Al-Ahzab: 6)

Karena itu, kita harus cepat-cepat menyatakan loyal kepada Rasulullah Saw. dan mencintainya, melebihi besarnya cinta kepada diri kita sendiri.

Beliaulah yang memberikan petunjuk kepada kita akan kebenaran, sementara kita selalu cenderung untuk mengikuti hawa nafsu, sedangkan hawa nafsu itu selalu mengajak kita kepada kejahatan.

Dengan demikian, sudah menjadi keharusan bagi kita untuk mendahulukan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya di dalam hati, lebih dari siapa atau apa yang dicintai.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Ceramah Tentang Maulid Nabi Muhammad saw.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Amma ba’du

Pertama-tama, marilah senantiasa kita mempersembahkan puji dan syukur kita kehadirat Allah Swt., karena atas nikmat dan karuniaNya jua, pada malam ini kita dapat hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad saw., 12 Rabiul Awal 1432 H.

Sungguh merupakan suatu kebahagiaan bagi saya, bisa hadir dan memberikan sambutan pada acara ini.

Hadirin yang berbahagia, bagi kita kaum muslimin, Nabi Muhammad saw. diyakini sebagai contoh dan teladan yang terbaik bagi umat manusia. Pada diri Beliau terpancar kecerdasan yang luar biasa, kepribadian yang agung, akhlak yang mulia, dan kepemimpinan yang tegas dan bijaksana.

Muhammad saw. adalah figur teladan yang mesti diidolakan oleh kita kaum muslimin. Setiap langkahnya selalu dibawah kontrol Ilahi. Tindakan dan ucapannya adalah mutiara berharga, menjadi landasan pembentukan akhlak umatnya dalam berbuat dan menjadi hukum yang ditaati.

Tiada seorangpun yang dapat meragukan keagungan peribadi Rasulullah saw. Kepribadian menjadi contoh teladan dalam segala hal. Rasulullah sebagai seorang suami yang teladan, sebagai ayah teladan, sebagai guru teladan, sebagai tokoh teladan, sebagai ahli strategi teladan, sebagai ahli ekonomi teladan, sebagai pejuang hak-hak asasi manusia teladan, dan sebagai kepala negara yang teladan.

Allah menyebutkan bahwa Dia adalah Rasul Allah, pilihan di antara banyak rasul sebelumnya. Bahkan, kehadiran Muhammad adalah rahmat bagi alam semesta, sebagaimana QS Al Anbiya’ [21] ayat 107.

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”.

Dengan demikian, keteladanan Muhammad saw. adalah sesuatu yang utama bagi setiap umat. Mudah-mudahan, dengan mengikuti keteladanan beliau, kita mampu mereformasi sistem dan tatanan yang ada, ke arah yang lebih baik dan tujuan yang mulia, yakni terciptanya negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafuur (makmur dan penuh ampunan Tuhan).

Demikianlah sambutan saya, dalam memperingati Maulid Nabi besar Muhammad saw. di Pesantren Nurul Falah ini. Mudah-mudahan, apa yang saya kemukakan tadi dapat menggugah kesadaran kita bersama, baik dalam kehidupan pribadi, rumah tangga ,bermasyarakat dan bernegara khususnya umat Islam terhadap ajaran-ajaran dan suri tauladan yang dicontohkan Nabi Muhammad saw.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

3. Contoh Ceramah tentang Maulid Nabi Muhammad saw.

Bagi kamu yang sedang mencari ceramah tentang maulid Nabi singkat berikut contohnya.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirabbil alamin, washolatu wasalamu ala asyrafil anbiya’ wal mursalin, wa’ala alihi washohbihi ajma’in. Amma ba’du

Bapak ibu guru yang mulia dan sahabat-sahabatku yang berbahagia,

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah nabi terakhir yang memiliki banyak keistimewaan. Satu di antara keistimewaan nabi Muhammad saw. adalah akhlak beliau yang sangat mulia.

Kemuliaan akhlak ini beliau ajarkan kepada para sahabat, keluarga, dan umat Islam di seluruh dunia sehingga kita harus berperilaku menjadi muslim yang baik agar kita membawa citra Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

Kemuliaan akhlak nabi Muhammad saw. mendapat apresiasi dan pujian dari allah SWT. dalam Alquran. Hal ini sebagaimana firman Allah di dalam Alquran sebagai berikut:

“Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas akhlak yang agung.” (QS. Al-Qalam 68:4)

Kemuliaan akhlak nabi Muhammad saw. nyata adanya. Dalam perjalanan dakwah, beliau mengalami banyak hinaan, cemoohan, dan penolakan dari umatnya yang membangkang. Namun, nyatanya, beliau selalu memaafkan mereka.

Melihat nabi Muhammad saw. yang mulia sering mendapat cemoohan dan hinaan dari kaumnya, Malaikat Jibril menawarkan bantuan untuk menghancurkan mereka hingga binasa.

Namun, dengan lemah lembut dan penuh kesabaran nabi Muhammad saw. menolak tawaran Jibril itu. Beliau mengatakan mereka hanya umat yang belum tahu. Hal ini menunjukkan kemuliaan dan keluasan hati nabi Muhammad saw. yang mulia yang mudah memaafkan orang lain.

Dari kisah ini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa manusia itu jadi mulia bukan karena harta yang mereka miliki, bukan karena jabatan yang mereka miliki, bukan pula karena rupa cantik atau ganteng, tetapi mereka mulia karena kemuliaan akhlak. Anak yang mulia, ibarat mata uang yang laku di mana pun.

Walaupun kamu tak punya harta, kamu tak punya jabatan, selama kamu beriman dan punya akhlak mulia, kamu akan dihargai orang di manapun kamu berada.

Bapak ibu guru, sahabat-sahabat yang berbahagia.

Inilah yang bisa saya sampaikan tentang kemuliaan akhlak baginda nabi Muhammad saw. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat khususnya untuk saya pribadi dan umumnya untuk pendengar sekalian.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Teks Contoh Ceramah tentang Maulid Nabi Muhammad saw.

Bagi kamu yang sedang mencari gambar terkait ceramah tentang maulid nabi Muhammad saw. berikut ini contoh yang bisa dipelajari.

Contoh Teks Ceramah Tentang Maulid Nabi

Sumber gambar Contoh Teks Ceramah Tentang Maulid Nabi : Rumah123.com

5. Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi

Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru SD Pelita Bangsa, dan yang saya banggakan siswa-siswi SD Pelita Bangsa serta tamu undangan yang berbahagia.

Pertama marilah kita panjatkan rasa syukur kita berkat rahmat dan kuasa Allah SWT, kita dapat berkumpul di sini dalam rangka peringatan Maulid Nabi 2023. Tak lupa shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada nabi akhir zaman, Muhammad SAW.

Seperti yang kita ketahui bahwa acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan agenda rutin yang digelar oleh sekolah kita, sebagai bentuk kepatuhan terhadap ajaran dan sunnah nabi besar kita. Tujuan dari penyelenggaraan acara ini tidak hanya untuk memperingati hari kelahiran junjungan kita Nabi Muhammad SAW, namun juga sebagai upaya agar anak-anak kami dapat meneladani akhlak beliau.

Anak-anak didik kita yang sedang menimba ilmu sangat membutuhkan suri tauladan seperti Nabi Muhammad demi terciptanya generasi yang tak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan dan wawasan, tapi juga memiliki akhlak yang baik dan berbudi pekerti luhur. Oleh karena itu, perayaan ini menjadi simbol bahwa pendidikan dini harus diberikan kepada anak-anak kita agar akhlak nabi selalu tertanam dalam kehidupan mereka sesuai dengan syariat Islam.

Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada salah kata, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi

Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan yang Maha Penyayang, yang telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul di sini hari ini untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad saw.

Maulid Nabi adalah saat yang istimewa dalam sejarah umat Islam, di mana kita merayakan kelahiran Rasulullah Muhammad SAW, manusia terhebat yang pernah ada. Hari ini, saya ingin berbicara tentang beberapa pelajaran penting yang bisa kita ambil dari hidup Rasulullah dan bagaimana kita dapat menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kepedulian Terhadap Sesama: Rasulullah diajarkan oleh Allah untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Beliau mengajarkan kita untuk peduli terhadap sesama, tidak hanya sesama muslim, tetapi kepada semua manusia. Kita dapat mengambil pelajaran ini dengan menjadi lebih peduli dan membantu mereka yang membutuhkan dalam masyarakat kita.

Keadilan: Rasulullah adalah teladan keadilan. Beliau memperlakukan semua orang dengan adil, tanpa memandang suku, warna kulit, atau status sosial. Kita dapat mengikuti jejaknya dengan menjaga keadilan dalam segala aspek kehidupan kita.

Ketekunan dalam Ibadah: Rasulullah sangat tekun dalam beribadah kepada Allah Swt. Kita bisa belajar dari beliau untuk meningkatkan kualitas ibadah kita, termasuk shalat, puasa, dan bacaan Al-Quran.

Kemurahan Hati: Beliau adalah orang yang sangat murah hati. Kita dapat meniru kemurahan hati beliau dengan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan, bahkan jika itu hanya senyum kepada seseorang.

Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan: Rasulullah sangat mendorong pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kita bisa menghormati beliau dengan mencari pengetahuan dan terus belajar sepanjang hidup kita.

Kesabaran: Rasulullah menghadapi banyak cobaan dan kesulitan dalam hidupnya, tetapi beliau tetap sabar dan tawakal kepada Allah. Kita bisa belajar untuk bersabar dalam menghadapi ujian-ujian hidup kita.

Kebajikan dalam Perilaku: Rasulullah memiliki akhlak yang mulia. Kita bisa mengikuti contohnya dengan berperilaku baik, jujur, dan menghormati orang lain.

Dalam merayakan Maulid Nabi, mari kita tidak hanya merayakan dengan perayaan fisik, tetapi juga dengan mengambil pelajaran dari kehidupan Rasulullah Muhammad saw. dan mencoba menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga Allah Swt. meridhai usaha kita untuk menjadi umat yang lebih baik dan meneruskan warisan kebaikan yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad saw.

Terima kasih, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi

Contoh Ceramah Singkat Tentang Maulid Nabi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan limpahan nikmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw.

Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw., beserta keluarga, sahabat, dan tabi’in-nya.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT,

Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. Peringatan ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta dan syukur kita kepada Allah SWT, atas diutusnya Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Nabi Muhammad Saw. adalah seorang manusia yang sempurna akhlaknya. Beliau adalah teladan terbaik bagi kita semua, dalam segala aspek kehidupan. Beliau adalah seorang pemimpin yang adil dan bijaksana, seorang suami dan ayah yang penyayang, seorang sahabat yang setia, dan seorang hamba Allah yang taat.

Oleh karena itu, sudah selayaknya kita sebagai umat Islam untuk memperingati Maulid Nabi Saw. dengan penuh suka cita. Kita juga harus berusaha untuk meneladani akhlak dan perilaku beliau dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meneladani akhlak dan perilaku Nabi Muhammad Saw.:

  • Selalu beriman kepada Allah Swt dan menjalankan perintah-Nya.
  • Menjaga shalat lima waktu.
  • Berpuasa di bulan Ramadhan.
  • Menunaikan zakat dan haji bagi yang mampu.
  • Berbuat baik kepada sesama manusia.
  • Bersikap jujur dan amanah.
  • Tawadhu atau rendah hati.
  • Memaafkan orang lain.
  • Bersabar dalam menghadapi cobaan.
  • Hadirin yang dimuliakan Allah SWT,

Marilah kita semua menjadikan Maulid Nabi SAW sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga kita semua senantiasa mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di akhirat nanti.

Akhirul kalam, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***

Semoga kumpulan contoh teks ceramah tentang maulid nabi di atas bisa bermanfaat, ya.

Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk menemukan artikel menarik lainnya, ya.

Ikuti pula Google News untuk dapatkan informasi teranyar dari kami.

Sedang mencari hunian idaman seperti Podomoro Golf View di kawasan Gunung Putri, Bogor?

Akses sekarang juga rumah123.com untuk dapatkan pilihan rumah impian, karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA