OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Cara Merawat Mobil yang Terlalu Lama Disimpan di Garasi

26 Oktober 2023 · 4 min read Author: Rulfhi Alimudin Pratama S

gambar mobil di garasi

gambar mobil di garasi | shutterstock.com

Jakarta – Mobil yang disimpan di dalam garasi tetap perlu dirawat karena ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kondisinya bahkan ketika tidak digunakan secara rutin.

Jika mobil tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, hal itu memiliki risiko mengalami masalah ketika akhirnya digunakan kembali.

parkir

Oleh karena itu, menjalankan perawatan rutin seperti mengganti oli, memeriksa sistem bahan bakar, dan melumasi komponen penting tetap penting.

Selain itu, Mobil123.com punya beberapa alasan mengapa perawatan tetap penting untuk mobil yang disimpan di dalam garasi.

Debu dan Kotoran

mobil kotor

Walaupun di dalam garasi, mobil masih dapat terkena debu dan kotoran yang dapat mengumpul pada permukaan luar dan interior.

Debu yang menumpuk pada cat mobil dapat merusak lapisan pelindung dan menimbulkan goresan. Di sisi lain, debu di dalam mobil dapat merusak interior dan menyebabkan bau tidak sedap.

Serangan Binatang

Mobil yang dibiarkan dalam garasi cenderung menjadi tempat berkumpul bagi serangga seperti semut, serangga, dan kecoa.

Serangan binatang ini dapat merusak interior mobil dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Kaca Mobil dan Wiper

jamur-sisa-air-hujan

Kaca mobil yang tidak dibersihkan secara berkala bisa mengumpulkan debu dan kotoran yang pada akhirnya dapat merusak kaca dan wiper. Ini dapat memengaruhi pandangan Anda saat mengemudi.

Keamanan

Terlepas dari kondisi mobil, garasi bisa menjadi target pencurian. Oleh karena itu, memiliki perlengkapan keamanan seperti kunci stir, alarm mobil, dan gembok pada pagar rumah juga penting.

Jadi, meskipun mobil disimpan di dalam garasi, perawatan rutin tetap diperlukan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap baik, aman, dan siap digunakan saat Anda membutuhkannya.

Kondisi Mesin

mobil rusak

Mesin mobil yang jarang digunakan dan tidak dipanaskan secara berkala cenderung mengalami masalah. Oli dalam mesin tidak melumasi komponen dengan baik, dan ini dapat menyebabkan kerusakan dan kebocoran.

Penggunaan yang jarang juga bisa menyebabkan overheating dan masalah lainnya.

Tekanan Angin Ban

Tekanan angin dalam ban mobil dapat berkurang seiring waktu. Jika ban tidak diperiksa dan diisi ulang secara berkala, ini dapat menyebabkan ban kempes.

Ban yang tidak dalam kondisi yang baik bisa menyebabkan masalah dan kerugian yang tidak diinginkan saat Anda akhirnya menggunakannya.

Garasi Ideal untuk Mobil

parkir mobil

Garasi yang cocok untuk mobil sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan yang akan membantu melindungi mobil Anda dengan baik.

Berikut adalah beberapa karakteristik yang harus dimiliki garasi yang ideal untuk mobil:

Garasi harus memiliki atap yang tertutup sepenuhnya dan dinding untuk melindungi mobil dari hujan, sinar matahari langsung, dan elemen lainnya.

Ini akan membantu mencegah kerusakan pada cat mobil dan komponen lain.

Ukuran yang Cukup. Garasi harus cukup luas untuk memuat mobil Anda dengan nyaman. Pastikan garasi memiliki lebar, panjang, dan tinggi yang sesuai dengan dimensi mobil Anda.

Juga, perhatikan pintu masuk dan keluar yang cukup lebar agar Anda bisa dengan mudah memasukkan dan mengeluarkan mobil.

Lalu perlu juga diperhatikan ventilasi yang baik. Ventilasi yang baik dalam garasi akan membantu mengurangi kelembaban, yang dapat merusak mobil.

Pastikan garasi memiliki ventilasi yang memadai untuk menghindari masalah ini.

Selanjutnya bagian lantai yang mudah dibersihkan. Lantai garasi harus tahan terhadap beban mobil dan cairan seperti minyak mesin atau bahan bakar yang mungkin tumpah.

Lantai yang tahan lama dan mudah dibersihkan adalah pilihan terbaik.

Kebutuhan untuk Mobil Ada di Dalam Garasi

Suzuki - Body and Paint

Kemudian dari sisi pencahayaan juga perlu yang baik dalam garasi. Ini karena untuk melakukan perawatan dan memeriksa mobil dengan benar.

Pilih pencahayaan yang efisien dan cukup terang untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Ada juga soal penggunaan pintu garasi otomatis. Ini perlu agar akses ke dalam dan keluar dari garasi lebih mudah.

Ini juga dapat meningkatkan keamanan dan memberikan perlindungan ekstra terhadap pencurian.

Dari sisi keamanan, pertimbangkan untuk menyediakan perlengkapan keamanan tambahan seperti kunci stir, alarm mobil, dan gembok pada pagar rumah.

Jika garasi tidak terhubung langsung dengan rumah. Jika Anda memiliki barang-barang lain yang ingin disimpan di dalam garasi, pertimbangkan untuk menyediakan perangkat penyimpanan atau rak yang sesuai untuk menjaga garasi tetap rapi dan tertata.

Jika memungkinkan, pasang stop kontak listrik dalam garasi. Ini akan memudahkan Anda untuk mengisi daya aki, mengaktifkan pemanas mesin, atau melakukan pekerjaan perawatan lainnya.

Perlu diingat untuk merawat garasi itu sendiri secara berkala. Ini termasuk merawat pintu otomatis, mengganti lampu yang mati, dan memeriksa kondisi struktural garasi.

Memiliki garasi yang memenuhi persyaratan ini akan membantu menjaga mobil Anda dalam kondisi terbaik dan melindunginya dari elemen dan risiko lainnya.

Namun, jika Anda butuh mobil bekas terbaik, jangan pusing-pusing lagi, Anda bisa cek di website dan unduh aplikasi Mobil123.com.


Tag: , , ,


Rulfhi Alimudin Pratama S

Content Writer

Mengawali karier kepenulisan sebagai penulis lepas di beberapa media daring sejak 2016. Kini mencurahkan pikiran untuk menulis properti, gaya hidup, marketing, hingga teknologi di Berita 99 dan Rumah123.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA