OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

ASN Pindah ke IKN Mulai Maret 2024, Insentifnya Menggiurkan!

21 Nopember 2023 · 2 min read Author: Gadis Saktika

pns

ASN Pindah ke IKN | sumber: liputan6.com/Angga Yuniar

Saat ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sedang mempersiapkan proses ASN pindah ke IKN. Kabarnya, pemindahan tersebut akan dilakukan Maret 2024 mendatang.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah sedang merencanakan simulasi pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perhitungan insentif bagi ASN yang melakukan pemindahan.

“Untuk ASN ke IKN kita telah membuat simulasi-simulasi untuk bulan Maret, Juli dan Agustus. Kita sudah membuat beberapa simulasi. Jumlahnya ada yang tahap pertama ada 1.200-an sampai ke 3.200, tergantung nanti selesai gedungnya di sana,” ungkap Azwar, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Hampir Setiap Kementerian Pindah ke IKN

Berkaitan dengan kementerian mana dan posisi jabatan apa yang akan menjadi prioritas untuk dipindahkan, Azwar tidak dapat memberikan rincian khusus.

Namun, dia memastikan bahwa hampir setiap kementerian akan mengalami pemindahan pada beberapa tingkatan jabatan.

“Kita sudah exsercise ya, hampir setiap kementerian ada jabatan yang pindah, ada yang pindah duluan ada yang tidak. Jadi kita sudah excersice, sudah FGD dengan semua kementerian atau lembaga. Intinya begitu tempat di sana siap, kita sudah siap,” ujarnya.

Rencana Insentif bagi ASN

pns

sumber: shutterstock.com

Sebagai bagian dari insentif, Azwar menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk menyusun rencana insentif bagi ASN yang akan pindah ke IKN.

Adapun insentifnya mencakup untuk keluarga, anak-anak yang akan tinggal di sana, indeks kemahalan, dan biaya akomodasi ASN.

“Presiden menambahkan lagi untuk segera diexcersice terkait dengan insentif teman-teman yang ada di sana termasuk percepatan sekolah. Jadi sekolah TK, SD, SMP, dan SMA yang berstandar nasional dan internasional segera akan disiapkan, sehingga ketika ada PNS yang pindah ke sana, putra putrinya sudah siap sekolah. Jadi nggak perlu Sabtu-Minggu balik ke Jakarta,” katanya.

***

Itulah berita terkini mengenai pemindahan ASN ke IKN.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu, ya.

Jangan lupa untuk pantau terus artikel menarik lainnya, seperti desain rusun ASN di IKN lewat artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita terupdate, sekarang kamu bisa mengikuti Google News kami, lo.

Sedang mencari rumah impian di kawasan Depok? Cek selengkapnya dalam laman Rumah123.com, yuk.

Jangan lewatkan berbagai kemudahan untuk memiliki properti pilihan terbaik karena kami selalu #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya