OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Apa Itu Bekisting Kolom, Fungsi, Jenis, dan Urutan Pemasangan yang Benar

07 Maret 2024 · 4 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

bekisting kolom

Sebelum membangun rumah, ketahui dulu apa itu bekisting kolom karena istilah yang satu ini merupakan bagian dari pelaksanaan konstruksi bangunan. Simak penjelasannya!

Property People, apakah kamu pernah melihat papan, kayu balok, atau triplek yang dipasang pada kolom bangunan yang dicor?

Jika iya, hal tersebut adalah pembuatan bekisting.

Pekerjaan bekisting memang masih terdengar asing bagi kamu yang tidak berkecimpung di pelaksanaan konstruksi.

Namun, bagi tukang bangunan atau kontraktor, bekisting adalah kegiatan hal yang sangat penting, lo.

Pada umumnya, pengerjaan bekisting kolom dipersiapkan dan dilakukan setelah pengerjaan penulangan kolom selesai.

Yuk, simak lebih lanjut pada informasi di bawah ini!

Apa Itu Bekisting Kolom?

bekisting kolom

Sumber: YouTube/tukang batu ardan

Menurut buku Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Aluminium oleh Irika Widiasanti, Jihad Ryzki, dkk., bekisting adalah suatu sarana pembantu struktur beton untuk mencetak beton sesuai dengan ukuran, bentuk, rupa, ataupun posisi yang direncanakan.

Dengan kata lain, berdasarkan sumber yang sama, bekisting menjadi suatu konstruksi tambahan yang merupakan cetakan pada bagian sisi dan bawah dari bentuk beton yang dikehendaki.

Nah, karena sifatnya sementara, bekisting akan dilepas atau dibongkar setelah beton mencapai kekuatan yang cukup.

Untuk bekisting kolom, fungsinya adalah sebagai struktur penyangga yang digunakan untuk menahan beban berat pada kolom-kolom beton.

Ada beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan bekisting yang satu ini, Property People.

Beberapa di antaranya adalah bekisting harus berfungsi sebagai struktur sementara yang kuat memikul beban sendiri, berat beton basah, beban hidup, dan beban peralatan kerja selama proses pengecoran.

Kemudian, perencanaan bekisting juga harus dapat memenuhi aspek teknologi dan aspek ekonomis.

Oleh karena itu, pembuatan bekisting harus efisien, kuat, kokoh, tidak berubah bentuk, memenuhi persyaratan permukaan, tidak bocor, mudah dipasang, dan dibongkar.

Menurut buku Metodologi Bekisting Dan Perancah Pada Pekerjaan Konstruksi Bangunan dan Sipil yang ditulis Salmani, material bekisting untuk pekerjaan beton biasanya menggunakan kayu.

Penggunaan material kayu multiplek sebagai bahan bekisting dinilai ekonomis.

Jenis Bekisting Kolom

bekisting kolom

Sumber: youtube/awin rustandy channel

Menurut buku Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Aluminium, konstruksi bekisting terdiri dari tiga sistem, yaitu sistem konvensional, modern, dan semimodern.

Bekisting konvensional adalah bekisting sederhana yang biasanya digunakan satu kali pakai menggunakan kayu.

Sementara itu, sistem semi modern dirancang untuk suatu pekerjaan dan ukuran-ukuran komponen tertentu dengan masa penggunaan satu kali atau lebih karena kemungkinan dapat digunakan secara berulang.

Bekisting satu ini menggunakan material gabungan pelat baja dan besi hollow.

Adapun bekisting modern dapat dimanfaatkan untuk beberapa kali masa penggunaan sehingga memudahkan dan mempercepat pemasangan dan pembongkaran.

Fungsi Bekisting Kolom

Sumber: youtube/kang dji

Kolom adalah elemen atau komponen bagian struktur bangunan berupa batang vertikal dari rangka (frame) sebagai penyangga beban.

Penggunaan kolom pada pembangunan rumah sangatlah penting dan diharuskan terutama untuk rumah lebih dari satu lantai, Property People.

Oleh karena itu, agar beban yang ditopang kuat dan tak mudah roboh maka dibuat kolom sebagian penyangga, baik kolom praktis maupun kolom utama.

Jadi, apa fungsi bekisting?

Fungsi bekisting kolom adalah untuk membentuk beton agar lebih cepat dan sesuai keinginan, mempermudah dalam pembuatan struktur bangunan, hingga menahan beban berat beton.

Urutan Pekerjaan Bekisting Kolom

Property People, pengerjaan bekisting kolom dilakukan setelah pekerjaan penulangan kolom, ya.

Berikut tahapan pengerjaan bekisting yang bisa kamu simak di bawah ini!

Urutan pemasangan bekisting kolom:

  1. Sebelum pemasangan bekisting, lakukan pengukuran untuk menentukan as kolom. Sumbu horizontal dan vertikal kolom ditentukan dengan alat ukur theodolit dan diberi tanda.
  2. Setelah itu, dibuat sepatu kolom di sekeliling tulangan kolom untuk penempatan acuan kolom. Sepatu kolom terbuat dari adukan beton dengan perbandingan 1:2:3.
  3. Sebelum dipasang, bekisting diolesi dengan mould oil agar beton tidak melekat pada bekisting dan pembongkaran bekisting juga lebih mudah.
  4. Untuk mendapatkan selimut beton rencana, pasang tahu beton (decking block) dengan cara mengikatkan tahu beton pada posisi luar tulangan kolom dengan jarak tertentu.
  5. Bekisting diangkut ke tempat pemasangan. Setelah terpasang, bekisting harus distel agar tegak lurus sehingga kedudukan akhir as kolom tidak menyimpang dari as rencana.
  6. Penyetelan dilakukan dengan menggunakan benang yang diberi pemberat.
  7. Setelah bekisting terpasang dengan baik, selanjutnya diberi pengaku antar sisi-sisinya dan diberi tahanan atau dukungan dengan balok kayu.
  8. Bekisting yang telah terpasang dilengkapi dengan perkuatan dari kayu balok 5/7 dan balok 8/12 yang dipasang miring terhadap bekisting kolom dengan menggunakan paku sebagai pengikatnya.

***

Itu dia pengertian bekisting kolom, jenis, fungsi, dan pemasangannya Property People.

Semoga penjelasan tersebut bermanfaat, ya.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Tak lupa, pastikan kunjungi laman Rumah123 jika sedang mencari hunian impian karena #SemuaAdaDisini.

Ngobrolin properti kini juga semakin mudah di Teras123!

Referensi

  • Salmani. 2019. Metodologi Bekisting Dan Perancah Pada Pekerjaan Konstruksi Bangunan dan Sipil yang ditulis. Deepublish.
  • Widiasanti, Ryzki, Alpinas, dkk. 2020. Metode Pelaksanaan Pekerjaan Bekisting Aluminium. Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.

**gambar cover: youtube/al faruq tukang


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA