pintu kamar mandi- Rumah123.com Ada Sejumlah Pilihan Material untuk Pintu Kamar Mandi Yaitu Kayu, Aluminium, PVC, dan uPVC. Pemilik Rumah Bisa Memilih Sesuai Kebutuhan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada beragam pilihan bahan untuk pintu kamar mandi yaitu kayu, aluminium, PVC, dan uPVC. Sederetan material ini memiliki kekurangan dan kelebihan.

Pintu kamar mandi berpotensi rusak lantaran terkena air setiap saat. Apalagi, biasanya orang Indonesia menyukai kamar mandi basah.

Percikan air akan mengenai dinding dan pintu kamar mandi. Kalau kamar mandi berukuran kecil, maka air akan mengenai pintu.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: Berapa Lama Sih Harus Ganti Barang-barang di Kamar Mandi

Untuk itu, pemilik rumah harus pintar dalam memilih material. Jika kamu salah memilih, pintu lebih cepat rusak. Kamu harus menggantinya secara berkala.

Hal ini tentu merugikan pemilik rumah dari segi biaya dan waktu. Kamu harus membeli pintu baru setiap beberapa bulan. Tentunya hal ini bisa menguras dana.

Belum lagi kamu harus kehilangan waktu lantaran harus melakukan perbaikan pintu kamar mandi setiap saat. Supaya hal ini tidak terjadi, pertimbangkan untuk memilih material untuk pintu kamar mandi.

Pintu Kamar Mandi dari Material Kayu

Material kayu memang lebih rentan terhadap air. Saat sering terkena percikan air, material kayu bisa menjadi lembap, lantas lapuk, dan kemudian hancur. Bagian yang pertama kali rusak biasanya berada di bawah lantaran terkena air dalam jumlah banyak.

Jika kamu memilih material kayu, sebaiknya pintu kayu ini berada di bagian yang jauh dari cipratan air. Pilihan lainnya adalah pemilik rumah memiliki kamar mandi kering yang memiliki bathtub dan shower dengan tirai.

Pintu Kamar Mandi dari Bahan Aluminium

Material ini memang dikenal tahan air dan juga karat. Lantaran itu juga, material aluminium sering digunakan menjadi pintu kamar mandi.

Hanya saja, aluminium juga memiliki kekurangan seperti rentan terkena goresan dan bisa penyok. Kelemahan lainnya bunyi pintu yang tidak enak didengar lantaran bisa berderit setelah dibuka dan ditutup.

Pintu Kamar Mandi dari Material PVC

Material PVC ini juga dikenal sebagai bahan vinyl. PVC adalah singkatan dari Poly Vinyl Chloride. PVC menjadi salah satu produk plastik sintetis yang paling banyak diproduksi di dunia. Material  PVC ini diketahui tahan air dan juga anti karat sehingga menjadi alternatif pintu kamar mandi.

Perawatan pintu kamar mandi dari material ini sangat mudah. Selain itu, permukaan PVC dapat dilapisi dengan material lain seperti motif dan warna. Jangan heran kalau pintu kamar dari material PVC dengan motif dan beragam warna sering dijumpai. Saat ini, penggunaan pintu kamar mandi dari PVC sudah banyak digunakan.

Pintu Kamar Mandi dari Material uPVC

Material uPVC merupakan singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Material ini merupakan pengembangan dari PVC.

Material ini memang seperti PVC, namun uPVC mempunyai sejumlah keunggulan seperti tahan air, tahan karat, tahan cuaca, tidak mudah mengembang dan menyusut, dan masih banyak lagi. Namun, uPVC lebih kuat dan keras, namun memang kurang lentur karena memang didesain seperti itu. Pintu kamar mandi dari material uPVC ini tidak membutuhkan perawatan khusus dan mudah dibersihkan.

Baca juga: Bisa Ga Sih Taruh Tanaman di Kamar Mandi

Baca juga: Ingat Lho, Lemari Penyimpanan di Kamar Mandi Wajib Dibersihkan

Bagikan: 2730 kali