manfaat daun alpukat

Tidak hanya buah alpukat, ternyata manfaat daun alpukat juga baik untuk kesehatan lo. Yuk, simak ulasan berikut tentang khasiat dan cara mengolahnya.

Buah alpukat menjadi salah satu buah yang paling populer dan disukai banyak orang, bisa menjadi campuran minuman.

Selain menyehatkan, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah berwarna hijau tersebut.

Ternyata, daun alpukat pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya manfaat daun alpukat untuk ginjal.

Daun alpukat dapat dijadikan sebagai diuretik dan penghambat pertumbuhan beberapa bakeri, seperti Staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Proteus sp, Escherichia sp, dan Bacillus sp.

Meskipun bentuknya yang tidak terlalu besar, manfaat daun alpukat banyak sekali. Nah, berikut beberapa manfaat lain daun alpukat.

manfaat daun alpukat

Manfaat Daun Alpukat dan Cara Mengolahnya

Berikut ulasan terkait manfaat dan khasiat daun alpukat bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Mengatasi Batu Ginjal

Daun alpukat bisa berfungsi sebagai penambah volume urin yang dihasilkan dari proses urinasi. Hal ini tentu saja dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal.

Sifat diuretik sendiri dipercaya menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi batu ginjal. Kamu dapat mengonsumsi sesuai yang dianjurkan, serta jangan berlebihan.

Dosis ekstrak daun alpukat yang tepat untuk kamu konsumsi adalah 100 mg/kg berat badan. Siapkan 7 lembar dau alpukat segar lalu seduh dengan air  panas.

Minum 2 kali sehari, pada saat pagi dan sore hari, serta konsumsi secara konsisten hingga batu ginjal keluar.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Daun alpukat mengandung banyak sekali vitamin dan mineral, seperti mangan dan seng yang berfungsi dapat meredakan tekanan darah tinggi.

Selain itu, daun alpukat pun mengandung potassium yang ada di dalamnya dan membantu menurunkan tekanan darah.

Cara merebus daun alpukat untuk darah tinggi adalah siapkan 3 lembar daun alpukat segar, cuci daun  hingga bersih.

Masukkan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Biarkan air seduhan hingga dingin untuk kemudian diminum hingga habis.

3. Mengurangi Sakit Punggung

Daun alpukat mengandung anti inflamasi dan analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada beberapa bagian tubuh, termasuk nyeri punggung.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu dapat mengonsumsi teh daun alpukat atau memasukkannya ke dalam menu makanan selama beberapa hari.

4. Mengobati Gejala Asma

Senyawa fitokimia dalam daun alpukat, dapat memberi relaksasi dan ketenangan di banyak bagian tubuh dan pikiran.

Salah satunya, meredakan sakit kepala, nyeri otot, hingga asma. Teh daun alpukat dapat mengurangi kekuan pada otot pernapasan yang menyebabkan gejala asma.

5. Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut  merupakan penyakit yang sering kali dialami banyak orang. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mencoba khasiat air rebusan daun alpukat.

Caranya, siapkan daun alpukat segar secukupnya, akar temu kelinci, kunyit dan daun pegagan. Cuci bersih, dan kupas bagian kulitnya. Lalu rebus hingga mendidih dan konsumsi selagi hangat.

6. Menjaga Fungsi Saraf Tubuh

Banyaknya kandungan mineral dalam daun alpukat membuatnya menjaga kinerja fungsi saraf tetap berjalan dengan baik.

Kandungan potassium dalam daun alpukat pun dapat mengurangi depresi. Cara mengolahnya pun mudah, seduh 3 lembar daun alpukat segar dengan air panas, lalu minum ketika dingin.

Efek Samping Daun Alpukat

Tidak hanya memiliki banyak manfaat, ternyata efek samping minum rebusan daun alpukat pun bisa terjadi. Seperti:

1. Memperparah pembengkakan di tubuh

2. Bisa memumculkan racun

3. Mual dan Muntah

4. Sakit Kepala

5. Alergi, seperti gatal-gatal, bintik merah di tubuh dan lainnya. Hentikan penggunaan jika ini terjadi.

Akan tetapi, efek samping tersebut tidak akan kamu alami jika mengonsumsi daun alpukat sesuai anjuran atau tidak berlebihan.

Jadi, konsumsi daun alpukat secukupnya dan dalam batas normal, ya, untuk bisa mendapatkan manfaat daun alpukat itu sendiri.

Rumah123.com pernah membahas mengenai manfaat daun kenikir untuk kesehatan, banyak daun yang berkhasiat sebagai obat alami.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Citadines Berawa Beach Bali.

Bagikan:
486 kali