Daripada gabut di rumah, mending coba buat beragam kerajinan dari botol bekas yang super unik ini. Dijamin mudah dan praktis banget!

kerajinan dari botol bekas

Menghabiskan waktu di rumah bersama anak memang menyenangkan. 

Tapi bakal lebih seru lagi kalau kamu bisa menciptakan kreasi kerajinan dari botol bekas yang bisa dijadikan beragam mainan seru untuk si kecil. 

Caranya mudah dan hanya membutuhkan alat serta bahan yang bisa didapatkan di sekitar rumah. 

Simak beragam kreasinya di bawah ini!

Kreasi Kerajinan dari Botol Bekas 

1. Puzzle Alfabet 

kerajinan dari botol bekas Sumber: Crafts for Kids

Daripada sisa tutup botol minuman dibuang begitu saja, kamu bisa menciptakan mainan inovatif untuk si buah hati di rumah. 

Alat dan bahan: 

- 26 tutup botol bekas (sisakan sedikit bagian leher botol agar tetap bisa ditutup) - Spidol permanen warna hitam - Karton atau kertas gambar ukuran A3 - Korek api 

Cara membuat kerajinan dari botol bekas

1. Bersihkan tutup botol yang telah digunakan lalu keringkan.  2. Tulis huruf alfabet dari A sampai Z di masing-masing tutup menggunakan spidol permanen agar tidak mudah terhapus.  3. Di atas kertas gambar atau karton tipis, tulis kembali semua huruf alfabet secara berurutan dari atas ke bawah.  4. Nyalakan korek api untuk melelehkan plastik di leher botol, baru tempelkan ke karton.  5. Puzzle alfabet sudah siap dimainkan!

2. Tempat Pensil Monster

kerajinan dari botol bekas Sumber: Crafts for Kids

Supaya peralatan tulis kamu selalu tertata rapi, yuk buat kerajinan dari botol bekas berupa tempat pensil lucu ini. 

Alat dan bahan: 

- Botol plastik bekas lotion atau sampo  - Gunting atau cutter  - Spidol  - Kertas  - Mata boneka  - Lem

Cara membuat kerajinan dari botol bekas

1. Lepaskan plastik dan tutup botol yang menempel, lalu bersihkan isinya dari sisa produk.  2. Gunakan spidol untuk membuat bentuk mulut, kemudian potong dengan cutter atau gunting.  3. Bentuk kertas menjadi segitiga sama sisi menggunakan gunting lalu tempelkan ke bagian dalam botol dengan lem sebagai gigi monster.  4. Tambahkan beberapa mata boneka di bagian atas botol untuk matanya.  5. Tempat pensil monster sudah jadi!

3. Celengan Babi 

kerajinan dari botol bekas Sumber: Crafts for Kids

Ajarkan buah hati menyimpan uang sejak dini menggunakan celengan babi dengan kerajinan dari botol bekas berikut. 

Alat dan bahan: 

- Botol plastik berukuran sedang  - 8 tutup botol bekas - Cutter  - Kertas asturo warna pink  - Kertas putih - Lem tembak - Sedotan plastik warna pink

Cara membuat kerajinan dari botol bekas: 

Potong botol plastik jadi tiga bagian, lalu gabungkan kedua bagian atas dan bawahnya menjadi satu.  1. Gunting kertas asturo berbentuk persegi panjang, dan dua berbentuk tetesan air.  2. Tempelkan potongan tersebut menggunakan lem tembak di tengah untuk badannya, lalu dekat leher botol sebagai telinganya. 3. Gunting sedotan di bagian berulirnya, bentuk menjadi spiral dan tempelkan di ujung botol sebagai ekor babinya.  4. Untuk bagian mata dibuat dari kertas putih yang digunting berbentuk bulat dan digambar menggunakan spidol, lalu tempel di dekat telinga.  5. Tumpuk tutup botol dua-dua dan tempel sebagai bagian kaki celengan.  6. Lubangi tengah badan celengan menggunakan cutter 7. Celengan babi sudah jadi!

4. Tabung Selam Mainan 

kerajinan dari botol bekas Sumber: Crafts for Kids

Coba buat kreasi kerajinan dari botol bekas unik seperti tabung selam mainan ini, yuk!

Alat dan bahan: 

- Botol plastik besar ukuran 1,5 liter - Pilox warna silver - Selang plastik  - Baut tanam - Selotip hitam  - Dot bayi - Gunting 

Cara membuat kerajinan dari botol bekas

1. Tempelkan baut tanam di bagian tutup botol.  2. Gunakan pilox warna silver untuk melapisi seluruh badan botol. 3. Tempelkan selotip berwarna hitam di bagian atas dan bawah. 4. Hubungkan dot bayi dengan selang plastik lalu tancapkan ke baut. 

5. Rocket Launcher

kerajinan dari botol bekas Sumber: Crafts for Kids

Selanjutnya ada mainan kerajinan dari botol bekas rocket launcher, bikinnya mudah seperti berikut!

Alat dan bahan: 

- Botol plastik besar - Pilox warna silver - Kertas asturo warna oranye dan merah  - Gunting  - Karton - Tali strap - Double tape

Cara membuat kerajinan dari botol bekas

1. Warnai badan botol menjadi silver serupa dengan kerajinan sebelumnya.  2. Gunting kertas asturo merah dan oranye membentuk pola api, lalu bentuk kerucut dan pasangkan ke mulut rocket 3. Pasangan tali strap di empat sisi karton layaknya tas.  4. Tempelkan karton di botol menggunakan double tape 5. Rocket launcher sudah jadi!

Itu dia tadi beragam kerajinan dari botol bekas yang bisa kamu buat bersama anak di rumah. 

Intip juga beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Buat kamu yang sedang mencari rumah dengan harga terbaik, yuk kepoin Citraland Cibubur!

Bagikan:
2846 kali