tips mengecek rumah usai gempa (Rumah123/The Australian)

Indonesia rawan bencana, tentunya kamu harus mengetahui tips mengecek rumah usai gempa. Ada sejumlah hal yang harus dilakukan.

Kalau kamu tinggal di Indonesia, pastinya sudah harus menyadari mengenai potensi bencana alam.

Pastinya, kamu bisa terkena bencana banjir, tanah longsor, gunung meletus, tsunami, gempa bumi, dan lainnya.

Bagi yang pernah mengalami gempa bumi, tentunya merasakan kekuatan yang bisa merusak rumah, bangunan, dan lainnya.

Saat gempa bumi atau gempa tektonik terjadi, pastinya kamu lari menyelamatkan diri ke luar rumah atau bangunan.

Usai gempa, banyak orang yang mulai melihat rumah yang sempat ditinggalkan.

Banyak hal yang perlu diperhatikan saat kamu kembali ke rumah usai gempa. Kamu perlu waspada saat mengecek rumah ya.

Situs properti Rumah123.com akan menjelaskan mengenai tips mengecek rumah usai gempa.

Tips Mengecek Rumah Usai Gempa

1. Memerika Bagian Luar Rumah 

Kamu harus langsung memeriksa kondisi luar rumah. Coba cek lihat rumah, apakah miring atau tidak. Lantas periksa pondasi rumah, apakah ada yang ambles.

Jangan lupa untuk memeriksa dinding, apakah ada yang retak. Begitu juga dengan jendela, pintu, atap, dan lainnya.

Kamu harus memeriksa seluruh bagian luar rumah. Hal ini menjadi salah satu tips mengecek rumah usai gempa.

2. Memerika Instalasi Listrik, Air, dan Telepon

Setelah itu, kamu harus memeriksa instalasi listrik, air, dan telepon. Hal pertama yang perlu kamu periksa adalah sambungan listrik, apakah listrik masih mengalir atau tidak.

Periksa juga apakah ada kabel yang terkelupas atau tidak. Tetapi, jangan perbaiki sendiri ya, kamu harus menunggu petugas PLN untuk memperbaikinya.

Kamu juga perlu memeriksa aliran air dan sambungan telepon. Apakah keduanya masih terkoneksi dengan baik atau tidak. Nah, ini juga menjadi tips mengecek rumah usai gempa.

3. Memerika Bagian Dalam Rumah

Tips memeriksa rumah usai gempa lainnya adalah mengecek bagian dalam rumah. Setelah kamu memeriksa bagian luar rumah serta sambungan listrik, air, dan telepon, saatnya untuk mengecek bagian dalam rumah.

Namun sebelum masuk rumah, cium dulu apakah ada bau gas. Jika ya, kamu harus berhati-hati, untuk mematikan saluran gas dengan kompor.

Saat masuk ke dalam rumah, coba cek dengan seksama, apakah ada dinding yang retak atau tidak. Cek juga kondisi furnitur.

Hati-hati saat melangkah ke dalam rumah, hunian kamu pastinya berantakan. Kamu bisa menginjak benda tajam atau terpeleset saat masuk rumah.

Jangan lupa memeriksa langit-langit, apakah ada yang copot. Jika rumah kamu berlantai dua atau lebih, cek bagian tangga.

Semua ini harus kamu cek dengan teliti. Setelah gempa, tentunya kamu ingin kembali ke rumah. Jika rumah masih dalam keadaan baik dan hanya berantakan, kamu hanya perlu merapikan.

Lain halnya kalau rumah kamu rusak berat, kamu perlu perbaikan sebelum bisa menempatinya kembali.

Nah, itulah tips mengecek rumah usai gempa, kamu harus melakukan saat hal ini menimpa rumah.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Griya Idola Industrial Park.

Bagikan:
1852 kali