OK

Waduh, 34,63% Warga Jakarta Masih Ngontrak Pada 2022. Kapan ya Bisa Menikmati Rumah DP 0 dari Pak Anies Baswedan?

09/03/2022 by Maskah Alghofar

Warga Jakarta Masih Ngontrak

Warga Jakarta Masih Ngontrak/Istock

Ternyata, persentase warga Jakarta masih ngontrak mencapai 34,63 persen pada 2022 ini. PR bagi Gubernur Anies Baswedan yang punya program Rumah DP 0 persen.

Warga Jakarta masih ngontrak tercatat alias masih menempati rumah sewa dalam data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2022 memang masih tinggi. 

Data ini merupakan angka tertinggi dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, bahkan bila melihat data tahun sebelumnya. 

Pada 2020, persentase warga Jakarta masih ngontrak juga sudah tinggi, angkanya mencapai 37,71 persen.

Sedangkan data BPS pada tahun 2021 sebanyak 34,63 persen seperti dikutip dari Kompas.com, memang ada penurunan dari tahun sebelumnya sebesar 3,08 persen.

Warga Jakarta Masih Ngontrak Tergolong Tinggi Dibandingkan Kepemilikan Rumah

Menurut data BPS yang dilansir Kompas.comsecara keseluruhan hampir 81,08 persen keluarga di Indonesia sudah memiliki rumah sendiri

Mereka yang masih mengontrak atau sewa hanya sekitar 8,66 persen saja, sementara sisanya, 10,26 persen termasuk dalam kategori lainnya.

Status kepemilikan tempat tinggal milik sendiri untuk rumah tangga tertinggi ada di Provinsi Jawa Tengah sebesar 89,92 persen.

Sementara Jakarta hanya ada 48,48 persen rumah tangga yang status penguasaan bangunan tempat tinggalnya milik sendiri. 

Sisanya, warga Jakarta masih ngontrak. Hal ini berbeda dengan Provinsi Sulawesi Barat yang hanya ada 1,41 persen rumah tangga masih menyewa.

Artinya ada sekitar 98,59 persen rumah tangga di Sulawesi Barat sudah memiliki rumah sendiri.

Pastinya ini menjadi pekerjaan rumah bagi Gubernur Anies Baswedan yang memiliki program Rumah DP 0.

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru memiliki tiga hunian vertikal program tersebut yang tersebar di Jakarta Timur, Barat, dan Utara,.

Total jumlah unit huniannya baru 967 unit, sebanyak 885 unit sudah akad kredit berdasarkan data dari laman berita online Tempo.co.

Nah, demikian informasi terkait warga Jakarta masih ngontrak, mungkin kamu juga termasuk di dalamnya.

Temukan beragam informasi menarik lainnya seputar properti dan gaya hidup hanya di artikel.rumah123.com.

Buat kamu yang mulai tertarik memiliki hunian sendiri, bisa kunjungi laman properti terlengkap Rumah123.com sekarang juga.


Tag:


Maskah Alghofar

Maskah Alghofar

Penulis Rumah123.com. Lulusan Penerbitan yang pernah menjadi wartawan hukum dan senang menulis finansial, gaya hidup, dan properti.