nabi muhammad

Rasulullah saw ternyata memiliki tiga anak laki-laki. Namun, semua anak Nabi Muhammad yang laki-laki meninggal di usia dini. Kenapa Demikian?

Tak sedikit orang yang bertanya-tanya kenapa putra Nabi Muhammad tidak satupun yang memiliki umur panjang.

Ternyata hal ini berkaitan dengan peran Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir yang diutus Allah untuk menyampaikan ajaran Islam.

Setelah Rasulullah wafat, tidak ada lagi nabi dan rasul. Meski demikian, tidak sedikit ada orang-orang yang mengaku sebagai seorang nabi.

Terkait dengan hal tersebut, ada banyak tokoh yang berpendapat kenapa putra Nabi Muhammad wafat di usia yang masih sangat muda.

Nama Anak Laki-Laki Nabi Muhammad

makam anak nabi muhammad aboutislam.net

1. Qasim bin Muhammad

Anak laki-laki Nabi Muhammad dari istri pertamanya Khadijah binti Khuwailid adalah Qasim bin Muhammad.

Ada dua pendapat berbeda terkait Qasim, yakni ia dilahirkan sebelum Muhammad menjadi nabi dan ada juga yang menyebutkan bahwa ia dilahirkan setelah Muhammad menjadi Nabi.

Qasim wafat di usia yang masih sangat muda, sekitar 17 bulan.

2. Abdullah bin Muhammad

Putra kedua Nabi muhammad adalah Abdullah bin Muhammad. Ia lahir setelah Fatimah az-Zahra.

Abdullah juga wafat di usia yang masih sangat muda, diperkirakan wafat pada tahun 615 Masehi.

3. Ibrahim bin Muhammad

Anak laki-laki Nabi Muhammad yang terakhir adalah Ibrahim bin Muhammad yang lahir dari Maria al-Qibthiyah.

Sama seperti kedua putra yang lainnya, Ibrahim wafat di usia yang masih muda, diperkirakan sekitar 18 bulan.

Alasan Kenapa Anak Nabi Muhammad Meninggal Usia Dini

Semua anak Nabi Muhammad yang laki-laki tidak ada yang berumur panjang. Ternyata, hal ini terjadi bukan tanpa alasan.

Dengan wafatnya semua putra kandung Nabi Muhammad, maka tidak ada garis keturunan yang langsung mengarah kepada nasab bin Muhammad.

Menurut KH Ahsin Sakho, pakar ilmu Al-Qur’an, kemungkinan ditiadakannya keturunan dari garis anak lelaki Nabi Muhammad adalah karena hal tersebut merupakan kehendak Allah Swt.

Apabila ada garis keturunan tersebut, maka dikhawatirkan nantinya umat Islam akan mendewakan atau mengkultuskan keturunan laki-laki dari Nabi Muhammad.

Bahkan, ketika ada garis keturunan dari anak perempuan saja, umat Islam pada masa itu pun sudah sangat memuji-muji keturunannya.

Maka tidak aneh jika Allah memutuskan untuk meniadakan keturunan Rasulullah dari jalur laki-laki untuk menghindari hal tersebut.

“Makanya Nabi pernah berkata ‘law kana ibrahimu hayyan, la kaana Nabiyya’ (Jika Ibrahim anakku bisa terus hidup, maka dia bisa punya perangai kenabian,” ungkapnya.

***

Jangan lupa membaca artikel www.rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di rumah123.com dan www.99.co/id.

Dapatkan hunian terbaik, salah satunya di Srimaya Residence!

Bagikan:
1281 kali