OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Menyingkap Tren Hunian di Tahun Naga Kayu menurut Ahli Fengsui

03 April 2024 · 4 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

tren hunian di tahun naga kayu

Menurut fengsui, tren hunian di tahun naga kayu memiliki unsur-unsur yang berkaitan dengan Li. Hunian-hunian yang berasosiasi dengan keindahan dan teknologi digital disebut-sebut akan makin populer untuk beberapa tahun ke depan.

Berdasarkan kalender China, tahun ini adalah tahun naga kayu. Naga kayu terdiri dari unsur kayu (pohon besar) dan naga yang berunsur tanah.

Menurut ahli fengsui Mauro Rahardjo dalam wawancara dengan tim Rumah123 pada program Kata Ahli, pertemuan kedua unsur ini merupakan perpaduan yang baik.

Meskipun tanah dan kayu merupakan kombinasi yang destruktif atau menimbulkan konflik, naga mempunyai kandungan air yang bisa menghidupi kayu atau tanaman.

“Tahun naga kayu 2024 ini sangat istimewa dalam fengsui. Selain tahun bersangkutan (naga kayu) datang pada saat yang sama fengsui periode 9, yang akan berlangsung hingga 20 tahun depan,” kata Mauro.

Lantas, akan seperti apa tren hunian di tahun naga kayu? Elemen apa saja yang berkaitan dengan tahun tersebut?

Dalam program Kata Ahli dari Rumah123, pakar fengsui Indonesia tersebut membeberkan pandangannya terkait tren hunian di tahun naga kayu.

Mauro Rahardjo adalah seorang arsitek yang mempraktikkan fengsui dan menggabungkan konsultasi fengsui dengan desain arsitektur sekaligus pendiri Feng Shui School Indonesia.

Simak selengkapnya!

Tren Hunian di Tahun Naga Kayu

1. Unsur yang Berkaitan dengan Li

tren hunian di tahun naga kayu

Sumber: Istimewa

Menurut Mauro, tahun 2024 dalam kalender China datang bersamaan dengan fengsui periode 9, yaitu di mana bintang 9 berada di pusat dan menjadi bintang utama.

Trigram 9 yang membentuk bintang 9 ini, kata dia, dinamakan dengan Trigram LI yang berunsur api.

“Maka tren hunian sejak tahun 2024 ini akan diwarnai dengan unsur-unsur yang berkaitan dengan Li (api), yaitu yang berasosiasi dengan mata dan elektrik,” katanya.

Dengan kata lain, desain bangunan untuk tren hunian di tahun naga kayu akan lebih mementingkan keindahan yang dapat dinikmati mata dan dukungan teknologi.

“Kita tidak lagi melihat bangunan dalam tiga dimensi (volume), tetapi sudah memasuki bangunan empat dimensi, yaitu waktu. Artinya, penampilan bangunan sangat dipengaruhi oleh dimensi waktu, bisa berubah sewaktu-waktu. Fasad bangunan tidak akan lagi terlihat “sama” melainkan berubah karena kemajuan teknologi digital,” paparnya.

2. Elemen Bersimbol Api

Nah, karena tren hunian di tahun naga kayu berkaitan dengan Li (api), Mauro menyebut bahwa elemen yang menjadi fokus utama dalam desain hunian di tahun ini adalah elemen visual yang bersimbol dari api.

Pasalnya, api merupakan simbol perubahan dan dinamis terlebih didukung oleh elemen kayu yang menjadi sumber bagi api.

“Naga berunsur tanah, kayu dengan tanah akan konflik karena akar kayu menembus tanah, maka elemen perantaranya adalah api, di mana kayu menghasilkan api, sedangkan api membakar menjadi abu atau tanah sehingga kehadiran api akan jadi perantara bagi “ancaman” kayu terhadap tanah,” kata dia.

Dengan demikian, lanjutnya, hasilnya akan tercipta keseimbangan baru antara kayu, api, dan tanah sebab “ancaman” kayu berubah menjadi api yang merupakan dukungan kepada tanah.

Dalam fengsui, elemen api diasosiasikan dengan warna merah.

3. Tren Teknologi Digital Makin Populer

tren hunian di tahun naga kayu

Mauro Rahardjo. Sumber: Istimewa

Pada tahun naga kayu, Mauro mengatakan bahwa simbol api akan populer sebagai tren dekorasi hunian.

Selain itu, kemajuan teknologi digital juga akan mencapai puncaknya di tahun 2024 ini.

“Rumah pintar dengan didorong oleh penggunaan AI (artificial intelligence) akan menjadi produk yang mulai terlihat semakin banyak di tahun naga kayu ini,” ujarnya.

4. Desain yang Dinamis dan Arah Mata Angin

Bagi kamu berencana membangun rumah baru, bisa mempertimbangkan untuk mengaitkannya dengan bintang 9 yang merupakan simbol Trigram LI berunsur api.

Menurut Mauro, bintang 9 pada tahun 2024 ini berada di sektor atau arah mata angin Barat Daya yang memberikan keberuntungan.

Sektor Barat Daya dinilai sangat baik karena mewakili periode 9 yang menimbulkaan kegembiraan di dalam rumah.

Sementara itu, tren hunian di tahun naga kayu untuk desain bangunan disarankan untuk mengedepankan tipe desain yang mengutamakan keindahan visual dan kedinamisan bentuk fasad.

“Tipe desain yang mengutamakan keindahan visual dan kedinamisan bentuk-bentuk fasad bangunan yang menarik dan sekaligus bisa berubah-ubah menurut dimensi waktu akan menjadi panutan bagi banyak konsumen,” katanya.

5. Tren Tanaman

Sumber: Unsplash/Toushif Alam

Tren hunian di tahun naga kayu menurut fengsui tidak sebatas pada desain, tetapi juga faktor lain, salah satunya dekorasi, seperti tanaman.

Menurut Mauro, tanaman sebenarnya bisa membawa membawa keberuntungan karena merupakan benda hidup. Namun, dalam fengsui, tidak semua tanaman rupanya dapat dikatakan membawa keberuntungan.

“Seperti, misalnya, pohon kaktus, pohon yang tumbuh sangat cepat. Tanaman yang dianggap membawa keberuntungan adalah lucky bamboo atau bambu hoki,” tuturnya.

***

Semoga informasinya bermanfaat, Property People.

Simak artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Kalau kamu ingin ngobrolin properti, ajukan pertanyaannya ke Teras123.

Tak lupa, kunjungi Rumah123 untuk menemukan hunian impian karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya