OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Penuh setelah Lebaran 2023

10 April 2023 · 2 min read Author: Insan Fazrul

tol cisumdawu

Tol Cisumdawu di Jawa Barat direncanakan bisa dipakai sepenuhnya setelah Lebaran atau pada akhir Mei 2023. Sebelum itu,tol dipakai secara fungsional saat mudik berlangsung.

Salah satu proyek strategis nasional di Jawa Barat, yaitu Tol Cisumdawu ditargetkan bisa dipakai secara penuh pada akhir Mei 2023.

Dipakainya seluruh ruas tol yang menghubungkan antara wilayah Cileunyi-Sumedang-Dawuan juga demi mendukung operasional Bandara Kertajati di Majalengka.

Sekadar informasi, pada April ini Bandara Kertajati direncanakan mulai beroperasi untuk melayani penerbangan ibadah umrah.

“Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas Tol Cisumdawu sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Tol Cisumdawu, pada Minggu, 9 April 2023, dilansir laman pu.go.id.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi Karya lalu mengatakan bila rampungnya Tol Cisumdawu mampu mendukung Bandara Kertajati yang direncanakan beroperasi bertahap setelah Lebaran 2023 untuk penerbangan ibadah umrah dan haji.

“Bandara Kertajati akan menjadi hub baru di Provinsi Jawa Barat,” ungkap Budi Karya.

Dibuka Fungsional untuk Mendukung Mudik Lebaran 2023

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

sumber: pu.go.id

Sebelum beroperasi penuh pada akhir Mei nanti, Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional untuk mendukung musim mudik Lebaran 2023.

“Untuk Jalan Tol Cisumdawu insyaAllah dalam rangka mudik Lebaran 2023 nanti akan tembus dari Cileunyi sampai Dawuan. Untuk titik yang longsor di Seksi 5 sedang diselesaikan penanganannya, akan dibuka dua lajur untuk bisa fungsional pada 15 April 2023,” ungkap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Perihal pengaturan lalu lintas di tol ketika dibuka fungsional, seluruhnya beroperasi sesuai arahan pihak kepolisian.

“Apakah akan diberlakukan contraflow, one way, atau buka-tutup semuanya mengikuti arahan Korlantas Polri sesuai kondisi di lapangan dengan simulasi yang sudah disiapkan,” tambah Basuki.

Beberapa Seksi Sudah Dioperasikan

Sebenarnya, beberapa seksi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan sudah dioperasikan pada tahun 2022.

Misalnya seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (11,45 km) sudah dibuka sejak Januari 2022.

Kemudian seksi 2, Pamulihan-Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km), sudah dibuka sejak Desember 2022.

Rencananya beberapa seksi Tol Cisumdawu yang dibuka untuk mendukung mudik 2023 adalah seksi 4 Cimalaka-Legok (8,2 km), seksi 5 Legok-Ujung Jaya (14,9 km), dan seksi 6 (Ujung Jaya-Dawuan (6,065 km).

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak ulasan terbaru lainnya di artikel.rumah123.com.

Lalu jangan lupa untuk mengikuti Google News dari Rumah123.com.

Grand Al Ihsan Premiere menjadi salah satu perumahan terbesar di Kota Bekasi.

Tertarik? Informasi lebih lengkap kunjungi Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: , , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA