OK
Panduan

Tips Memilih Panel Box Listrik yang Tepat untuk Keamanan dan Kinerja Sistem Listrik

09 Mei 2023 · 4 min read Author: Elmi Rahmatika

tips memilih panel box listrik

Keberadaan panel box listrik yang tepat dapat memastikan keamanan dan kinerja sistem listrik yang baik dikarenakan pendistribusian arus listrik pada bangunan dipusatkan dari komponen penting ini.

Sebelum memahami bagaimana panel kelistrikan ini bekerja dan fungsinya, pertama-tama penting untuk memahami definisi panel boks listrik.

Panel box listrik adalah kotak yang berfungsi sebagai pusat distribusi listrik ke berbagai area di dalam sebuah bangunan atau rumah.

Karena merupakan bagian penting dari sistem listrik, panel boks listrik sering menjadi pusat instalasi listrik yang utama.

Fungsi Panel Box Listrik

ragam fungsi panel box listrik

Fungsi kotak panel kelistrikan sendiri adalah untuk mendistribusikan listrik dari jaringan PLN atau sumber lainnya ke berbagai bagian bangunan atau rumah.

Berbagai komponen seperti MCB (miniature circuit breaker) dan RCD (residual current device) dipasang di boks listrik diketahui dapat memutus aliran listrik ketika terjadi gangguan atau kelebihan arus.

Apa Isi Panel Box Listrik

bagian isi panel box listrik

  • Miniature Circuit Board (MCB)
  • Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)
  • Residual Current Device (RCD) atau Ground Fault Circuit Interrupter (GFCI)
  • Grounding
  • Kabel untuk Fase (warna merah, kuning, hitam)
  • Kabel untuk Netral (warna biru muda)
  • Kabel untuk Ground (warna hijau atau kuning)
  • Current Transformer (CT)
  • Surge Arrester

Cara Memilih Panel Box Listrik

Untuk memastikan kinerja sistem listrik berjalan dengan aman dan optimal, memperhatikan pemilihan panel boks listrik yang tepat untuk keperluan rumah atau gedung menjadi hal yang sangatlah penting.

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih panel box listrik antara lain yakni

  • Daya listrik yang diperlukan
  • Jumlah sirkuit listrik
  • Jenis sirkuit yang akan digunakan

Besarnya daya listrik yang dibutuhkan sangat bergantung pada jumlah peralatan listrik yang digunakan serta kapasitas dari masing-masing peralatan tersebut.

Ketika semakin banyak peralatan listrik yang digunakan, maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan, dan begitu pula dengan kapasitas panel boks listrik yang dibutuhkan.

Jenis Panel Box Listrik

jenis panel box listrik

Terdapat berbagai jenis kotak panel kelistrikan yang dapat dipilih dan dibeli di pasaran, antara lain panel berjenis surface mounted dan flush mounted.

Panel box listrik surface mounted dan flush mounted adalah dua jenis kotak panel kelistrikan yang berbeda dalam cara pemasangan dan penempatannya.

Panel Box Surface Mounted

Pemasangan pada permukaan dinding atau permukaan yang datar lainnya. Dalam hal ini, panel box terlihat seperti kotak yang menempel pada permukaan dinding.

Pemasangan panel box surface mounted umumnya lebih mudah dan cepat, serta memungkinkan panel box mudah diakses karena terpasang di luar dinding.

Panel Box Flushed Mounted

Pemasangan di dalam dinding dan sejajar dengan permukaan dinding. Dalam hal ini, panel listrik tersembunyi di balik dinding dan hanya terlihat bagian depannya yang datar dan sejajar dengan dinding.

Pemasangan panel box flush mounted memerlukan lubang di dinding yang sesuai dengan ukuran panel box dan instalasi yang lebih rumit dibandingkan dengan panel box surface mounted.

Dalam memilih panel box listrik yang tepat untuk keamanan dan kinerja sistem listrik, Anda pun perlu memperhatikan sertifikasi panel boks listrik yang akan dipilih.

Pastikan kotak panel kelistrikan yang akan dipilih telah memenuhi standar keselamatan listrik yang berlaku di Indonesia, seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) dan IEC (International Electrotechnical Commission). 

Selain itu, pastikan juga untuk memperhitungkan anggaran yang tersedia.

Jangan memilih panel boks listrik yang terlalu murah karena kualitasnya mungkin kurang baik dan dapat mengancam keselamatan sistem listrik.

Upayakan untuk berkonsultasi juga dengan pakar kelistrikan atau penyedia jasa tukang pasang instalasi listrik yang Anda percaya baik dari pemilihan hingga pemasangan.

Selalu ingat juga, memilih panel box listrik yang berkualitas dengan harga yang sesuai dengan anggaran yang tersedia adalah sebuah investasi jangka panjang untuk urusan kelistrikan bangunan Anda yang lebih optimal.

***

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya, Property People.

Baca juga beragam informasi menarik lainnya dengan mengikuti Rumah123 di Google News, ya.

Kamu juga bisa kunjungi artikel.rumah123.com untuk menemukan berita ter-update seputar properti.

Pastikan membuka laman Rumah123.com untuk menemukan hunian impian.

Tenang saja, kami selalu #AdaBuatKamu dengan berbagai penawaran properti yang menarik!


Tag: ,


Elmi Rahmatika

Content Jr. Manager

Lulusan Sastra Inggris Universitas Pendidikan Indonesia yang suka menulis seputar gaya hidup dan sastra remeh-temeh. Sejak 2019 bergelut di dunia properti dan penulisan konten SEO di 99 Group. Di waktu senggang senang baca apa saja dan jalan-jalan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA