ikan channa

Ikan Gabus seharga Rp50 juta? Wah, kamu tertarik buat pelihara gak? Yuk, simak ulasan lengkapnya tentang ikan Channa yang masih keluarga Ikan Gabus.

Saat kamu berada di rumah saja lantaran pagebluk, orang mulai memiliki hobi untuk mengisi waktu luang seperti memelihara hewan seperti ikan.

Di awal pandemi Covid-19, banyak orang yang mengoleksi ikan cupang. Tren ikan aduan ini sempat viral, mungkin kamu termasuk ya.

Bahkan harga ikan cupang pun sempat tinggi, terlebih jika ikan memiliki corak yang bagus dan jarang dimiliki.

Selain itu, tidak sedikit orang yang memilih ikan lain seperti ikan channa. Banyak sih, pilihan untuk ikan hias peliharaan.

Ikan channa termasuk ikan hias yang masih menjadi keluarga ikan gabus tetapi memiliki harga yang terbilang mahal.

Nah, bagi kamu yang kurang tertarik dengan ikan cupang, mungkin kerabat ikan gabus ini bisa menjadi pilihan untuk kamu pelihara.

Namun, sebelum memelihara, kenali dahulu ikan tersebut dan kira-kira berapa sih harga dari ikan yang sedang naik daun ini.

Ikan channa

Kenal Lebih Dekat dengan Ikan Channa

Nama channa merupakan nama famili dari ikan gabus. Ikan yang sering kali menjadi santapan masyarakat Indonesia. Istilah channa pun merujuk pada nama ilmiah dari family Channidae.

Hampir mirip dengan ikan cupang, channa memiliki sifat yang bisa menyerang sesama jenis yang masuk dalam wilayahnya.

Oleh karena itulah, ikan channa biasanya dipelihara sendirian atau hanya terdapat satu ikan saja dalam satu akuarium.

Dilansir dari berbagai sumber, channa merupakan snakehead emperor alias kaisar kepala ular. Hal ini dikarenakan bentuk kepala ikan ini menyerupai ular.

Hingga saat ini, bisa dikatakan bahwa ikan channa memiliki 50 lebih spesies yang tersebar di Asia hingga Afrika.

Kekayaan spesies yang sangat tinggi terdapat di Myanmar dan India. Selain itu, ikan ini tersebar dari Irak di barat hingga Indonesia dan Cina di Timur.

Nah, buat kamu yang ingin memelihara ikan channa Maru, ikan ini dianggap lebih mudah dipelihara daripada ikan hias lainnya.

Pasalnya, ikan channa bisa hidup di air dengan oksigen yang minim. Jadi, kamu tidak perlu instalasi aerator atau penambahan oksigen di akuarium.

Jenis-Jenis Ikan Chana dan Harganya

Ikan yang memiliki warna eksotis ini bisa menjadi koleksi yang menyegarkan mata. Namun, kamu perlu tahu terlebih dahulu berapa harga ikan channa.

Beberapa waktu lalu, ikan ini sempat viral di Twitter, karena memiliki harga yang sangat mahal hingga puluhan juta per ekornya.

Adapun beberapa jenis ikan antara lain, jenis ikan channa limbata, jenis ikan channa pulchra, jenis ikan channa maru, dan jenis lainnya.

Ikan channa barca disebut-sebut menjadi ikan channa termahal. Channa dengan kategori High Fin grade A dan memiliki panjang 44 cm dibanderol seharga Rp55 juta. Wow!

Keunikan dari jenis barca ini adalah dari warna abunya yang terang dan memiliki motif totol yang berwarna hitam, serta memiliki bagian lebar pada sirip punggung.

Tidak hanya itu, bagian ekor dan perutnya pun memiliki warna hijau tosca yang cantik saat terkena cahaya.

Namun, untuk harga channa lokal, seperti anakan yellow sentarum dengan ukuran 5-6 cm hanya dibanderol sekitar Rp30.000 – Rp45.000 per ekor.

Sedangkan, jenis channa impor seperti, pulchra yang berukuran 5-6 cm dijual dengan harga sekitar Rp50.000 per ekor.

Bagi kamu pecinta ikan air tawar, ikan channa bisa menjadi pilihan untuk kamu pelihara. Siapkan budget yang banyak jika ingin ikan dengan corak yang cantik.

Rumah123.com pernah membahas mengenai ikan glodok, ikan ini bisa melompat, berjalan, dan naik pohon.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Serpong Garden Village.

Bagikan:
317 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia