Setelah meresmikan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada Agustus 2016 yang lalu, kini pemerintah tengah mengupayakan untuk menyelesaikan pengerjaan terminal 4 Bandara Soekarno Hatta.

Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta diharapkan mampu memenuhi kebutuhan mobilitas transportasi masyarakat, khususnya di transportasi udara.

Melansir situs Angkasa Pura 2, terminal ini akan dibangun di atas lahan Soewarna Golf, Tangerang, Banten.

Kira-kira apa saja keistimewaan terminal 4 bandara ini?

Dan berapa ya biaya yang perlu dikeluarkan?

Yuk, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Terminal 4 Bandara Soekarno Hatta

Terminal 4 Bandara Soetta 1 Sumber: Renderingindonesia

Untuk spesifikasi lengkapnya, terminal 4 memiliki kemampuan untuk menampung 75 pesawat.

Adapun, parking area pada terminal 4 Bandara Soekarno Hatta tersebut direncanakan seluas 40 ribu meter persegi.

Terminal 4 Bandara Soetta diproyeksikan, dapat mengangkut 32 juta penumpang per tahun.

Dengan terminal area seluas 389 ribu meter2, nantinya akan terdapat 30 unit gate.

Dengan adanya terminal ini, diharapkan dapat mendongkrak kapasitas Bandara Soekarno Hatta secara keseluruhan mencapai angka 110 juta penumpang per tahunnya.

Menelan Anggaran Hingga Rp14 Triliun

Terminal 3 bandara Soekarno Hatta Sumber: Kompas

Guna membangun terminal yang cukup besar tersebut, butuh setidaknya anggaran yang tidak sedikit.

Melansir Liputan6, nominalnya sendiri mencapai angka Rp14 triliun.

Angka ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pembangunan terminal 3 yang mencapai Rp7 triliun hingga Rp8 triliun.

Meskipun menelan angka yang lumayan fantastis, terminal 4 ini juga menghadapi berbagai kendala dalam proses perencanaan hingga konstruksi.

Penyelesaian Molor hingga Tahun 2024

Pengerjaan proyek terminal Bandara Soetta Sumber: CNN Indonesia

Proses pembangunan terminal 4 Soekarno Hatta yang awalnya direncanakan selesai pada akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023, terancam molor hingga tahun 2024.

Hal ini karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air.

"Terminal 4 sekarang sedang penyelesaian untuk proses desain planning. Desainnya ada 3 kategori desain, satu adalah konseptual desain, yang kedua adalah basic detail, yang ketiga adalah detail engineering design. Nah, kami sedang memproses untuk menyelesaikan itu dan harapannya itu di sekitar Februari 2021," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin kepada detikcom dalam wawancara khusus pada Jumat (28/8/2020).

"Sebelumnya kan kami menargetkan itu bisa dipercepat selesai di 2023, tapi karena dengan situasi pandemi COVID-19 ini ada pergeseran karena kita mendiskusikan bahwa kemungkinan untuk proses pembangunannya agak sedikit tertunda karena kan sebelumnya dengan konsep self financing, kemudian melakukan rencananya dengan project financing atau partnership strategies jadi kemitraan strategis. Nah itu yang kemudian penundaan ini agak mundur sedikit jadi kurang lebih kita akan bisa mulai di Januari 2022 dan akan selesai di pertengahan 2024," tambahnya.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai perkembangan pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno Hatta yang bisa kamu ketahui.

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Golden Estetia Depok.

Dan jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
115 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia