tata cara wudhu

Berikut ulasan tentang tata cara wudhu yang benar beserta doanya. Bagi kamu yang belum tahu, simak penjelasannya berikut ini ya.

Aktivitas berwudhu merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menyucikan anggota tubuh dengan air.

Bersuci merupakan salah satu hal wajib yang perlu dilakukan oleh setiap muslim sebelum melaksanakan salat, membaca Al Quran, dan lainnya.

Selain berwudhu, salah satu cara untuk menyucikan diri sebelum salat adalah dengan tayamum. Hal ini dilakukan jika tidak adanya air di sekitar kamu.

Karena hukumnya wajib, wudhu tidak boleh dilakukan sembarangan atau harus sesuai dengan urutannya.

Lantas, bagaimana langkah-langkah wudhu yang benar?

Nah, berikut beberapa tata cara wudhu yang benar, Rumah123.com telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Tata Cara Wudhu Lengkap dengan Bacaannya

1. Niat Wudhu

Sebelum wudhu, kamu harus membaca niat sebagai kesungguhan hati untuk berwudhu karena melaksanakan perintah Allah SWT.

Niat wudhu, adalah:

“Nawaitul wudhuu-a lirafill hadaatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”.

Artinya:

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu karena Allah”.

2. Membaca Basmallah

Setelah niat, lalu lanjutkan dengan bacaan basmallah. Membaca basmallah ini dilakukan sambil mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali hingga ke sela jari.

3. Berkumur

Gerakan selanjutnya adalah berkumur sebanyak tiga kali, sambil membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal setelah makan.

4. Mencuci Lubang Hidung

Lalu kamu dapat melanjutkan dengan mencuci lubang hidung yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya.

Disunahkan untuk mencuci lubang hidung dengan cara menghirup air dalam sekali hirup serta mengeluarkannya dengan memencet hidung sebanyak 3 kali.

5. Mencuci Muka

Kegiatan selanjutnya adalah mencuci muka tiga kali. Lakukan hal ini mulai dari ujung kepala tempat tumbuhnya rambut hingga bawah dagu, serta bersihkan telinga kanan ke tellinga kiri.

6. Mencuci Kedua Tangan Hingga Siku

Setelah mencuci muka, cucilah kedua tangan hingga siku sebanyak tiga kali. Disarankan untuk mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan terlebih dahulu.

Hal ini telah tercantum dalam surat Al-Maidah ayat 6 sesuai dengan perintah Allah SWT.

7. Mengusap Kepala

Tata cara wudhu setelah tangan adalah mengusap kepala dari depan hingga ke bagian belakang kepala.

8. Membersihkan Kedua Telinga

Setelah itu, kamu dapat melanjutkan untuk membersihkan kedua daun telinga secara bergantian.

Cara membersihkannya adalah dengan memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga, lalu usap dengan ibu jari pada kedua daun telinga. Kamu dapat melakukannya berbarengan kanan dan kiri.

9. Mencuci Kedua Kaki

Selanjutnya membasuh kedua kaki hingga atas mata kaki. Kamu harus melakukannya sebanyak tiga kali, dan bagian kanan terlebih dahulu.

Saat menggosok kaki, Rasulullah menyuruh umatnya untuk berhati-hati, karena bila tidak sempurna dalam membasuhnya dapat terkena ancaman neraka.

Jadi, pastikan kalau seluruh kulit yang terlipat terkena air wudhu secara sempurna.

10. Membaca Doa Wudhu

Tata cara wudhu yang terakhir adalah membaca doa setelah berwudhu, disarankan untuk menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min’ibaadikash shalihiina”.

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikalah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang saleh”.

tata cara wudhu

Manfaat Berwudhu

Selain tata cara wudhu, ternyata berwudhu memiliki manfaat bagi kesehatan, lo. Berikut beberapa manfaat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cuci tangan bermanfaat bagi kesehatan dengan memijat bagian jari dan sela-sela. Dengan begitu dapat melancarkan penyumbatan saraf.

2. Berkumur dapat bermanfaat melindungi mulut dari peradangan dan dapat melindungi gusi supaya tidak terjadi peradangan.

3. Menghirup air ke lubang hidung dan mengeluarkan (sunah) dapat mencegah terjadinya ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).

4. Membasuh wajah bisa membersihkan kotoran yang ada di wajah.

5. Membasuh kedua tangan kanan dan kiri sampai siku dapat membersihkan sisa-sisa debu dan bakteri yang ada pada lipatan siku.

6. Mengusap kepala dan rambut dapat memberikan dampak yang baik bagi kulit kepala dan memberi kesegaran.

7. Membersihkan telinga akan membersihkan sisa-sisa debu dan bakteri yang ada di telinga.

8. Membasuh kaki kanan dan kiri pun akan menimbulkan rasa tenang.

Itulah beberapa manfaat serta tata cara wudhu beserta doanya yang perlu kamu tahu untuk diaplikasikan sehari-hari.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Suncity Residence hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
4759 kali