OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Baru Diluncurkan, Ini Serba-serbi Sertifikat Tanah Elektronik yang Wajib Diketahui

07 Desember 2023 · 2 min read Author: Maskah Alghofar · Editor: Kartika Ratnasari

Serba-serbi Sertifikat Tanah Elektronik

Sumber: Kompas.com

Serba-serbi sertifikat tanah elektronik ini akan membantu mengetahui apa saja yang berubah dari sertifikat tanah konvensional. Simak di sini.

Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah resmi meluncurkan dan melakukan penerapan sertifikat tanah elektronik di Indonesia.

Peluncuran sertifikat tanah elektronik ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan didampingi Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto pada Senin (04/12/2023).

Ada sekitar 10 perwakilan penerima untuk penyerahan secara simbolis sertifikat tanah elektronik tersebut.

Sertifikat ini nantinya akan segera diterapkan di Indonesia untuk memudahkan pemberkasan mengenai pertanahan di tanah air.

Perihal tersebut, ada sejumlah kebijakan baru yang perlu diketahui masyarakat Indonesia terkait dengan sertifikat non konvensional ini.

Berikut serba-serbi sertifikat tanah elektronik sebagaimana dikutip pernyataan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dan informasi dari unggahan akun Instagram resmi Kementerian ATR/BPN pada Senin (04/12/2023):

Serba-serbi Sertifikat Tanah Elektronik yang Wajib Diketahui

serba-serbi sertifikat tanah elektronik

Sumber: Suara Surabaya

Berikut ini sejumlah serba-serbi sertifikat tanah elektronik yang wajib diketahui masyarakat Indonesia.

1. Ada Dua Format Sertifikat Tanah

Hadirnya sertifikat tanah elektronik ini membuat format sertifikat tanah bertambah.

Sertifikat hak atas tanah yang dipegang secara fisik (konvensional) dan sertifikat hak atas tanah dalam bentuk dokumen elektronik.

2. Sertifikat Tanah Hanya Selembar dan Satu Warna

Sertifikat hak atas tanah yang sebelumnya cukup beragam warna kini akan diseragamkan menjadi satu warna dan bentuk saja.

Selain itu, sertifikat hak atas tanah yang tadinya berupa blanko yang terdiri dari beberapa lembar, akan menjadi satu lembar sertifikat tanah elektronik

3. Tetap Bisa Memiliki Salinan Cetaknya

Meski berbentuk dokumen elektronik, rupanya masyarakat bisa membuat salinan resmi dalam bentuk cetak berupa security paper. 

Namun, pencetakan sertifikat tanah elektronik dalam bentuk salinan resmi security paper hanya bisa dilakukan di Kantor Pertanahan dan atas izin pemegang hak yang terverifikasi.

Kamu bisa melihat verifikasi hak atas tanah tersebut dalam aplikasi Sentuh Tanahku serta tervalidasi datanya dalam sistem elektronik.

4. Terintegrasi Aplikasi Sentuh Tanahku

Nantinya, sertifikat tanah elektronik ini akan terintegrasi dengan aplikasi Sentuh Tanahku.

Setiap pemegang hak tanah akan mendapat brankas yang di dalamnya terdapat block data untuk menyimpan dokumen pertanahan tersebut.

***

Itulah ulasan seputar serba-serbi sertifikat tanah elektronik yang wajib diketahui masyarakat Indonesia.

Baca juga ulasan lain mengenai kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita terupdate, sekarang kamu bisa mengikuti Google News kami, lo.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123.com dan dapatkan berbagai penawaran menarik karena kami selalu #AdaBuatKamu.



Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya