OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Ringkasan Ceramah Ramadhan Beserta Nama Penceramah. Lengkap!

19 Februari 2024 · 5 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

ustaz ceramah di mesjid

ringkasan ceramah ramadhan beserta nama penceramah | sumber: shutterstock.com

Apakah kamu sedang mencari ringkasan ceramah Ramadhan beserta nama penceramah yang berisi materi memukau? Yuk, lihat informasinya pada artikel ini!

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi umat Islam. 

Di bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. 

Selain itu, banyak amalan-amalan lain yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan, seperti salat Tarawih, tadarus Al-Qur’an, dan zakat.

Salah satu amalan yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan di bulan Ramadhan adalah dengan mendengarkan ceramah agama. 

Ceramah agama dapat memberikan pencerahan dan motivasi bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah dengan lebih baik.

Nah biasanya, ceramah ini memiliki bobot yang panjang sehingga bagi pribadi yang tak punya banyak waktu akan sulit membacanya.

Untuk itu, berikut Rumah123 hadirkan ringkasan ceramah ramadhan beserta nama penceramah yang bisa membantumu untuk mendapatkan siraman rohani.

Melansir dari banyak sumber, yuk simak penjelasannya pada uraian di bawah ini.

5 Ringkasan Ceramah Ramadhan Beserta Nama Penceramah

1. Ringkasan Ceramah Ramadhan Ustaz Ahmad Firdaus, Lc.

Ceramah ini membahas tentang keutamaan bulan Ramadan yang sangat beragam. Ustadz Ahmad Firdaus, Lc. menyoroti bahwa bulan Ramadan adalah waktu yang istimewa di mana Allah Swt. memberikan berbagai anugerah kepada umat Islam yang berpuasa.

Komentar-komentar dari penonton menggambarkan apresiasi dan harapan terhadap bulan Ramadan, serta doa agar pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga umat Muslim dapat menjalankan ibadah dengan normal seperti tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa komentar menyoroti kerinduan akan Ramadan tahun-tahun sebelumnya, sementara yang lain mengungkapkan harapan agar Ramadan mendatang lebih baik dari sebelumnya. 

Ada juga doa agar pandemi segera berakhir sehingga umat Muslim dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk dan aman. 

Selain itu, ada ungkapan syukur kepada Allah Swt. atas anugerah Ramadan yang telah diberikan kepada umat Islam.

Pada akhirnya, ceramah ini memberikan inspirasi dan dorongan kepada para pendengar untuk menyambut bulan Ramadan dengan penuh keikhlasan dan semangat ibadah.

2. Ringkasan Ceramah Ramadhan Beserta Nama Penceramah Ustaz Adi Hidayat

Ceramah ini membahas beberapa poin penting terkait keutamaan Ramadan dan praktik ibadah selama bulan suci ini. 

  1. Hoax Yahudi tentang puasa: Nabi Muhammad mengklarifikasi hoax yang dibangun oleh orang-orang Yahudi di Madinah terkait puasa Ramadan.
  2. Makna puasa: Nabi menyampaikan makna puasa kepada sahabat-sahabatnya, menegaskan bahwa puasa adalah perintah Allah.
  3. Keutamaan puasa: Puasa Ramadan memiliki keutamaan yang luar biasa, termasuk pintu-pintu surga yang dibuka dan ampunan Allah yang lebih mudah diperoleh.
  4. Waktu-waktu strategis untuk berdoa: Ada waktu-waktu strategis yang dianjurkan untuk berdoa selama Ramadan, seperti sepertiga malam, antara adzan dan iqamat, dan di mihrab.
  5. Doa yang dikabulkan: Doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, seperti doa malam al-Qadr dan doa ampunan, memiliki kekuatan besar dalam mendapatkan ampunan dan karunia Allah.
  6. Persiapan untuk Ramadan: Penting untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut Ramadan karena kesempatan untuk menggugurkan dosa-dosa sangat berharga dan tidak mudah didapatkan.

3. Ringkasan Ceramah Ramadhan Beserta Nama Penceramah Buya Yahya

Ceramah dalam video ini membahas tentang keutamaan puasa Ramadan. 

Pembicara menyebutkan bahwa puasa Ramadan adalah waktu untuk meningkatkan iman, kesabaran, dan harapan akan pahala dari Allah. 

Dia menjelaskan bahwa syarat utama puasa adalah iman dan mengharap pahala hanya dari Allah. 

Pembicara menekankan pentingnya menjaga ibadah sepanjang waktu, baik saat terjaga maupun saat tidur, karena semua waktu dianggap sebagai ibadah jika niatnya tulus. 

Selain itu, pembicara menyoroti pentingnya mencari malam Lailatul Qadar, yang dipercayai berada di 10 malam terakhir Ramadan, dan mendorong untuk beribadah dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan ampunan dari Allah. 

Terakhir, pembicara menekankan agar tidak meninggalkan puasa Ramadan kecuali ada udzur yang sah karena meninggalkan puasa tanpa alasan yang benar dapat menjadi dosa besar di hadapan Allah.

4. Ringkasan Ceramah Ramadhan Beserta Nama Penceramah Mamah Dedeh

Ceramah dalam video ini membahas beragam aspek keutamaan bulan Ramadan, termasuk ampunan dan rida Allah yang melimpah kepada orang-orang yang berpuasa. 

Penceramah menekankan pentingnya taubat dan ibadah di bulan ini sebagai sarana untuk memperoleh ampunan Allah. 

Bulan Ramadhan dijelaskan sebagai bulan penuh keberkahan, rahmat, dan ampunan, serta kesempatan untuk mendapatkan pahala besar dengan melakukan ibadah malam, seperti tarawih dan tahajud. 

Pembahasan juga mencakup zakat fitrah sebagai bentuk amal yang membersihkan dosa dan menahan diri dari perbuatan dosa serta menjaga kemuliaan dan kesucian diri. 

Selain itu, pertanyaan dari penonton mengenai pengetahuan tentang Allah meridai amal ibadah juga dijawab dengan menjelaskan bahwa niat dan amal yang dilakukan dengan ikhlas dan sesuai syariat adalah tanda bahwa amal tersebut diterima oleh Allah.

5. Ringkasan Ceramah Ramadhan Beserta Nama Penceramah Ustaz Hanan Attaki

Ceramah ini membahas keutamaan bulan Ramadan menurut ajaran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Bulan Ramadan disebut sebagai bulan penuh berkah, di mana pintu surga terbuka dan pintu neraka ditutup.

Terdapat satu malam di dalamnya yang lebih baik dari seribu bulan, di mana melakukan ibadah pada malam tersebut nilainya lebih tinggi di sisi Allah.

Ramadan juga dipilih oleh Allah untuk menurunkan Al-Quran, menunjukkan keistimewaan dan kemuliaannya di antara bulan lain.

Selain itu, Ramadan juga disebut sebagai bulan taubat, di mana amal saleh di bulan ini dijadikan penghapus dosa bagi yang melakukannya dengan iman dan ikhlas.

Ceramah ini menekankan pentingnya memanfaatkan Ramadan untuk memperbanyak amal shalih, membaca Al-Quran, melakukan taubat, dan menjauhi kesalahan masa lalu.

***

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untukmu ya, Property People.

Dapatkan informasi lainnya, seperti ceramah ramadhan singkat hanya di laman artikel.rumah123.com.

Yuk, kunjungi juga Teras123 untuk ngobrolin properti bersama expert!

Siapa tahu, kalau kamu ingin beli rumah di Rumah123, tapi belum tahu apa saja persyaratan yang perlu dikumpulkan, langsung tanya-tanya saja karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya