OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Rekomendasi AC Air Purifier, Mendinginkan Sekaligus Tangkal Polusi di Rumah

17 Oktober 2023 · 5 min read Author: Tiara

menyalakan ac dalam ruangan

Ilustrasi AC Air Purifier – sumber: artikel.rumah123.com

Memburuknya indeks polusi secara ekstrem di beberapa kota besar di Indonesia, membuat banyak masyarakat, khususnya anak kecil yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Laporan kasusnya di Jakarta dan sekitarnya pun disebutkan melonjak tajam. Belum lagi beberapa kota di wilayah Sumatera dan Kalimantan tengah dikepung kabut asap tebal yang mengancam kesehatan. 

Partikel berbahaya yang terdapat dalam polusi sangatlah membahayakan. Menggunakan masker pun kadang tidak cukup karena ternyata, ada partikel yang sangat kecil dan bisa masuk ke dalam jaringan tanpa terduga seperti PM 2.5. 

PM 2.5 adalah partikel ini yang ukurannya lebih kecil dari 2.5 mikron (mikrometer) dan dapat melayang di udara dalam waktu yang relatif lama.

Umumnya, PM 2.5 bersumber dari proses pembakaran seperti dari kompor, kayu bakar, rokok, kembang api, pembakaran motor, dan lainnya. Bentuknya cukup bermacam-macam, bisa berupa debu, jelaga, serbuk sari, asap kebakaran, hingga kotoran. 

Partikel PM 2.5 disebut merupakan polutan yang sangat berbahaya. Pasalnya, jika terhirup lewat hidung dan mulut, PM 2.5 bisa masuk lalu menembus jaringan tubuh lewat aliran darah.

Dalam jangka pendek, orang yang terpapar PM 2.5 akan menunjukkan gejala iritasi tenggorokan, batuk, dan susah bernapas.

Jika tak segera diobati, maka penyakitnya bisa semakin parah seperti asma, penurunan fungsi paru, detak jantung tak beraturan, sakit jantung dan paru, bronkitis, hingga kematian dini. 

ibu dan anak menggunakan masker

Polusi kian tinggi sehingga diperlukan AC 2in1 yang dapat mendinginkan sekaligus menyaring udara – sumber: artikel.rumah123.com

Polutan berbahaya PM 2.5 ini pun tanpa kita sadari dapat terbawa dan terjebak di dalam ruangan ketika membuka pintu atau jendela, menempel pada tubuh dan pakaian, dan melalui celah-celah pada ruangan sehingga udara di dalam ruangan ini pun memiliki potensi 2-5x lebih berpolusi dibandingkan dengan udara di luar ruangan.

Itulah sebabnya AC air purifier menjadi salah satu barang yang harus dimiliki di rumah-rumah.

Peran AC 2 in 1 yang dilengkapi dengan air purifier seperti Panasonic dengan teknologi nanoe™X bisa menjadi opsi menarik bagi masyarakat yang menginginkan kepraktisan, karena tak hanya mendinginkan, ruangan pun jadi lebih steril dari polusi dan senyawa membahayakan lainnya. 

AC Panasonic 2 IN 1 (AC + Air Purifier)

Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, Panasonic mampu menghadirkan perangkat elektronik dengan teknologi dan fitur revolusioner, termasuk produk AC yang berkualitas.

Bukan hanya berfungsi sebagai pendingin ruangan, AC Panasonic telah dilengkapi dengan nanoe™X, sebuah teknologi pemurnian udara yang berfungsi untuk memurnikan serta menjaga kualitas udara di rumah.

Kehadiran fitur nanoe™X pada AC Panasonic pun membuatnya menjadi AC 2 in 1 yaitu sebagai pendingin ruangan sekaligus air purifier untuk memurnikan udara.

Panasonic AC air purifier dengan teknologi nanoe™X dilengkapi dengan generator untuk menghasilkan Radikal Hydroxyl (OH Radical) sebanyak 4,8 triliun partikel/detik yang dapat melembapkan kulit dan rambut hingga dapat membantu menghilangkan polutan berbahaya seperti:

  • Debu dan senyawa berbahaya lainnya seperti parafin hexadecane yang ditemukan dalam PM2.5 yang masuk ke dalam rumah baik di udara maupun yang menempel di permukaan benda
  • Senyawa allergen sehingga cocok untuk penghuni yang menderita alergi
  • Bakteri, virus, serbuk, dan jamur hingga 99 persen
  • Bau tak sedap seperti aroma durian, bau keringat, hewan peliharaan, hingga bau rokok.

Walaupun AC dalam keadaan nonaktif, fitur nanoe™X dapat terus dinyalakan sehingga dapat memberikan perlindungan penuh selama 24 jam. Tidak perlu khawatir tagihan akan membengkak karena konsumsi dayanya rendah yaitu hanya 25 watt saja. Udara di dalam rumah pun jadi lebih bersih, sehat, dan segar.

ac 2in1 nanoex panasonic

Berikut beberapa seri AC Panasonic yang telah dilengkapi teknologi ini ialah:

ac 2in1 panasonic

Sumber: achematlistrik.id

  • Panasonic Premium Inverter XKP Series Aircon: CS/CU-XU10XKP (1HP), CS/CU-XU13XKP (1.5HP), CS/CU- XU18XKP (2HP), dan CS/CU- XU24XKP (2.5HP).
  • Panasonic Deluxe Inverter si-BiRU XKJ Series Aircon: CS/CU-XPU5XKJ (1/2HP), CS/CU- XPU7XKJ (3/4HP), CS/CU- XPU9XKJ(1.0HP), CS/CU- XPU12XKJ (1.5HP), CS/CU- XPU18XKJ(2.0HP), dan CS/CU- XPU24XKJ(2.5HP).
  • Panasonic Deluxe Low Watt si-BiRU WKJ Series Aircon: CS/CU-XN5WKJ (1/2HP), CS/CU-XN7WKJ (3/4HP), CS/CU-XN9WKJ (1.0HP).
  • Panasonic Deluxe Non Inverter si-BiRU WKJ Series Aircon: CS/CU-PN5WKJ (1/2HP), CS/CU-PN7WKJ (3/4HP), CS/CU-PN9WKJ (1.0HP), CS/CU-PN12WKJ (1.5HP), CS/CU-PN18WKJ(2.0HP), dan CS/CU-PN24WKJ (2.5HP).

Selain punya fungsi ganda berkat kehadiran nanoe™X, kelebihan lainnya dari AC Panasonic ialah kehadiran si-BiRU pada evaporator dan kondensor sehingga anti karat dan antibocor.

si-biru ac panasonic

Oleh karena itu, AC Panasonic yang telah dilengkapi si-BiRU sangat sesuai dengan iklim tropis Indonesia yang lembap yang rentan akan korosi/karat karena dilapisi Blue Fin pada evaporator dan kondensor sehingga tahan terhadap korosi dari udara, air, dan zat korosif lainnya. 

Outdoor AC Panasonic Ecotough

Sumber: achematlistrik.id

Ditambah lagi, outdoor AC Panasonic juga sudah EcoTough yang membuat AC Panasonic bukan hanya tahan karat, namun juga memperindah tampilan rumah Anda dengan warna industrialnya.

Jadi, sangat cocok untuk masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di area pesisir pantai dengan cuaca lebih ekstrem dan rentan korosi.

Semoga rekomendasi AC air purifier di atas dapat berguna untukmu, Property People!


Tag: , ,


Tiara

Content Manager

Content Manager 99 Group (Rumah123.com & 99.co Indonesia) - jurnalis/penulis/editor yang senang traveling
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA