OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Deretan Proyek Infrsatruktur yang Diprioritaskan Rampung Tahun 2024. Ada PSN!

30 Maret 2023 · 3 min read Author: Hanifah

proyek infrastruktur prioritas pemerintah

Sejumlah proyek infrastruktur kini tengah menjadi prioritas pemerintah untuk selesai per tahun 2024. Apa sajakah itu? Yuk, simak daftar lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pada hari Rabu (29/3/2023) lalu, berlangsung Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dalam rangka Pembahasan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa.

Agenda utamanya adalah membahas proyek infrastruktur yang menjadi prioritas untuk rampung di tahun 2024.

Berikut informasi selengkapnya!

Proyek Infrastruktur yang Diprioritaskan Rampung 2024

proyek pembangunan nasional

Sumber: pu.go.id

Pada sasaran Prioritas Nasional (PN) yang akan dicapai di tahun 2023, Kementerian PUPR akan melaksanakan kegiatan melalui 24 Major Project (MP) dengan 827 kegiatan.

Total anggaran yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut mencapai Rp77,34 triliun.

Selain itu, pemerintah juga akan berfokus dalam menyelesaikan beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) serta program percepatan pembangunan wilayah.

“Dalam penyelesaian PSN, Kementerian PUPR tengah melaksanakan pembangunan 9 bendungan, kemudian pembangunan dan rehabilitasi 5 jaringan irigasi, pembangunan 5 jalan tol, 4 SPAM, serta tanggul laut di DKI Jakarta,” jelas Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (30/3/2023).

Adapun proyek PSN yang tengah dalam penyelesaian adalah bendungan Manikin, Way Apu, Bulango Ulu, Meninting, Rukoh, Leuwikeris, Lausimeme, Sidan dan Jlantah.

Lalu, ada proyek pembangunan jaringan irigasi DI. Lhok Guci, DI. Jambo Aye Kanan, DI. Lematang, DI. Baliase, dan DI. Gumbasa.

Untuk jalan tol, pemerintah tengah membangun jalan tol Bogor Ring Road (termasuk Caringin – Salabenda), jalan tol Kayu Agung – Betung, Sigli – Banda Aceh, akses pelabuhan Patimban, dan jalan tol Pasuruan – Probolinggo.

Ada juga proyek SPAM Semarang Barat, Jatiluhur, Wasusokas, dan Benteng Kobema.

Program Percepatan Pembangunan Wilayah

pembangunan jalan tol

Sumber: pu.go.id

Selain proyek-proyek nasional di atas, pemerintah juga akan mendukung percepatan sejumlah proyek pembangunan wilayah.

Salah satunya adalah pembangunan yang mengacu pada Perpres 79/2019.

“Kegiatan yang selesai pada 2023 antara lain Peningkatan Jalan Pringsurat-Secang-Bts. Yogya, Rehabilitasi Waduk Penjalin dan Malahayu, Kab. Brebes, Revitalisasi Rowo Jombor, Kab. Klaten. Sementara kegiatan yang selesai tahun 2024 yakni Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko, Kab. Blora,” kata Basuki.

Sementara jika mengacu pada Perpres 80/2019, kegiatan yang harus selesai di tahun 2023 antara lain Pelebaran Jalan Lawean-Sukapura, Pembangunan Jalan Lingkar Tuban dan Tanggul, Pembangunan Sistem Distribusi SPAM Regional Umbulan, dan Normalisasi Sungai Jeroan.

Lalu, ada juga Perpres 87/2021 yang membahas mengenai pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (seksi 3-6), Pembangunan Breakwater Pantai Timur Pangandaran, dan Pengendalian Banjir Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat.

Sebagai catatan, untuk melakukan pengendalian banjir, pemerintah akan melakukan Normalisasi Sungai Cibolerang dan Revitalisasi Situ Cijawura dan Cimaneuh.

Banyaknya target pembangunan ini membuat pemerintah harus mengidentifikasi serta menajamkan sasaran, target, lokasi, dan rencana pendanaan prioritas.

Karena itulah Basuki sangat berterima kasih atas dukungan dari Bappennas.

“Terima kasih Bapennas atas dukungannya yang menjadi guidance kami, sehingga pada 2023-2024 nanti kita akan bisa lebih banyak mendekati target-target yang telah direncanakan,” pungkas Basuki.

***

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya.

Dapatkan informasi menarik lain seputar properti melalui laman artikel.rumah123.com.

Tertarik membeli rumah di Urban Signature?

Langsung saja temukan penawaran menariknya hanya di Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu, ya.

Kunjungi juga Google News Rumah123 untuk mendapatkan berita paling update!


Tag: , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA