OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Program Sejuta Rumah Sukses Bangun 480.483 Unit di Semester I 2023

25 Juli 2023 · 2 min read Author: Christantio Utama

program sejuta rumah

Sumber: Kompas.com

Sampai dengan paruh pertama tahun 2023, Kementerian PUPR telah membangun sekitar 480 ribu lebuh rumah. Simak informasi lengkapnya!

Setiap tahunnya, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah sederhana layak huni dalam Program Sejuta Rumah (PSR).

Setelah melewati setengah tahun 2023 ini, Kementerian yang dipimpin oleh Menteri Basuki Hadimuljono tersebut menorehkan angka yang cukup baik.

Meskipun demikian, masih ada beberapa pekerjaan yang perlu dituntaskan sampai akhir tahun ini.

Contohnya seperti memastikan bahwa seluruh rumah yang dibangun sudah sesuai standar.

Yuk, langsung saja kita simak informasi lengkapnya di artikel berikut ini, melansir Kompas.com.

Pembangunan Program Sejuta Rumah Capai 480 Ribu Unit

program sejuta rumah kementerian pupr

Sumber: PUPR

Program Sejuta Rumah sepanjang paruh pertama 2023 berhasil mencapai 480.438 unit. Berdasarkan keterangan resmi, capaian tersebut terdiri dari 420.645 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 59.793 unit rumah non-MBR.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan, Iwan Suprijanto mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus mendorong program kerakyatan, seperti PSR.

Tujuan dari pembuatan rumah tersebut tidak lain dan tidak bukan untuk menyediakan hunian layak kepada seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

Guna mensukseskan program tersebut, Iwan berharap peran aktif Pemerintah Daerah (Pemda) serta para pemangku kepentingan bidang perumahan dalam pembangunan hunian yang memenuhi syarat rumah sehat serta layak huni.

Kementerian PUPR  juga mendorong peran Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) dalam proses pendataan pembangunan rumah di daerah.

Direktur Rumah Umum dan Komersial, Fitrah Nur menerangkan, capaian rumah MBR berasal dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR 201.846 unit.

Kemudian ada dari Kementerian/Lembaga lainnya 5.711 unit, Pemda 16.688 unit, pengembang non-FLPP 183.207 unit, CSR perumahan 776 unit dan masyarakat 12.417 unit.

“Untuk rumah non-MBR sebanyak 59.793 unit terdiri dari pembangunan rumah oleh pengembang sebanyak 27.544 unit dan masyarakat 32.249 unit,” ujar Fitrah.

Fitrah berharap, hingga akhir tahun 2023, jumlah pembangunan rumah bisa terus meningkat mengingat kebutuhan hunian masyarakat yang juga terus naik.

***

Nah, itulah tadi informasi tentang progres program Sejuta Rumah dari pemerintah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Property People!

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Cimanggis Golf Estate Depok.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA