OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Pemerintah Siapkan Hunian dan Tunjangan Anak untuk 1.800 PNS yang Pindah ke IKN Nusantara

13 September 2023 · 3 min read Author: Christantio Utama

Pemerintah Siapkan Hunian dan Tunjangan Anak untuk 1.800 PNS yang Pindah ke IKN Nusantara

Sumber: Urbanplus.com

Sebanyak 1.800 Pegawai Negeri Sipil yang pindah ke IKN Nusantara tahun depan akan mendapatkan hunian dan tunjangan anak. Simak informasinya.

Tidak lama lagi Indonesia akan memiliki Ibu Kota baru.

Pemerintah sudah menyiapkan berbagai macam aspek yang perlu dibenahi.

Mulai dari infrastruktur sampai dengan tunjangan yang akan diberikan kepada (Pegawai Negeri Sipil) PNS.

Hal ini menjadi sangat penting karena ada ribuan pekerja dari berbagai instansi negara yang nantinya akan pindah ke IKN Nusantara pada tahun 2024.

Pemerintah sendiri sudah menyiapkan berbagai macam keperluan bagi para PNS yang pindah, di antaranya adalah hunian dan tunjangan anak.

Yuk, kita simak langsung saja informasi singkatnya berikut ini, melansir CNBC Indonesia.

Pemerintah Siapkan Hunian dan Tunjangan Anak untuk 1.800 PNS

pns ikn nusantara

Sumber: OIKN

Ada sekitar 1.800 Pegawai Negeri Sipil akan pindah ke Ibu Kota Nusantara atau IKN pada bulan Juli 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan pemindahan itu disesuaikan dengan jumlah ketersediaan rumah susun yang telah dibangun pemerintah.

“Total kan belasan ribu, tapi yang siap sementara 1.800. Ada 47 tower yang sudah disiapkan, tentu nanti akan berulang,” terang Anas, pada Townhall Meeting di kantor pusat BRIN, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Setelah gelombang pertama ini, pemerintah akan berangsur mengirimkan ASN, baik PNS dan TNI/Polri, hingga mencapai 16.990 orang.

Anas mengungkapkan sudah ada formula untuk menentukan pihak-pihak ASN yang akan dipindahkan sesuai tahapannya.

Menurut data Kementerian PANRB, PNS yang akan dipindahkan pada 2024-2045 terdapat 100.023 orang berdasarkan perhitungan Bappenas.

Terdiri dari pejabat negara 956 orang, jabatan pimpinan tinggi 3.264 orang, dan jabatan fungsional terdapat 95.803 orang.

Berdasarkan jenis kelamin, mayoritas PNS yang akan dipindahkan ke IKN berjenis kelamin laki-laki atau 54%, dan berdasarkan tingkat pendidikan, mayoritas PNS berpendidikan S1 (51,3%, disusul S2 (26,7%), dan DIII (14,8%).

Lalu, mayoritas PNS berada dalam kelompok usia 30-39 tahun (34,5%), disusul 40-49 tahun (28,8%), dan 50-60 tahun (19,8%).

Pembangunan perumahan ASN dan perumahan non-ASN akan difasilitasi oleh pemerintah dengan membuka kesempatan keterlibatan swasta.

Hal ini dituangkan dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (UU IKN).

Selain tempat tinggal, pemerintah juga mempersiapkan dari sisi tunjangan anak pada PNS yang akan pindah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menjelaskan rencana pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (ASN) yang akan dibantu pemerintah.

Suharso memastikan bahwa biaya pemindahan akan ditanggung pemerintah.

“Dalam proses pemindahan, bukan hanya ASN yang akan ditanggung pemerintah. Pemerintah juga akan menanggung pasangan ASN, 2 orang anak dan 1 orang asisten rumah tangga,” kata Suharso di laman Instagram @suharsomonoarfa, dikutip Sabtu (25/2/2023).

Selain itu, Suharso mengatakan terdapat sejumlah komponen yang akan dibiayai pemerintah saat ASN, TNI dan POLRI pindah ke IKN.

Komponen yang dibiayai tersebut meliputi uang harian selama proses pemindahan, biaya pengepakan dan biaya angkutan barang, biaya transportasi dan biaya tunggu atau biaya penginapan transit di Balikpapan.

***

Nah, itulah tadi informasi singkat tentang persiapan infrastruktur di IKN Nusantara bagi para PNS yang pindah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Property People!

Yuk, kunjungi situs Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik daerah Bogor, Jawa Barat di Golden Hills.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Baca juga berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara hanya di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA