OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Perbedaan Condotel dan Apartemen Beserta Hotel, Untung Mana?

16 Februari 2023 · 4 min read Author: Nik Nik Fadlah

Perbedaan Condotel dan Apartemen Beserta Hotel

Condotel, apartemen, dan hotel sering disamakan karena bangunannya serupa. Berikut sejumlah perbedaan condotel dan apartemen serta hotel yang penting diketahui!

Condotel, apartemen, dan hotel adalah istilah properti yang mungkin saja sering kamu dengar. 

Banyak orang yang beranggapan jika ketiganya merupakan bangunan serupa.

Ya, tak dapat dipungkiri, jika condotel, apartemen, dan hotel memiliki banyak kemiripan. 

Mulai dari tipe unit, spesifikasi, serta fasilitas lain yang dimilikinya. 

Meskipun sama-sama hunian vertikal dengan banyak kemiripan, tetapi condotel, hotel, dan apartemen memiliki perbedaan mendasar. 

Nah, agar Property People tidak salah lagi mengartikan bangunan jenis ini, simak berbagai perbedaannya seperti dilansir dari berbagai sumber di bawah ini, ya!

Apa Itu Condotel?

pengertian condotel

Sumber: Beckerlawyers.com

Dikutip dari laman Investopedia, Condotel atau condominium hotel adalah properti yang digunakan seperti hotel pada umumnya. 

Namun yang membedakan, hak kepemilikannya dipecah selayaknya condominium. 

Tiap unit kamar di dalam condotel bisa dimiliki oleh orang yang berbeda. 

Kemudian, kamar-kamar tersebut disewakan seperti bangunan hotel. 

Nantinya, pemilik unit akan memperoleh pemasukan sesuai dengan jumlah yang telah disepakati sebelumnya.

Singkatnya, condotel adalah kondominium yang memiliki bangunan seperti apartemen dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati seperti di hotel berbintang lima

Namun, pemilik unit kondominium tidak bisa menginap di dalam unitnya untuk jangka panjang.

Melainkan, hanya mendapatkan kuota menginap beberapa hari per tahun seperti ketika menyewa hotel.

Condotel sendiri merupakan bangunan yang sering ditemui di pusat pariwisata, seperti di Bandung, Bogor, Bali, atau bahkan Lombok. 

Perbedaan Condotel dan Hotel

perbedaan condotel dan hotel

Sumber: Visitorlando.com

Sebelum mengetahui perbedaan condotel dan apartemen, Property People harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan bangunan ini dengan hotel. 

Adapun perbedaan condotel dan hotel di antaranya adalah:

Condotel Hotel
Properti yang digunakan seperti hotel, tetapi hak kepemilikannya seperti kondominium. Merupakan akomodasi yang digunakan sebagai jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan, serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersial.
Setiap unit kamar di kondotel bisa dimiliki oleh orang yang berbeda. Hanya ada satu atau beberapa pemegang saham di hotel.
Dalam proyek condotel bersama dengan modal sendiri, pengembang dapat menyewakan unitnya kepada konsumen yang bisa dijadikan sebagai modal usaha. Pengembang menggunakan modal sendiri atau menggunakan modal dari lembaga perbankan.
Sama seperti hotel, condotel memiliki sistem reservasi dan fasilitas lainnya. Antara lain kolam renang, restoran, hingga layanan kamar 24 jam. Fasilitas utama yang dimiliki hotel adalah sistem reservasi, kolam renang, restoran, dan layanan kamar 24 jam.
Unit kamar condotel umumnya menyerupai bangunan apartemen, yang terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, dapur, toilet, serta ruang mencuci. Ruangan di dalam hotel lebih terbatas. Umumnya, hanya terdapat kamar tidur dan kamar mandi saja.

Perbedaan Condotel dan Apartemen

perbedaan condotel dan unit apartemen

Sumber: Forbes.com

Jika dilihat dari bangunannya, memang tak ada perbedaan yang signifikan antara condotel dan apartemen. 

Namun, kedua bangunan tersebut memiliki perbedaan dari segi fungsi. 

Agar lebih jelas, berikut perbedaan condotel dan apartemen.

Condotel Apartemen
Condotel adalah sebuah unit apartemen yang sudah memiliki fasilitas lengkap alias full furnished. Sehingga, pemilik unit tak perlu bingung memikirkan untuk membeli perabotan lagi. Unit apartemen biasanya hanya menyediakan air conditioner (AC) serta instalasi listrik dan air.
Condotel hanya bisa digunakan 7 kali dalam setahun. Apartemen bisa menjadi tempat tinggal untuk jangka waktu yang lama.
Keuntungan yang diperoleh dengan menyewakan unit condotel harus dibagi dengan operator pengelola dengan perbandingan 70:30 persen. Keuntungan unit apartemen bisa dimiliki sepenuhnya oleh pemilik unit.
Keuntungan harus dibagi dalam periode yang berbeda. Bisa per bulan, per kuartal, atau per tahun. Keuntungan tak terbatas pada waktu.
Tempat tinggal yang dibangun oleh developer untuk dijual kepada investor dan selanjutnya dikelola operator hotel sebagai bangunan hotel. Tempat tinggal yang dibangun oleh developer untuk dijual kepada end user dan pengelolaan sepenuhnya dimiliki oleh pemilik unit.

***

Itulah sejumlah perbedaan condotel dan apartemen beserta hotel. 

Semoga membantu!

Simak ulasan lainnya seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa untuk mengikuti Google News kami agar tak ketinggalan berita terbaru, ya.

Yuk, dapatkan berbagai penawaran menarik dari properti pilihan di Rumah123.com dan wujudkan impian untuk memiliki rumah impian karena kami selalu #AdaBuatKamu.

 


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA