setrika uap Sumber: Pixabay.

Alat rumah tangga ini penting untuk merapikan pakaian, tapi mungkin kamu harus mengetahui perbandingan setrika uap dan setrika biasa.

Meski sama-sama panas dan dapat membuat pakaian rapi, tetapi kedua jenis setrika ini memiliki perbedaan.

Perbandingan Setrika Uap dan Setrika Listrik

Mungkin kamu penasaran mana yang paling terbaik antara dua jenis setrika ini.

Berikut ini perbandingan setrika uap dan setrika biasa yang perlu diketahui, seperti dilansir dari beberapa sumber.

1. Cara Kerja

Perbedaan besar pertama dari dua jenis setrika tersebut adalah adanya tangki air. Setrika uap memiliki tangki air sehingga dapat menghasilkan uap, berbeda dengan setrika kering.

Setrika uap akan meneteskan, menyemprot, atau memercikkan air ke pakaian. Jika kamu tidak ingin fitur ini, maka setrika kering adalah pilihan terbaik.

Adanya tangki air memungkinkan setrika uap mengeluarkan uap yang tepat, sehingga proses penyetrikaan jadi mudah dan efektif . Setrika uap bagus untuk menghilangkan kerutan membandel pada pakaian.

Perbandingan setrika uap, memiliki keluaran dan lubang uap.

Beberapa di antaranya memiliki keluaran uap yang terdiri dari ratusan lubang kecil yang menghasilkan uap dalam jumlah besar.

Setrika uap memungkinkan kamu mendapat pakaian bebas kusut yang tidak perlu sering gosok berulang-ulang. Sementara itu, setrika kering tidak memiliki lubang uap sehingga tapak setrika akan menjadi rata dan halus.

Menggunakan setrika kering lebih rumit dan memerlukan banyak waktu serta tenaga dibandingkan setrika uap.

setrika listrik biasa Sumber: Unsplash.

2. Teknologi

Perbandingan setrika uap yang baik memiliki opsi otomatis untuk menyemprotkan kabut atau percikan air yang berfungsi membasahi pakaian, sehingga lebih mudah dalam menghilangkan kerutan di pakaian.

Karena beragam teknologi ini, maka setrika uap membutuhkan lebih banyak energi listrik ketimbang setrika biasa.

Jika menggunakan setrika kering, kamu harus menggunakan pelicin tambahan untuk membasahi pakaian dan menyetrika dengan menekan lebih keras agar kerutan hilang.

Kamu dapat menyetrika segala macam bahan pakaian dengan setrika kering.

3. Perawatan

Setrika biasa punya tapak yang datar, sehingga akan lebih mudah untuk membersihkannya.

Sementara, perbandingan setrika uap dilengkapi oleh banyak lubang uap.

Ini memang membutuhkan lebih banyak kerumitan dalam hal pembersihan, karena kamu harus memerhatikan setiap lubang jika ada yang tersumbat.

Selain lebih sulit dibersihkan, setrika uap juga punya risiko bisa bocor di bagian lubangnya.

setrika uap Sumber: Unsplash.

4. Fleksibilitas dan Fungsi

Salah satu fitur terbaik dari setrika uap adalah dapat berfungsi juga sebagai setrika biasa. Kamu tidak perlu menggunakan fungsi uap ini.

Jika kamu mengosongkan tangki air, kamu akan mendapatkan setrika kering. Penting juga untuk sesekali mengosongkan tangki air pada setrika uap.

Beberapa bahan pakaian, seperti satin dan sutra, perlu menggunakan setrika kering. Sayangnya, setrika kering tidak akan pernah bisa berfungsi ganda sebagai setrika uap.

5. Harga

Karena hanya memiliki fitur dasar dan teknologi sederhana, setrika biasa memiliki harga terjangkau.

Berbeda dengan perbandingan setrika uap yang lebih mahal, tapi punya beragam kelebihan.

Secara perbandingan, setrika uap melakukan tugas lebih baik dan cepat dalam menghilangkan kerutan atau kusut pada pakaian.

Menggunakan setrika uap tentunya akan lebih menghemat waktu dan tenaga.

Oleh karena itu tidak ada salahnya menyisihkan uang lebih untuk memilih setrika uap.

Meski begitu, setrika biasa pun cukup diandalkan.

Itulah beberapa perbandingan setrika uap dan setrika biasa yang bisa kamu jadikan pertimbangan, dalam melicinkan pakaian.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Cluster Alam Signature at Suvarna Sutera.

Bagikan:
746 kali