OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

REI Ungkap Peluang Pembangunan Rumah Subsidi di IKN

02 Maret 2023 · 3 min read Author: Insan Fazrul

rumah subsidi di ikn

Kira-kira, adakah rencana pembangunan rumah subsidi di IKN? Perihal tersebut, berikut tanggapan dari Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia.

Memasuki tahun 2023, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus digenjot.

Sebagai ibu kota negara baru, akan banyak fasilitas yang dibangun, termasuk hunian pribadi.

Berbicara hunian pribadi, Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia atau REI mengungkap peluang pembangunan rumah subsidi di IKN, Kalimantan Timur.

Menurut Wakil Ketua REI Bidang Hubungan Luar Negeri, Rusmin Lawin, pengembang swasta akan melanjutkan pembangunan wilayah perencanaan (WP) 2 IKN Barat, setelah pembangunan infrastruktur di wilayah perencanaan (WP) 1, yakni di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP).

“Habis rumah dinas, itu sudah bagian REI nanti, karena di WP 2 itu nanti untuk komersial untuk swasta yang mau membangun perumahan milik, kalau yang sekarang itu bukan hak milik karena itu rumah dinas,” ujar Rusmin, dikutip dari laman Bisnis.com.

Masih melansir sumber yang sama, pembangunan WP 2 IKN Barat yang seluas 17.206 hektare akan dijadikan pusat perekonomian dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) IKN.

Sementara pembangunan rumah subsidi di IKN berpotensi bisa jadi solusi backlog housing di Indonesia yang sebesar 12,7 juta.

“Kami masih menunggu kesiapan daripada IKN, kan sekarang lebih fokus kepada housing government, rumah dinas. Kami sudah siap-siap planning-nya sedang dibikin untuk IKN,” ungkap Rusmin.

Rumah Subsidi di Sekitar IKN

rumah subsidi

sumber: eppid.pu.go.id

Di sisi lain, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan rumah subsidi di berbagai wilayah, termasuk di wilayah dekat IKN.

Paling baru, pada akhir Desember 2022 kemarin, PUPR memberikan bantuan prasarana, sarana, dan utulitas (PSU) ke salah satu pengembang di kawasan penyangga ibu kota negara yang sedang dibangun.

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi 90 rumah subsidi dengan nilai Rp437,27 juta.

“Adanya bantuan PSU dari Kementerian PUPR maka Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) kini bisa tinggal di rumah bersubsidi dengan fasilitas yang baik,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, di Jakarta, Selasa 20 Desember 2022, dilansir laman perumahan.pu.go.id.

Bantuan dari PUPR terhadap rumah subsidi di sekitar IKN berupa penyediaan komponen untuk meningkatkan perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Bentuk Bantuan Pembangunan PSU meliputi jalan, drainase, sistem penyediaan air minum dan prasarana dan sarana persampahan,” ungkap Iwan.

***

Itulah informasi mengenai pembangunan rumah subsidi di IKN.

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca ulasan menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Ikuti Google News dari Rumah123.com agar kamu tak ketinggalan banyak informasi paling baru.

Almeria Premiere Cimanggis bisa jadi pilihan tepat bila kamu sedang mencari hunian nyaman di Depok.

Klik Rumah123.com untuk informasi lebih lanjut karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA