OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

35 Contoh Pantun Jenaka 4 Baris yang Lucu dan Menghibur

29 Februari 2024 · 5 min read Author: Maskah Alghofar · Editor: Bobby Agung Prasetyo

contoh pantun jenaka 4 baris lucu

Simak contoh pantun jenaka 4 baris yang siap menghibur dan mencairkan suasana hati. Dari sindiran lucu hingga humor percintaan ada di sini.

Banyak dari kamu yang mungkin senang berbagi pantun untuk mengungkapkan perasaan.

Nah, salah satu pantun yang banyak disukai orang adalah pantun jenaka.

Jenis pantun ini cukup menghibur dan dapat membantu banyak orang tersenyum.

Menariknya, tidak cuma sekadar untuk lucu-lucan saja.

Beberapa pantun jenaka juga digunakan untuk melakukan kata sindiran akan kondisi masyarakat dengan pilihan kata yang lucu.

Untuk mengetahui contoh pantunnya, simak beberapa contoh pantun jenaka 4 baris berikut ini.

Pengertian Pantun Jenaka

Pantun termasuk karya sastra lama yang cukup populer di masyarakat Indonesia.

Selain indah dalam kesesuaian bunyi rima, pantun juga mengandung pesan dan gagasan di akhir barisnya.

Tak jarang pantun juga menjadi salah satu media komunikasi lisan maupun tulisan.

Bahkan, komedian sering menggunakan pantun sebagai pemantik gelak tawa untuk para penontonya.

Pantun jenis inilah yang disebut sebagai pantun jenaka alias bertujuan untuk menghibur pendengarnya.

Menurut buku Puisi Lama oleh Sutan Takdir Alisjahbana (2009), pantun merupakan karya sastra yang terdiri dari empat baris yang bersajak bersilih dua dua dan a b a b.

Namun, dalam Buku Pintar Majas, Pantun, dan Puisi disebutkan terkadang pantun juga bisa lebih banyak dan terdiri atas enam, delapan, bahkan 12 baris.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan, pantun adalah bentuk puisi Indonesia (melayu), yang setiap baitnya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris keduanya berisi tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga serta keempat merupakan isi.

Contoh Pantun Jenaka 4 Baris

contoh pantun jenaka 4 baris

Bagi kamu yang tertarik dengan jenis pantun ini, berikut contoh pantun jenaka 4 baris yang membuat terhibur.

1. Nemu gelang di pekarangan,
Tapi gelang sudah karatan.
Siapa nyampah sembarangan,
Pasti pacarnya orang utan.

2. Burung glatik,
Lagi hinggap di batu.
Kamu memang cantik,
Tapi kok badannya bau.

3. Ada So’imah,
Megang kayu.
Terus masalah.
Buat you?

4. Makan pagi sepiring berdua,
Rasanya enak tiada tara.
Awas cowok pandai menggoda,
Diam-diam watak buaya.

5. Jika sudah namanya cinta,
Hati suka berbunga-bunga.
Kalau sudah terbawa suasana,
Senyum sendiri kayak orang gila.

Contoh Pantun Lucu 4 Baris

Contoh Pantun Lucu 4 Baris

Contoh Pantun Lucu 4 Baris

1. Tumbuh ilalang di semak-semak
Semak-semak lalu dibersihkan
The power of emak-emak
Sein ke kiri belok kanan, eh malah nabrak

2. Ada buah di tangan,
Pagi sudah hilang kosong.
Ada si bujang yang sedang berlarian,
Karena dengar anjing menggonggong.

3. Kue pukis,
Buah mangga.
Semuanya manis,
Silakan dicoba.

4. Banyak sekali indahnya karang,
Panorama bulan terang benderang.
Habis uang terbitlah utang,
Tak sanggup bayar pukulan melayang.

5. Buah pisang buat tomat
Disimpan di dalam lumbung padi
Pantas baunya menyengat
Ternyata kamu belum mandi

Pantun Lucu Ngakak 4 Baris

1. Kalau ketam datang ke rawa
Lintah turun ke dalam kali
Kalau monyet sedang tertawa
Mukanya jelas lucu sekali

2. Rambut memiliki kutu,
Ingin aku gosok pakai batu.
Ada gajah di mata aku,
Gajahnya itu ialah kamu.

3. Tetangga baru namanya Rahmat
Punya istri namanya Cua
Kakek cerita terlalu semangat
Gigi palsunya copot semua

4. Duduk manis di bibir pantai
Lihat gadis, aduhai tiada dua
Masa muda kebanyakan santai
Sudah renta sulit tertawa

5. Sungguh baik asam belimbing
Tumbuh dekat limau lungga
Sungguh elok berbini sumbing
Biar marah tertawa juga

Pantun Jenaka 4 Bait 4 Baris

Pantun Jenaka 4 Baris

Pantun Jenaka 4 Baris

1. Ngetik hp pakai jempol
Habis itu makan kesemek
Ada anak masih ngompol
Ngompol di kasur baunya apek

2. Pagi-pagi minum teh hangat
Teh sehat dicampur jamu
Walau ketek bau menyengat
Aku setia di sampingmu

3. Berangkat kerja setelah subuh
Tidak lupa menggosok gigi
Bersatu kita teguh
Bercerai kita ya nikah lagi

4. Beli rendang di Kota Padang
Beli soto di Brastagi
Kalau ada umur panjang
Boleh kita menikah lagi

5. Tukang bangunan memegang paku
Pakunya terbang terkena angin
Hati siapa tak galau
Melihat gajah makan es lilin

Contoh Pantun Jenaka 4 Baris

1. Jalan-jalan di pagi hari
Liat banteng lagi kerokan
Emang nasib awak ini
Udah ganteng jadi rebutan

2. Baju sobek jangan dibuang
Ambil kain bisa ditambal
Ngapain capek untuk berperang
Lebih baik rajin beramal

3. Orang Sasak pergi ke Bali
Membawa pelita semuanya
Berbisik pekak dengan tuli
Tertawa si buta melihatnya

4. Anak Jawa pulang ke Jawa
Sampai di Jawa pergi lagi
Tuan ketawa saya ketawa
Sama-sama tidak ada gigi

5. Sungguh berat sekali besi,
Diangkat oleh Ayahanda.
Tinggal siapkan piring sebiji,
Mari kita makan bersama.

Pantun Jenaka Lucu Banget

Pantun Jenaka Lucu Banget

Pantun Jenaka Lucu Banget

1. Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Ayo berangkat ke penghulu
Daripada hanya temenan

2. Ada lomba makan kerupuk
Minum susu bikin badan sehat
Siapa bilang pacarku gemuk?
Itu supaya lebih gampang dilihat

3. Burung terbang memakai topi.
Terbang ke awan seperti mimpi.
Bagaimana hati tak geli.
Melihat Budi menangis disuruh bernyanyi.

4. Burung glatik
Nginjak Tembelek
Kamu dulunya cantik
Tapi kok sekarang jelek

5. Sarapan pagi sepiring berdua
Rasanya enak tiada dua
Awas hati-hati dengan lelaki penggoda
Diam-diam ternyata buaya

Contoh Pantun Jenaka Lucu

Contoh Pantun Jenaka Lucu

Contoh Pantun Jenaka Lucu

1. Makan bakso di warung Pak Kumis,
Kuahnya panas, bikin menangis.
Hati ini sedih terasa teriris ,
Ditinggal pacar yang amat geulis.

2. Kehujanan di Jalan Merdeka,
Bawa payung tapi lupa dibuka.
Cintaku padamu takkan pernah sirna,
Walaupun kau sering buat aku merana.

3. Mandi hujan di bawah pohon jati,
Sambil makan kue klepon yang manis sekali.
Aku padamu sudah cinta mati
Tapi kamu cuma makan hati

4. Menonton film di bioskop XXI,
Duduk di kursi paling depan.
Aku pikir kamu rupawan
Ternyata seperti badut dufan.

5. Jalan-jalan ke pasar malam,
Takut naik komedi puter.
Kupikir cintamu sangat dalam
Ternyata cuma bikin keder.

***

Semoga ulasan terkait contoh pantun jenaka 4 baris ini bermanfaat untuk kamu, ya.

Temukan ulasan mengenai kumpulan pantun lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita terbaru, ikuti terus Google News kami, ya.

Segera wujudkan keinginan memiliki rumah impian bersama Rumah123 dan jangan lewatkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan informasi pengajuan KPR karena #SemuaADAdiSini!

Mau ngobrolin properti terkini? Yuk, kunjungi Teras123!

**Referensi:

  • Alisjahbana, Sutan Takdir. 2009. Puisi Lama. Jakarta: Pustaka Rakjat.
  • Masruchin, Ulin Nuha. 2017. Pintar Majas, Pantun, dan Puisi. Yogjakarta: Penerbit Nauli Media.

Tag: , , ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya