OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Siapa Saja 5 Naga Properti Indonesia yang Bantu Bangun IKN? Ini Namanya!

06 September 2023 · 3 min read Author: Gadis Saktika

naga properti indonesia

sumber: katadata.co.id

Pemerintah terus berusaha menarik investor untuk berpartisipasi dalam proyek pembangunan dan perkembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Beberapa naga properti yang menjadi investor, terutama dari dalam negeri, sudah menunjukkan minat mereka untuk ikut serta dalam pengembangan IKN.

Tentu saja, ini adalah langkah yang sangat positif, mengingat keterbatasan anggaran pemerintah yang membuatnya sulit untuk membangun semua infrastruktur dan fasilitas pendukung bagi warga yang akan tinggal di IKN.

Kemudian, siapa saja naga properti Indonesia yang berpartisipasi dalam membangun IKN?

Melansir dari kompas.com, berikut ulasan mengenai naga properti Indonesia yang bantu bangun IKN.

5 Naga Properti Indonesia yang Bantu Bangun IKN

1. Agung Sedayu Group dan Salim Group

agung sedayu group

sumber: agungsedayu.com

Sugianto Kusuma, yang juga dikenal sebagai Aguan, pendiri Agung Sedayu Group, bersama dengan Anthony Salim, pemilik Salim Group, adalah dua tokoh besar dalam dunia bisnis di Indonesia yang akan menginvestasikan dana mereka di IKN.

Kedua pengusaha ini akan merancang berbagai properti dan fasilitas yang mendukung kebutuhan hidup di IKN.

Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkapkan bahwa keduanya akan membangun hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan di IKN.

Meskipun begitu, rincian nilai total investasi yang akan disalurkan oleh Aguan dan Anthony Salim belum diungkapkan secara terperinci.

Dilansir dari situs web Kementerian Investasi/BKPM, Bahlil telah menemani konsorsium Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang dipimpin oleh Aguan dalam kunjungannya ke IKN pada tanggal 11 Agustus 2023.

Kunjungan ini merupakan kelanjutan dari kerja sama antara Menteri Investasi dengan Konsorsium PMDN yang terjadi pada bulan Juli sebelumnya.

Diperkirakan bahwa rencana investasi mereka di IKN berkisar antara Rp30-40 triliun.

Saat kesempatan tersebut, Aguan berharap agar bahan material yang diperlukan untuk proyek dapat ditemukan dengan mudah di sekitar lokasi proyek sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan proyek pembangunan.

2. Ciputra

Melalui PT Citra Group Kotabaru, Ciputra Group berencana untuk mengembangkan kawasan hunian terpadu di IKN yang disebut sebagai Citra City Nusantara.

Kawasan terpadu ini akan mencakup unit perumahan, hotel, lapangan golf, fasilitas Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MICE), serta taman botani.

Diharapkan bahwa perusahaan properti besar ini paling lambat akan memulai pembangunan proyek Citra City Nusantara pada kuartal keempat tahun 2024.

3. Summarecon

Lalu, PT Summarecon Agung Tbk juga turut memanfaatkan peluang investasi di IKN.

Kabarnya, Summarecon akan membangun rumah susun (rusun) ASN di IKN melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)

Perusahaan properti yang dimiliki Sugianto Nagaria itu akan membangun 6 tower dari total 66 tower Rusun ASN di IKN.

4. Pakuwon

pakuwon

sumber: liputan6.com

Pakuwon Group, yang merupakan naga di industri properti Indonesia, akan mengembangkan sebuah kompleks pusat perbelanjaan yang akan terhubung dengan apartemen dan hotel di IKN.

Proyek ini direncanakan akan dibangun di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Pada Jumat (07/07/2023), Pakuwon Jati telah mengesepakati kerja sama dengan PT Bina Karya (Persero), yang bertindak sebagai Badan Usaha Otorita (BUO).

5. Sinarmas

Konglomerat properti Indonesia lainnya yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari kelompok investor di IKN adalah Franky Widjaja, anak dari pendiri Grup Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia usai acara Rapat Kerja Nasional Hipmi di ICE BSD, Tangerang, Kamis (31/8/2023).

***

Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, Property People.

Temukan informasi menarik lainnya seputar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Biar jadi yang paling update, langsung saja follow Google News kami.

Tak lupa, kunjungi Rumah123.com jika sedang mencari rumah baru dan bekas berkualitas.

Tersedia beragam hunian pilihan yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya