Mitos Ratu Pantai Selatan

Hmm, mitos Ratu Pantai Selatan mana yang belum kamu ketahui? Bisa jadi ada hal yang terlewatkan dari Nyi Roro Kidul ini. Simak ulasannya.

Banyak mitos Ratu Pantai Selatan beredar di tengah masyarakat. Bahkan, tidak sedikit yang mempercayainya.

Ada yang seram, namun tidak jarang pula terdapat banyak kontroversi melekat pada kisahnya.

Cerita legenda Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan telah ada sejak dahulu kala, coba deh tanya kakek nenek kamu.

Dikisahkan secara turun-temurun, hingga akhirnya menjadi sebuah mitos yang berkembang di masyarakat.

Banyak masyarakat menghubungkan Laut Selatan Pulau Jawa dengan kisah mistis nan menyeramkan.

Padahal, Laut Selatan juga dikenal  dengan pesona keindahannya lo, sehingga mengundang banyak turis untuk datang untuk berselancar.

Kisah seram tentang penunggu Laut Selatan itu tak henti menjadi kontroversi. Berikut ini beberapa mitos Ratu Pantai Selatan yang bikin bulu kuduk berdiri.

Mitos Ratu Pantai Selatan

5 Mitos Ratu Pantai Selatan yang Beredar di Masyarakat

Ini dia deretan mitos yang mengukuhkan cerita legenda Nyi Roro Kidul penguasa Laut Selatan.

Mungkin kamu sudah mengetahui beberapa mitos di antaranya atau malah belum sama sekali ya, makanya disimak.

1. Keturunan Raja

Banyak mitos terkait jati diri Ratu Pantai Selatan. Ada yang mengatakan jika Nyi Roro Kidul merupakan keturunan Raja Airlangga dari Kahuripan.

Ada pula yang menyebutnya masih keturunan Raja Kediri Jayabaya. Namun yang paling dipercaya Nyi Roro Kidul merupakan puteri berparas cantik dari Kerajaan Pakuan Pajajaran.

Terkait wajah asli Nyi Roro Kidul pun banyak diungkapkan oleh sejumlah paranormal di Indonesia. Hal ini kemudian juga menjadi mitos tersendiri.

2. Menguasai Seluruh Pesisir Selatan Jawa

Mitos Ratu Pantai Selatan selanjutnya yakni terkait kekuasaan Nyi Roro Kidul yang membentang dari Jawa bagian timur hingga bagian barat.

Pantai Parangkusumo, Yogyakarta diyakini sebagai pusat kerajaan gaibnya. Sedangkan kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat konon merupakan tempat persinggahan Nyi Roro Kidul.

Masyarakat meyakini, tidak jarang sosok gaib sang ratu sering terlihat menampakkan diri dengan mengendarai kereta kencananya.

3. Ilmu Nyi Roro Kidul

Mitos Ratu Pantai Selatan selanjutnya adalah terkait ilmu pelet perempuan cantik jelita dengan pakaian serba hijau tersebut.

Dikutip dari laman Kumparan.com, ilmu pelet aji Pantai Selatan diyakini ampuh untuk memikat hati lawan jenis.

Seseorang yang terkena ilmu guna-guna tersebut akan hilang kesadaranya dan hanya ingat dengan orang yang memeletnya, sehingga membuatnya seperti orang benar-benar jatuh cinta.

4. Pantangan Pakaian Warna Hijau

Mitos ini yang umum diketahui banyak orang. Ada pantangan saat berada di kawasan Pantai Selatan, yakni larangan mengenakan pakaian warna hijau.

Banyak orang meyakini bila melanggar pantangan memakai pakaian berwarna hijau, pasti akan terseret ganasnya ombak pantai.

Sebabnya, warna hijau diyakini sebagai warna busana kebesaran Ratu Pantai Selatan, sehingga dia saja yang berhak memakainya di tempat itu.

5. Model Lukisan Nyi Roro Kidul Akan Sakit atau Meninggal

Wajah Ratu Pantai Selatan digambarkan oleh pelukis legendaris Basoeki Abdullah sebagai wanita yang cantik.

Namun tahukah kamu, ada cerita menyeramkan lo terkait mitos lukisan Nyi Roro Kidul tersebut.

Melansir dari laman Liputan6.com yang mengutip buku biografi Basoeki Abdullah, dikisahkan bahwa sejumlah lukisan Ratu Pantai Selatan dibuat dengan model berbeda.

Anehnya setelah lukisan sang maestro lukis itu selesai,  tidak lama modelnya sakit atau meninggal.

Demikianlah beberapa mitos terkait Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul, yang menarik untuk diketahui.

Rumah123.com juga pernah membahas rumah pasangan Clift Sangra dan Suzanna, pasangan ini memiliki kehidupan yang sarat dengan nuansa mistis.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Gateway Park of LRT City.

Bagikan:
690 kali